Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single

4 comments
Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Hari Valentine, biasanya identik dengan merayakan hari kasih sayang  dengan pasangan. Banyak kegiatan yang dilakukan pasangan untuk menunjukkan kasih sayangnya, seperti dinner romantis, tukar kado, mengirimkan cokelat, dan lainnya. 

Lalu, bagaimana dengan yang single? Eits, tenang, kamu juga merayakan hari Valentine dengan dirimu sendiri lho 😉. Aneh? Kasihan? Ah, nggak kok. 

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri atau me time juga kamu butuhkan lho. Dalam ilmu psikologi bahkan kamu dianjurkan untuk mencintai dirimu sendiri. Kamu yang selama ini terlalu sibuk memikirkan orang lain, sudahkah kamu mengenali dirimu sendiri? 

Mengapa Self-love Penting?

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Self-love atau mencintai diri sendiri merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita memenuhi segala keinginan kita. Namun, merupakan konsep dalam mengenali dan menerima serta memperlakukan diri dengan baik. 

Menerapkan self-love dapat membuat seseorang lebih berpikir positif. Mereka yang memiliki pikiran positif akan lebih cenderung mudah menjalani kehidupannya. 

Konsep ini juga dapat membantu kita lebih  fokus pada tujuan dan prinsip serta nilai hidup. Sehingga, orang lain tidak akan bisa semena-mena dengan kita. Karena kita memiliki batasan yang jelas pada diri. 

Ide Merayakan Valentine's Day dengan Diri Sendiri

Dalam keseharian kita, mungkin tanpa sadar kita terlalu sibuk memikirkan orang lain. Nah, dalam momen spesial ini kamu bisa mendidikasikannya untuk dirimu sendiri. 

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan bahwa kamu mencintai dirimu sendiri. 

1. Menonton Bioskop

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Bagi kamu pecinta film, menonton bisokop seorang diri juga bisa menjadi salah satu cara mencintai diri sendiri, lho. Kalau kamu selama ini selalu menonton bioskop dengan orang lain, cobalah sesekali menonton sendirian. Ada yang sudah menonton film 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini'? Nah, sekarang ada lanjutannya lho.

Horror, action, drama, animasi, banyak rekomendasi film 2023 yang bisa kamu tonton di bioskop. Atau, kamu bisa menggunakan momen ini untuk menantang diri menonton film horror sendirian? Kamu yang selama ini takut, mungkin saja sebenarnya berani, lho. Kamu bisa menonton The Banishing atau The Offering. Berani coba? 

2. Melakukan Perawatan di Klinik Kecantikan

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Ingat nggak kapan terakhir kali kamu merawat diri? Entah sekadar facial atau hair spa? Merawat diri juga merupakan salah satu bentuk self-love lho. 

Dengan merawat diri kamu bisa membuktikan pada dirimu sendiri kalau kamu mampu menjaga dirimu sendiri dengan baik. Kamu layak mendapatkan perhatian dari dirimu sendiri. Merawat diri juga akan membantumu meningkatkan percaya diri. 

3. Pergi ke Coffee Shop

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Coffee shop jadi tempat paling populer untuk bertemu dengan teman dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengobrol. Tapi, kamu pernah pergi ke coffee shop sendirian nggak?

Duduk di coffee shop sendirian juga nggak aneh, lho. Kamu bisa sekadar membaca buku, menulis jurnal, atau just enjoy the moment drinking coffee and eating good food.  

4. Membeli Kado untuk Diri Sendiri

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Teman-teman ada yang selalu rempong kalau mau beli kado untuk orang lain, tapi giliran mau beli untuk diri sendiri rasanya selalu menyepelekan dan berujung nggak jadi

Iya, itu saya beberapa tahun lalu haha. Loyal sama orang lain, tapi pelit sama diri sendiri. Jangan ya, bestie, ya. Membelikan kado untuk diri sendiri atau selfreward sesekali boleh dilakukan. Biar semangat aja gitu menjalani hari dan mencapai tujuan hihi. 

Menurut buku yang saya baca, Why Has Nobody Never Told Me This Before, memberikan selfreward pada setiap keberhasilan kecil meningkatkan hormon dopamine yang bikin kita happy dan lebih semangat.  

Eits, tapi keep it mind, memberikan selfreward boleh tapi tetap on budget ya. Jangan sampai selfreward kamu jadikan dalih untuk lebih boros hihi. 

5. Makan Makanan Kesukaan

Ide Merayakan Valentine's Day Bagi Para Single
Setiap orang pasti memiliki makanan favorit yang selalu sukses membuat hari jadi lebih baik. Dalam momen spesial ini, kamu bisa memanjakan diri dengan makan makanan kesukaanmu. 

Coba deh ingat-ingat, kapan terakhir kali kamu makan makanan favoritmu? Minggu lalu, bulan lalu, atau jangan-jangan bahkan tahun lalu?  

Merayakan hari Valentine nggak harus dengan pasangan, tetapi juga bisa dengan diri sendiri. Ide merayakan hari Valentine di atas bisa kamu coba untuk lebih mengenal dirimu sendiri. 

Melakukan kegiatan sendirian nggak terlihat menyedihkan kok. Kamu yang terbiasa melakukan kegiatan dengan teman, pada awalnya mungkin akan merasa aneh dan canggung. Tetapi, dengan pergi sendirian kamu bisa lebih mendengarkan isi hatimu, lho. 

Kalau kamu, kegiatan apa yang sering kamu lakukan sendirian dan membuatmu lebih merasa berarti dan berharga? Sharing yuk~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

4 comments

Ainun said…
aku malah nggak ngeh kalau sekarang tanggal 14 yang identik dengan val's day kalau ga pas tadi temen kantor sempet nyeletuk soal valentine.
aku bisa dibilang terlalu sering bepergian sendiri, ngafe sendiri juga pernah, jajan sendiri juga iya sering, ngemall apalagi. So far hal itu bisa bikin aku hepi hepi aja
kadang kalau nunggu temen malah ga jadi jalan
deamerina said…
Hahahha kita sama mbak aku juga lebih sering pergi sendirian 🤣👋🏼
fanny_dcatqueen said…
Aku Bbrp kali ngelakuin nonton sendiri, makan di restoran sendiri, pernah juga traveling sendiri walopun besok nya minta pak suami nyusul 😄. Ga harus val day, Krn jujur aja aku ga pernah rayain ini sejak zaman pacaran dari sekolah hahahahaha. Untungnya semua mantan dan pak suami juga ga ngerayain ,makanya kemarin baru sadar val day Krn liat postingan temen2 di IG 😄.

Enak juga ngelakuin Bbrp hal sendiri kok. Dan selama ini aku juga cuek aja ga mikirin risih atau kuatirin komentar orang gara2 jalan sendiri. Justru dengan sendiri lebih enak, ga capek harus mikirin perasaan temen yg ikut 😄
MizzYani said…
Kalo di moment valentine aku nggak pernah nerapin sih Kak. Tapi, setiap hari terutama awal bulan atau moment ulang taon aku selalu kasi reward sama diri sendiri. Pergi ke coffee shop atau cafe sendirian awalnya saja yang aneh setelahnya menyenangkan.