Kesehatan, Korban Tuntutan Hidup

November 05, 2021


Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang jari kelingking saya yang sakit. Yang awalnya saya pikir hanya kecapekan bekerja, dan saya kira bakalan sembuh sendiri, ternyata berlanjut sampai saat ini. Sampai bikin saya nggak nyaman buat bekerja apalagi dalam waktu cukup lama 😢 


Setelah saya bawa ke beberapa tempat pijat dan nggak ngefek sama sekali, jadilah kemarin pagi saya coba pergi ke terapi chiropractic yang ada di Surabaya. Meski sedikit ragu tapi nggak apa-apa lah tetap saya coba 👀 



Saya baru sadar kalau pergelangan tangan kanan saya ternyata kapalan. Saya kira memang bentuk tangan saya begitu hehe. Penyebab jari kelingking saya sakit pun karena posisi tangan yang melengkung saat memegang mouse 😖


Baca juga: Orion


Menurut penjelasan terapisnya, otot jari saya terjepit. Dan kalau pun dibenerin, tetap bakalan bisa kambuh lagi kalau habit saya bekerja nggak berubah (bekerja terlalu lama dan nggak menggunakan mouse pad bantal) 😶


Punggung saya pun dicek juga. Selain otot yang kaku, ternyata bentuk tulang punggung saya sedikit bengkok (skoliosis) karena posisi duduk atau beban pada pundak yang nggak seimbang. Tinggi bahu pun nggak sama. Mungkin saya sering memanggul tas yang berat dengan satu bahu (belum lagi ditambah dengan beban hidup, hihi) Hiks. asli sedih banget sewaktu tahu banyak yang nggak beres dengan tubuh saya 😧 


Saya langsung diceramahi habis-habisan oleh terapisnya. Kebetulan saya cukup sering ke tempat ini setiap ada masalah dengan tulang saya. Dulu sewaktu SMA (di Balikpapan), tulang punggung saya sempat bermasalah karena saat renang, selain nggak pemanasan juga saya sok sokan atraksi hehe. Saya masih ingat betapa sakitnya punggung saya saat itu dipakai duduk 😭


Baca juga: Suroboyo Bus, Bus Ramah Lingkungan di Surabaya


Setelah rontgen, ternyata ada 1 ruas tulang yang keluar barisan. Dokter memberikan solusi untuk dioperasi. Jujur saya takut buangeetttt. Lalu ibu saya pun membawa saya ke Surabaya dan berobat di chiropractic ini. Saya lupa antara 1 atau 2 kali datang, setelahnya punggung saya sudah kembali normal 😊 


Kemarin, setelah tahu banyak masalah di tubuh saya, saya jadi merasa kembali diingatkan kalau usia saya masih cukup muda dan harus menjaga pola hidup hehe. Sejujurnya, aktivitas work from home ini bikin saya kurang gerak dan mager yang berlebihan huhu 😕 


Apalagi sekarang saya udah jarang olahraga. Bangun pagi beberes rumah, kerja sampai sore bahkan kadang malam, leyeh-leyeh sebentar, nonton film atau nulis, terus tidur. Nggak kebayang kalau kebiasaan ini terus berlanjut hingga usia 30, 35, 40, bahkan 50 😲 


Padahal dulu saya masih rutin yoga. Dan memang manfaatnya luar biasa banget. Bikin badan saya lebih segar dan pikiran fresh. Mood juga jadi bagus. Tapi, nggak tahu deh belakangan jadi mager parah 😤


Baca juga: 4W + 1H antara Aku dan Blog


Kan saya masih pengen bisa traveling dengan riang gembira. Masih pengen bisa lompat-lompat, hiking, guling-guling, dll 💕 Aahhh, beruntunglah saya tahu lebih cepat dan segera bisa merubah pola hidup yang nggak sehat itu 🌻 


Ah ya, ada beberapa kebiasaan buruk yang mengorbankan kesehatan, terutama perihal tulang. Ini semua based on pengalaman saya dan penjelasan terapis. Bisa jadi case saya dan teman-teman berbeda hehe 😃


Duduk dengan menyilangkan kaki



Mungkin hal ini paling sering dilakukan perempuan saat duduk. Awalnya pun saya nggak ngeh. Saya kira ini adalah posisi duduk yang biasa dan nggak akan menyebabkan masalah karena banyak orang duduk dengan posisi ini 😅 


Duduk dengan posisi ini terlalu lama, ternyata selain nggak baik untuk syaraf, juga membuat panjang kaki berbeda. Teman-teman bisa mengeceknya dengan tidur terlentang dan melihat apakah ada kaki yang panjang sebelah? 👀


Baca juga: Hometown Chachacha, Drama Healing yang Hangatkan Hati


Hal ini dikarenakan posisi panggul yang nggak sama, alias tinggi sebelah saat menyilangkan kaki. Ini juga berlaku dengan kebiasaan laki-laki yang sering menyimpan dompet di saki belakang celana. Apalagi kalau dompetnya tebal. Waduh, makin nggak imbang posisi duduknya 😶 


