Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

6 Tips Memilih Universitas Terbaik di Australia

Post a Comment
Memilih Universitas Terbaik di Australia

Universitas terbaik di Australia banyak menawarkan program studi yang beragam dan menarik. Untuk memilih universitas, banyak banget hal yang perlu dipersiapkan supaya kamu nggak menyesal. Nggak mau kan sudah jauh-jauh pergi ke luar negeri, eh, malah salah masuk universitas?


Ada berbagai alasan menarik mengapa memilih universitas terbaik di Australia. Selain karena Australia memiliki beragam universitas yang memiliki peringkat tinggi, juga karena studi di Australia kamu diperbolehkan kuliah sambil bekerja. Sehingga kamu akan memiliki pengalaman kerja dan juga dapat berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara. 


Australia memiliki kota yang termasuk dalam kota yang paling layak huni di dunia. Bisa kebayang dong kamu bakalan bisa melakukan studi jauh lebih tenang dan nyaman. Eits, tapi supaya kamu nggak bingung lagi bagaimana memilih universitas terbaik di Australia, coba deh simak poin di bawah ini. 


1. Pastikan Jurusan 


Hal paling utama dalam memilih universitas terbaik di Australia adalah kamu harus memastikan jurusan yang akan kamu pilih. Dengan banyaknya pilihan jurusan studi kamu memiliki kesempatan untuk fokus dalam bidang yang kamu inginkan. 


Ada baiknya kamu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan tujuan hidup yang ingin kamu capai. Ini tentunya akan memudahkan kamu dalam proses studi. Karena kamu akan menjalani studi selama 3 tahun bahkan lebih.


Untuk memudahkan memilih jurusan. Coba deh kamu bayangkan dirimu dalam 10 tahun ke depan. Kehidupan dan pekerjaan seperti apa yang kamu bayangkan pertama kali? Setelah mengetahuinya kamu akan lebih mudah menyesuaikan kualifikasi yang harus kamu penuhi untuk mencapainya. 


Jangan sampai kamu merasa salah jurusan setelah studi dimulai. Aduh, bakalan ribet!


2. Hadiri Pameran Universitas


Rajin menghadiri pameran universitas yang ada di kotamu akan memudahkan kamu untuk membandingkan memilih universitas terbaik di Australia. Kamu pun bisa berkonsultasi secara langsung dengan staff terkait. Biasanya akan ada harga khusus bagi calon mahasiswa yang datang ke pameran universitas. 


Biasanya dalam menghadiri pameran universitas kamu juga akan dijelaskan syarat serta tahapan lengkap untuk masuk ke universitas tersebut. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk menggali informasi lebih dalam yang nggak bisa kamu temukan di internet. 


Kau bisa bertanya seputar adanya beasiswa, akomodasi, metode pengajaran, klub yang tersedia, dan banyak lainnya. Berbekal informasi lengkap dari setiap universitas akan memudahkan kamu dalam menentukan pilihan universitas terbaik. 


3. Periksa Ranking Universitas


Setelah memastikan jurusan kuliah yang akan kamu jalani, kamu bisa mengecek ranking universitas idamanmu. Meski bukan sebagai patokan pasti, tetapi dengan mengetahui peringkat universitas idamanmu akan memberikan gambaran seperti apa persaingan di dalamnya. 


Baca juga: Renovasi Kamar Menyambut Bulan Ramadan, Momen Tepat untuk Ganti Suasana


Ranking universitas juga menentukan kualitas pendidikan yang akan diajarkan. Memastikan rangking juga akan memudahkan kamu memilih universitas terbaik di Australia yang kamu inginkan. Karena tentunya di balik ranking tersebut ada banyak faktor yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam memilih universitas. 


4. Periksa Lokasi Kampus


Poin selanjutnya yang nggak bisa kamu abaikan adalah lokasi kampus yang akan kamu pilih. Sebagai perantau, memastikan lokasi kampus secara detail akan memudahkan studi di Australia. 


Dengan mengetahui lokasi kampus kamu bisa memperkirakan jarak tempat tinggal, transportasi yang kamu gunakan serta biayanya, dan juga mendapat gambaran  lingkungan kampus idamanmu. 


5. Ketahui Biaya Kuliah dan Biaya Hidup


Setelah yakin dengan pilihan universitas yang kamu pilih, kamu bisa memeriksa biaya kuliah selama studi. Apakah biaya tersebut sudah termasuk buku atau ada biaya tambahan lainnya. Ini penting jika kamu nggak menggunakan beasiswa. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar biaya kuliah saat menghadiri pameran universitas atau langsung memastikan di halaman website. 


Baca juga: 6 Platform yang Bikin Cuan Influencer


Selain biaya kuliah, biaya hidup juga perlu kamu buat perkiraan pasti. Apalagi kalau kamu memiliki tempat tinggal yang cukup jauh dengan kampus. Biaya transportasi akan membutuhkan porsi yang lebih besar. Informasi seputar biaya hidup bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Termasuk bertanya pada teman yang pernah atau sedang tinggal di kota tujuanmu.


6. Fasilitas yang Disediakan


Dalam memilih universitas idaman memastikan fasilitas yang disediakan juga nggak kalah penting. Adanya fasilitas yang memadai akan membuatmu nyaman menjalani studi di Australia. Beberapa fasilitas yang bisa menjadi bahan pertimabnganmu adalah adanya perpustakaan, laboratorium yang lengkap, tempat ibadah yang layak,  sarana olahraga, asrama, dan lain sebagainya. 


Universitas terbaik tentunya akan menyediakan fasilitas yang lengkap pula. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan akan membuatmu semakin bersemangat untuk studi dan bahkan bisa jadi lulus lebih cepat. 


Universitas terbaik di Australia memungkinkan kamu untuk melanjutkan studi dengan nyaman di kampus yang terbaik. Memilih universitas bisa kamu lakukan dengan mempertimbangkan 6 tips di atas supaya kamu nggak salah pilih universitas. Dengan begitu kamu akan bisa menjalani studi dengan tenang dan nyaman. Semoga berhasil!


deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

Post a Comment