Saori Penyelamat Lidah

by - December 22, 2021

 

Teman-teman ada yang kalau masak nggak pake masako or sejenisnya nggak sih? 💬 


Sejak saya kecil, nenek dari ayah saya selalu mewanti-wanti ibu kalau masak jangan pakai permicinan duniawi. Entah masako, ajinomoto, atau apapun lah kawan-kawannya penyedap rasa. Rasanya? Bisa ditebak. Hambar permisaaahh hahaha 🤣. 


Tapi, namanya juga bocah kalau nggak makan ya diomeli. Jadi mau nggak mau ya makan aja deh. Jadilah kami terbiasa dengan rasa hambar. Kebetulan keluarga saya juga bukan tipe yang suka beli makanan di luar. Jadi, makanan rumah masih aman dan selalu kami makan sampai habis. ðŸ˜


maapkeun nggak berbentuk karena udah laper banget ðŸ˜†


Sampai akhirnya dewasa ini *cailaahh, saya baru explore makanan alias beli-beli makanan di luar. Karena saya pun jadi ikutan ibu kalau masak nggak pakai penyedap rasa, lama-lama saya pun bosan dan ingin mencoba memasak seperti rasa makanan yang saya coba. Salah satunya makanan favorit saya, olahan sawi 🥬


Browsing resep sana sini dan dapatlah satu bahan yang cukup jadi penyelamat lidah. Saori saus tiram. Berkat bahan yang satu ini, apa pun makanan yang saya buat pasti terasa enak hahahaha🤣. Thanks to Saori saus tiram~ 🥰



Ada msg nya? Adalah pasti. Tapi, saya rasa nggak apa-apa deh asal secukupnya. Toh, di luar itu saya nggak sering beli jajanan atau makanan berat yang tentunya mengandung msg *pembelaan 😜 


Saya pribadi peduli banget dengan makanan yang saya konsumsi. Karena sadar, saya nggak cukup banyak bergerak, at least dari segi makanan turut membantu menjaga saya tetap sehat hihi 😊 


Saya ingat, semenjak pandemi karena wfh dan makin jarang gerak, saya mulai berhitung dengan makanan yang saya makan 🍛. Saya mengurangi nasi dan memperbanyak lauk. Ibu saya pun langsung bertanya, “Kamu diet mbak?”


Hal inilah yang sebenarnya masih sering disalah artikan kebanyakan orang. Diet memang diartikan sebagai pola hidup yang lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Tujuannya pun beragam. Ada yang karena ingin sehat secara harfiah karena memiliki penyakit tertentu ada pula yang bertujuan menjaga bentuk tubuh ideal 😅 


Baca juga: Pengalaman Jadi Beauty Reviewer di Blog


Tapiiiii, diet seringkali dipandang untuk menjaga bentuk tubuh ideal. Secara fisik saja. Kalau ditanya, apakah saya diet? Ya saya bakal jawab iya. Karena memang saya ingin sehat 😁 


Pernah juga nih waktu ada family gathering saudara saya menawari saya kue yang muaniiisss banget (saya lupa kue apa), lalu saya bilang tadi sudah makan kue itu. Eh malah dibilang, 


“Kamu diet ta? Halah nggak usah diet-dietan kamu udah kurus. Puas-puasin aja makannya” 😮


Saya tuh justru paling nggak bisa nahan kalau sama makanan manis 🍩🤣. Semenjak saya sadar kesehatan saya pun berusaha membatasi. Apalagi saya ada keturunan diabetes. Alamak! Nggak mau dong saya usia 40 udah sakit-sakitan🥴. Kan saya masih mau hiking ntar waktu ultah ke 40 ke Gunung Rinjani haha. 


Nah, semenjak saya mengurangi porsi nasi saya selama pandemi ini, alhamdulillah hasil tes darah saya selalu normal. Asam urat, gula darah, kolesterol, dll. Hihi jujur ya bangga banget lho 🥰 Saya sebenernya nggak begitu mentingin bentuk tubuh gimana, mau makan banyak atau sedikit, asal sehat sudah cukup.  


Oh ya, karena saya suka banget sawi, liburan ini saya mau trial masak sawi yang uendul tanpa saori hihi ✨😜 Teman-teman ada yang punya resep andalan atau tips and trick masaknya nggak nih? 


You May Also Like

9 comments

  1. Hahaha...aku punya cerita unforgetable nih sama si Saori. Jadi ceritanya waktu masih kuliah dulu, aku nginep sama beberapa temen di rumah salah satu temen kami. Itu pas puasaan, jadi maunya sih pas sahur njajan gitu.

    Eh ternyata pas muter-muter lah kok nggak nemu orang jual makan yang available. Pada rame semua, sementara imsak makin mendekat. Puter-puter, akhirnya nemu bakul nasgor.

    Singkat cerita, kami balik ke rumah temen kami tadi dan mulai menyantap nasgor itu. Salah satu temen kami, nuangin saori banyak2 ke nasgor dia...pikirnya itu kecap. Dan, bisa ditebak, rasanya kaya apa? Ancur pastinya.

    Momen itu menjadi momen yang tak terlupakan buat kami semasa kuliah. Bahkan saya masih nggegek kalau inget-inget kejadian itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah yaampun mas aku nggak kebayang sih itu gimana rasanya 🤣🤣
      mana udah mepet banget sama imsyak pula
      kasihaann 🤣

      Delete
  2. Aku ngga punya cerita tentang Saori karena disini jarang yang jual mbak.

    Berarti biar badan sehat itu kurangi makan nasi dan micin ya, padahal micin enak bikin masakan jadi gurih.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mas bener banget aku akuin micin itu enaaak poolll😆
      tapi ya balik lagi ke setiap orang nyamannya gimana aajaa hehe

      Delete
  3. Suwer pertama kali coba masak pakai saori sungguh sangat-sangat mengecewakan.
    Berawal dari tanya-tanya resep tumis kangkung yang aku makan dari masakan mbak-mbak warung dekat kontrakan. Mbaknya yang baik bilang itu karena dia tambahkan saori saus tiram.
    Alhasil sebagai anak kost yang pengen selalu makan enak dan murah, akupun mencoba masak sendiri dengan menambahkan saori ke masakan yang awalnya itu aku kira saori itu seperti kecap pada umumnya. Dengan perasaan tidak berdosa aku tuang dah tu ampe saori hampir setengah botol gitu kemasakan aku.
    Begitu di icip itu masakan. wauuuuuuuuu. . . . aku trauma masak sendiri dengan saori.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahahah aduh rasanya pasti asin buanget nggak karuan 🤣🤣
      mungkin masnya bisa sekalian nanya ke mbak-mbak warung takaran saorinya berapa
      siapa tahu mbaknya bocorin resep rahasianya hihi

      Delete
  4. Mba sebagai orang yang baru mulai masak rutin sejak pandemi aku merasa saori saos tiram ini emang penyelamat banget 🤣 kayaknya apapun jenis masakannya aku selalu pake saori ini deh mau sayur, olahan ayam, tahu apa aja pasti pake ini makanya selalu stok di kosan wkwkwk tapi emang bikin pas aja sih rasanya meskipun akhirnya pada mirip-mirip deh rasanya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak Tikk bener bangeettt rasanya jadi mirip-mirip 🤣🤣
      gpp lah dikit-dikit. daripada bland malah bikin nggak nafsu makan blas hihi

      Delete
  5. saori ini nih yang juga ada dirumahku, aku dulu awal-awal tau saori juga ga nanya ke memes buat apaan, yang aku tau buat penyedap masakan. Ehh sampe sekarnag masih nyimpen ini di kulkas

    ReplyDelete