Nggak Bisa Nulis Blog Gegara VPN

by - May 16, 2020


Seminggu lalu, waktu iseng buka Tiktok saya nemu sebuah akun yang menjelaskan tentang cara menyambungkan Netflix. Yap. Saya adalah salah satu dari sekian banyak masyarakat yang ingin streaming Netflix tapi nggak bisa karena pake wifi Indihome dan data Telkomsel. Paket komplit memang.

Di akun tersebut dijelaskan kalo kita warga Indihome tetep bisa buka Netflix dengan salah satu cara, pake VPN. Kalo dilihat-lihat sih caranya gampang banget. Nggak sampe lah 10 menit udah berhasil.  Pengen tahu caranya? Ini dia, buka Chrome -> klik titik tiga di pojokan -> more tools -> Extension.


Nah nanti bakalan kebuka kayak halaman berikut ini. Terus kalian bisa klik open chrome web store.


Ketikkan urban free vpn di kotak search. Dan pilih yang sesuai gambar di bawah ini lalu add to chrome yang nanti otomatis bakalan ke install di chrome kalian.


Nah, di video tiktok yang aku lihat sih doi bisa buka netflix, tapiiii aku nggak bisa. Udah nyobain beberapa kali dan tetep gagal. Sempet kebuka home page nya Netflix terus nggak bisa lagi. udah gitu doang. Yang artinya it doesn’t work for me. Entah masalah di jaringan atau di laptop.

Beberapa hari kemudian, saya mau nulis di blog ini. Eh, nggak tau kenapa nggak bisa ngeklik body textnya. Postingan baru ataupun ngedit postingan yang sebelumnya juga sama nggak bisa. Awalnya saya kira ntar di close trus buka lagi juga bakalan bisa. Eh, saya salah dong. Tetep nggak bisa. Mulai paniklah saya. segala macam cara saya coba mulai dari refresh, log out, sampe restart. Hasilnya? Nihil tetep nggak bisa.

Saya tanya-tanya ke temen-temen saya yang punya blog, mereka aman-aman aja. Saya jadi makin panik dong kok Cuma punya saya doang yang nggak bisa nulis. Saya kira jaringannya, tapi saya coba buka youtube dan kawan-kawannya aman-aman aja. Akhirnya saya tanya di group diskusi facebook, ada yang bilang browsernya. Saya pun nyobain buka blog pake internet explorer, eh bisaaaa!!!

Singkat cerita saya dijelasin temen saya, ini gegara extensions vpn yang kemaren saya install gegara mau Netflixan. Emang setelah nyobain buka Netflix gagal, saya biarin extensions itu tetep ada. Hehe. Karena saya emang nggak paham-paham banget masalah ginian. Solusinya, extensions vpn tadi di uninstall dan browsernya di update. Foala! Balik seperti semula. Dan sebenernya saya nggak sadar kalo waktu buka beberapa website ada fitur-fitur yang mestinya muncul jadi nggak muncul gegara vpn itu. Padahaaall, saya nggak nyalain vpnnya. Tapi, anehnya vpn itu tetep bisa ngontrol jaringan saya.

Nah, jadi buat kalian yang sering iseng-iseng nyobain ngutak atik hal yang berhubungan sama jaringan dan sejenisnya, saya saranin tanya-tanya dulu sama temen atau seenggaknya baca-baca dulu. Jangan kayak saya hehe. Mau Netflixan aja gini amat yak huhu. Nggak jodoh emang sama Netflix.  

You May Also Like

3 comments

  1. 😁😁 Ooohhh..owwww oww..
    Okke ✅

    ReplyDelete
  2. Kadang merugikan kadang enggak merugikan memang vpn itu.
    kunbal nya kak www dot waringinsariku dot my dot id

    ReplyDelete