Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Cara Efektif Hilangkan Stretch Mark

1 comment
Cara Efektif Hilangkan Stretch Mark
Penampilan menjadi hal yang penting bagi sebagian orang. Nggak heran kalau banyak orang pada akhirnya menutupi segala hal yang tampak mengganggu penampilan mereka. 

Salah satu hal yang sering ditutupi adalah stretch mark atau guratan putih pada kulit. Meski normal, banyak orang ingin menghilangkan stretch mark karena dianggap dapat mengurangi rasa percaya diri.

Stretch mark seringkali muncul di bagian perut, lengan atas, paha, betis, dan bagian tubuh lainnya. Ada berbagai macam penyebab stretch mark, seperti genetik, pola makan, hingga kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari justru memicu munculnya stretch mark.

Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan stretch mark yang bisa kamu coba. Tetapi, yang perlu kamu ingat adalah memiliki stretch mark adalah hal yang wajar kok. Bahkan hampir semua orang memiliki stretch mark, baik laki-laki maupun perempuan.

Check this out~

1. Menggunakan Produk Skincare

Cara menghilangkan stretch mark yang paling umum dicoba untuk pertama kali adalah menggunakan skincare. Saat ini sudah banyak sekali produk skincare yang dibuat khusus menghilangkan stretch mark yang berbentuk krim dan mudah digunakan.

Produk skincare ini biasanya memiliki kandungan lidah buaya, hyaluronic acid, vitamin A, dan cantella asiatica yang berfungsi untuk memperbaiki kelenturan (elastisitas) kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu melembabkan dan mengatasi kulit sensitif yang merenggang karena kekurangan kolagen.

2. Coconut Oil

Jika produk skincare tidak berpengaruh menghilangkan stretch mark di tubuhmu, kamu dapat menggunakan bahan alami seperti coconut oil atau minyak kelapa murni. Minyak kelapa dapat mengatasi kulit kering berkat kandungan vitamin E yang dapat memudarkan dan melembabkan kulit dengan baik.

Minyak kelapa memiliki sifat melembabkan dengan cara mencegah kulit kehilangan air pada lapisan epidermis. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan kolagen. Kulit yang terhidrasi dan lembab akan lebih elastis dibandingkan dengan kulit yang mengalami dehidrasi.

3. Chemical Peeling

Selain dengan menggunakan bahan alami dan skincare, menghilangkan stretch mark juga bisa kamu lakukan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan menggunakan metode chemical peeling. Untuk melakukan metode ini, kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Chemical peeling merupakan metode untuk mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan mengisi kulit mati pada area stretch mark agar kulit dapat meregenerasi dengan baik. Metode ini umumnya dilakukan tidak hanya satu kali tergantung pada jenis stretch mark.

4. Terapi Laser

Tindakan ini merupakan salah satu yang terkenal untuk menghilangkan stretch mark. Bukan hanya chemical peeling, terapi laser juga merupakan tindakan medis yang perlu konsultasi dokter terlebih dulu. Cara kerja dari terapi laser ini adalah laser akan menembus lapisan kulit dan memicu kulit untuk regenerasi.

Sehingga jaringan kulit di area stretch mark akan merangsang produksi melanin. Sel pigmen pada kulit akan aktif dan stretch mark dapat menyatu kembali dengan warna kulit normal. Terapi laser diperlukan lebih dari satu sesi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Microdermabrasion dan Microneedling

Cara terakhir dalam menghilangkan stretch mark adalah dengan tindakan microdermabrasion dan microneedling. Ke dua metode ini sangat efektif dalam menghilangkan stretch mark. Microdermabrasioan merupakan tindakan pengelupasan kulit mati menggunakan bahan serupa mineral.

Sedangkan microneedling adalah metode menggunakan jarum kecil yang ditusukkan pada kulit lapisan dermis, di mana stretch mark muncul, dengan tujuan kulit memproduksi kolagen. Produksi kolagen dan elastin akan memicu regenerasi kulit dan dapat memperbaiki penampilan kulit.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan stretch mark yang bisa kamu lakukan mulai dari yang paling sederhana hingga yang membutuhkan tindakan medis. Jangan lupa untuk lakukan konsultasi terlebih dulu kepada ahlinya ya. Tetap ingat bahwa memiliki stretch mark adalah hal yang normal. Selamat mencobaa~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

fanny_dcatqueen said…
Dulu pas hamil utk mencegah stretch mark, aku pakai lotion khusus yg rutin aku oles di perut dan paha mba. Dari awal hamil sampe skr juga masih rutin 😄. Hasilnya, bisa dibilang strecth Mark ku sedikit dan tipiiiiis banget dan baru jelas kalo diliat dr sangat dekat.

Sampe diwanti2 mama jgn pernah digaruk perut saat hamil. Krn ntr bikin Stretch Mark nya makin jelas

Jadi memang bagi ibu hamil bagusnya rutin sih olesin minyak khusus atau coconut oil juga GPP. Yg melembabkan pastinya