Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

8 Kuliner Legendaris di Jakarta, Sudah Pernah Mencobanya?

2 comments
8 Kuliner Legendaris di Jakarta, Sudah Pernah Mencobanya
Teman-teman ada yang hobi kuliner?

Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang memiliki berbagai macam kuliner yang bisa memanjakan lidah. Dari sekian banyak pilihan, ada beberapa kuliner yang sudah menjadi legenda dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jakarta. 

Untuk mempermudah mobilitasmu saat wisata kuliner, kamu bisa sewa mobil di Jakarta menggunakan aplikasi Traveloka yang terjamin aman, praktis, dan banyak diskon menarik. 

Berikut ini adalah 10 kuliner legendari di Jakarta yang wajib dicoba. Yuk, simak!

1. Soto Betawi Haji Husein

rekomendasi kuliner jakarta soto betawi
Soto Betawi adalah salah satu kuliner khas Jakarta yang banyak disukai masyarakat. Kuliner terbuat dari kuah santan, daging sapi, jeroan, kentang, tomat, dan bumbu-bumbu rempah. 

Salah satu tempat yang terkenal menyajikan soto Betawi adalah Soto Betawi Haji Husein yang berlokasi di Jalan Mangga Besar Raya No. 24A. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan masih ramai pengunjung hingga saat ini. 

Soto Betawi di sini memiliki rasa yang gurih dan kental, dengan potongan daging sapi yang empuk dan jeroan yang tidak amis. Soto Betawi Haji Husein bisa dinikmati dengan nasi hangat atau roti tawar.

2. Nasi Uduk Kebon Kacang

nasi uduk jakarta
Nasi uduk umumnya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, telur dadar, tempe goreng, sambal goreng ati, dan kerupuk. Salah satu tempat yang terkenal menyajikan nasi uduk adalah Nasi Uduk Kebon Kacang yang berlokasi di Jalan Kebon Kacang Raya No. 20

Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan masih menjadi favorit banyak orang hingga saat ini. Nasi uduk di sini memiliki tekstur yang lembut dan pulen, dengan lauk-pauk yang bervariasi dan lezat.

3. Kerak Telor Khas Betawi

makanan khas jakarta
Kerak telor adalah salah satu kuliner khas Betawi yang terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, kelapa parut, bawang merah goreng, dan ebi (udang kering). 

Kerak telor dibuat dengan cara memanggang adonan di atas wajan datar yang dipanaskan dengan arang. Kerak disajikan dengan taburan bawang merah goreng, ebi, dan serundeng (kelapa parut goreng). 

Salah satu tempat yang terkenal menyajikan kerak telor adalah Kerak Telor Khas Betawi yang berlokasi di Jalan Veteran I No. 34A. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan masih menjaga resep asli kerak telor Betawi hingga saat ini. Kerak telor di sini memiliki rasa yang gurih dan renyah, dengan aroma kelapa yang harum.

4. Gado-Gado Bonbin

gado gado jakarta
Siapa yang tak kenal dengan kuliner Nusantara, Gado-gado? Kuliner ini terdiri dari sayuran rebus seperti kacang panjang, kol, tauge, kentang, timun, dan telur rebus, yang disiram dengan bumbu kacang (santan, kacang tanah, gula merah, cabai, bawang putih, dan garam). 

Gado-gado biasanya disajikan dengan lontong (ketupat) atau nasi putih. Gado-Gado Bonbin merupakan gado-gado legendari di Jakarta yang berlokasi di Jalan Cikini IV No. 5

Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan dinamakan demikian karena dekat dengan kebun binatang (bonbin). Gado-gado di sini memiliki bumbu kacang yang kental dan pedas, dengan sayuran yang segar dan renyah.

5. Es Teler 77

resep minuman es teler
Es teler terdiri dari potongan buah-buahan seperti alpukat, kelapa muda, nangka, dan cincau, yang disiram dengan santan, sirup, dan susu kental manis. 

Es teler biasanya disajikan dengan es serut atau es batu. Salah satu tempat yang terkenal menyajikan es teler adalah Es Teler 77 yang berlokasi di Jalan Sabang No. 77

Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1982 dan merupakan salah satu franchise es teler terbesar di Indonesia. Es teler di sini memiliki rasa yang manis dan segar, dengan buah-buahan yang matang dan lembut.

6. Sate Padang Ajo Ramon

tempat wisata kuliner di jakarta
Sate padang merupakan salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi, lidah sapi, atau usus sapi, yang ditusuk dengan lidi dan dibakar di atas arang. 

Sate padang disajikan dengan kuah kuning (santan, kunyit, jahe, bawang putih, cabai, dan garam) atau kuah merah (cuka, cabai, bawang merah, gula merah, dan garam). 

Salah satu tempat yang terkenal menyajikan sate padang adalah Sate Padang Ajo Ramon yang berlokasi di Jalan Kyai Maja No. 39. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan salah satu sate padang terenak di Jakarta. Sate padang di sini memiliki daging yang empuk dan bumbu yang meresap, dengan kuah yang pedas dan asam.

7. Bakmi GM

kuliner malam jakarta
Salah satu tempat yang terkenal menyajikan bakmi adalah Bakmi GM (Gajah Mada) yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 19-26. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1959 dan merupakan salah satu franchise bakmi terbesar di Indonesia. Bakmi di sini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih, dengan lauk-pauk yang bervariasi dan lezat.

8. Martabak Pecenongan 65A

makanan legendaris jakarta
Martabak Pecenongan 65A terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, dan ragi, yang digoreng di atas wajan besar dengan banyak minyak. 

Martabak ada dua jenis: martabak manis (terang bulan) dan martabak asin (telur). Martabak manis biasanya disajikan dengan taburan gula halus, mentega, cokelat, keju parut, kacang tanah, atau meses. 

Martabak asin biasanya disajikan dengan isian daging sapi cincang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabai hijau, dan acar timun. 

Salah satu tempat yang terkenal menyajikan martabak adalah Martabak Pecenongan 65A yang berlokasi di Jalan Pecenongan Raya No. 65A. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan masih menjaga kualitas martabaknya hingga saat ini. Martabak di sini memiliki kulit yang tipis dan renyah, dengan isian atau taburan yang melimpah.

Itu tadi beberapa kuliner di Jakarta yang harus kamu coba saat berkunjung ke Ibu Kota. Kira-kira, makanan mana yang paling menggugah seleramu?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

Ainun said…
soto termasuk makanan favoritku, tapi kalau soto betawi belum pernah cobain.
Dan es teler 77 sumpah ini kangen banget, di Jember gerainya udah ga ada hahaha. Dulu termasuk hits di tahun 90an
Vita said…
Nasi Uduk Kebon Kacang dan Bakmi GM sih emang legend abis. Sempat menetap di Jakarta dan bolak balik karena kerjaan, makanan itu emang gak ada lawan.