Membawa beban berat di salah satu bahu



Dulu saya sempat bertanya-tanya, kenapa ya setiap kali pas foto bahu saya terlihat tinggi sebelah? Padahal saya sudah berusaha untuk meluruskannya (menurut saya). Ternyata bahu yang tinggi sebelah ini disebabkan oleh kebiasaan memanggul beban di satu bahu. Membawa tas laptop misalnya 💻 


Klik. Belanja Kebutuhan dengan Promo 11.11


Tentunya posisi bahu bisa kembali normal kalau kita berolahraga dan mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Selain membuat bahu jadi tinggi sebelah, beban yang nggak imbang ini ternyata juga bisa menyebabkan tulang punggung menjadi sedikit bengkok. Yap. skoliosis 😬 


Posisi duduk yang salah



Sebagai orang yang bekerja di depan layar, saya mau nggak mau jadi duduk dengan waktu yang cukup lama. Posisi duduk saya pun berubah-ubah karena terkadang lelah. Awal-awal, mungkin masih bisa tegak, tapi lama-kelamaan tanpa saya sadari posisi duduk saya mulai miring ke kanan. Ah, pantas lah. Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa punggung saya sedikit nggak lurus 🙈 


Kalau teman-teman punya masalah yang sama dengan saya, teman-teman nggak usah khawatir berlebihan (seperti saya pada awalnya haha). Cukup mari kita ubah kebiasaan buruk itu dan mulai rajin berolahraga (ngingetin diri sendiri) 😬😊 


Kalau dipikir-pikir memang selalu ada hal yang dikorbankan. Saat kita terlalu fokus megejar sesutu, akan ada hal lain yang menjadi korban. Terapis saya sempat mengingatkan,


"Kamu boleh kerja dari pagi sampai malam. Itu memang tuntutan hidup. Tapi, jangan sampai lupa kesehatan. Masio kamu kerja lembur sampai subuh, kalau kamu bisa tetap rajin olahraga ya nggak bakal masalah"


Sejauh ini olahraga yang cocok dengan saya adalah yoga dan jogging. Setiap pose yoga saya selalu suka otot saya terasa ditarik. Mungkin karena sekaku itu otot saya kelamaan duduk hehe 😅


Kalau teman-teman, olahraga apa nih yang paling disukai? 😉


You Might Also Like

7 comments

  1. Mba Dea thank you tulisannya 🥳

    Saya pun semenjak Corona dan always WFH ini merasa banget ada perbedaan di tubuh saya karena kebanyakan bekerja dalam posisi duduk untuk kurun waktu lama. Tapi untungnya belum sampai separah mba Dea, huhu, itu pasti sakit banget kelingkingnya 🤧

    Yuk kita lebih rajin stretching dan olahraga tipis-tipis, mba 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks iya mbak. tapi untungnya sekarang udah mendingan
      kalo lagi sakit banget rasanya sampai kesal sendiri 😬
      (karena aku nggak tahan sakit hehe)

      semoga mbak Eno dan keluarga sehat-sehat yaaa~

      Delete
  2. Makasiy banyak u/ tulisannya. Sy jga mengalami keluhan yg sama dan sedang berupaya u/ sembuh. Sepertinya sy butuh tempat yoga. Makasiy Kakak.

    ReplyDelete
  3. Baca ini diriku merasa relate banget mba Dea..
    Demi tuntutan akan kehidupan, ksehatan yg jadi korbannya..

    Btw, ngomongin duduk menyila.. aku pun demikian mba.. nggak cocok dan nggak bisa. Kaki sakit banget. Apalagi kalau udh kelamaan. Itu bangun2 langsung kesemutan. Makanya kalau semisal ada acara yg ngelempoh aku lebih milih buat duduk selonjiran.. wkwkw

    Mba Dea aku ikut senang dngernya kalau cara Chiropractic berhasil. Nggak kebayang kalau semisalnya memilih jalur operasi pasti ribet dan harus nahan rasa nggak nyaman pasca operasi. Btw Chiropractic dimana mba?? Di Mas Bimo ya?? Wkwk.. itu lohh yg youtuber itu.. heheh asli aku tiap kali lihat video beliau rasanya puas banget.. pngn gtu digituin.. 😁

    ReplyDelete
  4. Sulit ya mbak kalau udah nempel di kursi empuk dan kerjaan atau tugas juga menumpuk. Akhirnya lupa sama tubuh sendiri. Lupa minum, makan, olahraga apalagi. Hiksss.
    Untungnya, alhamdulillah saat ada perasaan tidak enak karena melupakan hak-hak yang lain, saya segera ambil tindakan. Mengatur jadwal dan siapin air botol 1000mL untuk diisi 2 kali sehari. 😁

    Kalau saya suka workout sama jogging. Sekalian temani anak main sepeda keliling kompleks. 🤭

    ReplyDelete
  5. Waaah, dari yang "cuma" jari kelingking, ternyata kompleks Juga yaa mbak. Ke bagian tubuh yg lain juga berhubungan rupanya. Makasih sharing nyaa. Sangat bermanfaat untuk aku yang tiap hari berjam jam duduk di meja di depan layar komputer heehee...

    ReplyDelete
  6. ada banyak hal sepele yang ternyata membuat keseharan kita terganggu ya mbak
    memang mengecek kesehatan secara rutin itu perlu
    apalagi kalau ada keluhan seputar syaraf

    ReplyDelete