[Review Skincare] eBright Skin Glow Booster - Glass Skin Deep Essence

by - June 03, 2022

Banyaknya bermunculan produk skincare, terkadang bikin saya kebingungan sendiri. Bahkan awal-awal saya sempat bingung dengan tahapan pemakaian skincare yang benar. Ada yang bilang langkah yang benar adalah mencuci wajah dengan cleanser, lalu menggunakan toner, essence, serum, moisturizer, dan terakhir ditutup dengan sunscreen.


Tapi kalau dipikir-pikir, kok banyak banget ya? Haha. Saya yang tipe malas rempong belakangan jadi penasaran, apa perbedaan essence dan serum? Mengingat keduanya memiliki tekstur yang hampir sama. 


Daaaan setelah saya browsing sana sih plus mantengi Youtube saya jadi lebih tercerahkan. 


Essence dan serum sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu mengembalikan pH dan melembabkan kulit setelah pemakaian cleanser. Yang membedakannya adalah kandungan bahan aktif dalam essence biasanya tidak sekuat serum


Selain kandungan bahan aktif dalam essence dan serum, hal lain yang membedakan kedua produk ini adalah tekstur yang dimiliki. Essence memiliki tekstur yang lebih cair karena memiliki kandungan bahan aktif yang tidak banyak. 


Kecairan ini juga akan membantu agar essence lebih mudah meresap dan membantu skincare tahapan berikutnya lebih mudah diaplikasikan. Sedangkan serum memiliki tekstur lebih kental karena kandungan yang lebih kuat. Oleh karena itu pemakaian essence biasanya lebih cocok digunakan pemilik kulit sensitif.


Baca juga: Review Scarlett Whitening Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner


Meski dapat digunakan salah satu saja, tapi ada pula beberapa orang yang merasa kulitnya lebih maksimal dengan penggunaan essence dan serum berbarengan. Hal tersebut nggak masalah karena kulit setiap orang berbeda-beda


Jika memakai keduanya berbarengan, menurut Youtuber Jemima Livia usahakan menggunakan essence dan serum dengan fungsi yang berbeda. Misalnya teman menggunakan essence supaya kulit lebih lembab, maka hindari menggunakan serum dengan manfaat serupa. Mungkin teman bisa gunakan serum dengan manfaat menghilangkan bintik hitam.


Nah, kali ini saya mau review essence yang belakangan lagi saya pakai. Check this out~ 


eBright Skin Glow Booster - Glass Skin Deep Essence



Netto: 20 ml

Harga: Rp225.000

BPOM: NA18201900617

Pemakaian: 10 har (pagi dan malam)

Shopee: eBright Skin Official


Essence merupakan salah satu produk perawatan kulit yang biasanya digunakan setelah toner dan sebelum serum. Dalam tahapan ini manfaat essence untuk wajah adalah melembabkan kulit secara optimal. Beberapa brand membuat produk toner yang juga dapat digunakan sebagai essence


Key ingredients



Gluthatione:  membantu mencerahkan kulit dan mengurangi keriput.

Licorice: membantu mengurangi iritasi pada eksim dan melembabkan kulit. 

Niacinamide: sebagai antiinflamasi membantu menyamarkan bekas jerawat.  

Vitamin C: membantu melawan penuaan dan mencerahkan kulit wajah.

Lactic Acid: membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan bintik hitam.

Aloevera: membantu melawan penuaan dini dan mencegah timbulnya jerawat.

Squalane: membantu menghidrasi kulit dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Peptide: membantu meredakan peradangan dan menenangkan kulit


Packaging

Essence yang satu ini cukup unik. Karena dikemas dalam botol kaca yang kokoh dengan apilkator pipet yang mudah digunakan. Soalnya biasanya yang dikemas dengan wadah seperti ini adalah serum hehe. eBright Skin menyediakan 2 varian kemasan untuk produk ini, yaitu 5ml dan 20ml. 


Packaging ini didominasi warna putih dan pink. Cukup berbeda dari yang sebelumnya berwarna gold putih. Bagian depan tertera nama produk yang dilengkapi dengan key ingredients, yaitu Niacinamide, Vit. C, Squalane, dan Peptide. 


Pada bagian belakang tertulis full ingredients dengan informasi tambahan kalau produk ini tidak mengandung sulfat dan free paraben. Produk ini juga sudah terdaftar BPOM, MUI, terdapat expired date, aman untuk ibu hamil dan menyusui, dan dapat digunakan remaja berusia 15 tahun ke atas

Review

Kalau biasanya essence yang saya tahu kebanyakan memiliki tekstur cair, untuk produk ini teksturnya sedikit kental berwarna putih keruh. Meski teksturnya kental, daya serap essence ini cukup baik di kulit. Nggak membutuhkan waktu lama untuk meresap.


Setelah pemakaian kulit terasa lebih segar dan lembab. Sayangnya kelembaban nggak bertahan lama. Saat malam saya coba pakai menggunakan essence ini saja tanpa serum, kulit saya justru terasa sedikit kering. Maka dari itu perlu langsung ditimpa dengan serum dan moisturizer.


Essence ini memiliki wangi yang cukup kuat karena mengandung fragrance. Tapi nggak lama kok. Ada efek glowy setelah pemakaian yang nggak begitu lama. Kulit terasa lebih terhidrasi. Oh ya, selama 10 hari pemakaian saya merasa bekas jerawat saya sedikit memudar. 


Buat produk ini sendiri, meski pun judulnya essence, tapi teman-teman perlu sesuaikan dengan rangkaian skincare yang teman pakai. Usahakan memakai skincare dengan tahapan tekstur yang paling cair terlebih dulu. 


Baca juga: Menikmati Suasana Malam di Jalan Tunjungan, Mallioboronya Surabaya


Soalnya kalau ternyata serum teman ternyata lebih cair daripada essence yang dipakai, sayang banget nantinya serum nggak akan terserap dengan sempurna. Karena kulit sudah tertutupi dengan tekstur essence yang lebih kental. 

Overall, eBright Skin Glow Booster Glass Skin Deep Essence ini nggak menimbulkan efek buruk di kulit saya. Saya suka dengan efeknya yang mampu menghidrasi kulit. Pemakaian jangka panjang produk ini juga bisa menyamarkan garis halus dan kerutan mengingat kandungan bahan aktif anti aging

Nah, buat teman-teman yang punya kulit sensitif bisa banget cobain produk ini. Terutama yang pengen menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Pembelian produk bisa di Shopee dan Tokopedia ya. Jangan lupa juga follow Instagram eBright Skin biar nggak ketinggalan informasi terbarunya. Siap-siap kulit lebih cerah hihi.  

You May Also Like

12 comments

  1. Aku baru kenal brand ebright skin. Terima kasih sudah dikenalin brand baru lagi. Senang deh kalau ada brand yg ngeluarin varian mini dan ukuran yg besar, untuk yg baru coba jadi bisa coba yg ukurannya 5ml dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bener aku juga demen sama brand yang ngeluarin travel size selain jadi travel friendly juga cocok buat kaum coba-coba hihi 😁

      Delete
  2. baru tahu merek ini , makasih reviewnya

    ReplyDelete
  3. Aku ngga pernah pake Essence biasanya ya serum itu. Jadi pengen lebih maksimal kalo pake Essence. Untung ada kemasan mini buat trial hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sebelumnya nggak pernah pake essence, langsung serum hehe

      Delete
  4. Oh aku pakai keduanya sih essense dan serum. Tapi untuk fungsibyang berbeda aku baru tahu. Selama ini pakai yang punya fungsibsama, biar kerjanyabdouble gitu. Sebuah pencerahan banget baca disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ternyata kalo pake yang fungsinya sama nanti kulitnya jadi terlalu kerja berat gtu

      Delete
  5. Wah reviewnya sangat bagus

    ReplyDelete
  6. terimakasihh kakk tipsnya untuk penggunaan serum & essence, baru tau kalau lebih baik pakai yg fungsinya berbeda

    ReplyDelete
  7. Referensi yang ajib. Bisa dishare ke doi nih, kebetulan dia ada masalah dengan kulit, ya itung itung sedekah, harganya juga pas dengan apa yang didapatkan.. Nice info

    ReplyDelete
  8. penasarannnn, apalagi bisa bikin bekas jerawat pudar pelan-pelan gitu ya
    Brand ini sering lewat di timeline aku.
    Aku dulu juga menganggap kalau essence dan serum sama aja, pikirku fungsinya ga bakalan beda jauh. Ternyata aku salah :D

    ReplyDelete