Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Ini Cara Mengurangi Sampah Makanan, Bukan Hanya Menghabiskan Saat Makan!

Post a Comment
cara membuat makanan tahan lama
Sejak saya mulai aware dengan global warming (atau lebih tepatnya global boiling?), saya memutuskan untuk mengubah gaya hidup ramah lingkungan sesuai dengan kesanggupan.

Kenapa sesuai kesanggupan?

Karena saya sadar kalau setiap orang memiliki cara hidupnya masing-masing. Dan nggak semuanya bisa langsung mengubahnya 100% ramah lingkungan.

Misalnya saja memutuskan untuk mengandalkan transportasi umum dalam kegiatan sehari-hari. Kita semua tahu kalau di Indonesia fasilitasnya sendiri belum memadai. Seperti halte yang kurang nyaman, rute yang kurang banyak, trotoar yang tidak layak, belum lagi secara keamanan terutama untuk perempuan.

Kurangi Sampah Makanan dari Proses Penyimpanan

cara menyimpan makanan supaya tidak cepat basi
Dalam memulai gaya hidup ramah lingkungan, salah satu hal yang bisa saya lakukan adalah dengan meminimalisir sampah makanan. 

Nyatanya, dalam usaha mengurangi sampah makanan, kita nggak hanya harus menghabiskan makanan. Tetapi, mengurangi sampah justru bisa dimulai dari saat kita akan berbelanja, proses penyimpanan, hingga memasak.

Salah satu hal yang masih agak tricky buat saya adalah cara menyimpan bahan makanan supaya awet dengan kulkas. Memahami cara menyimpan makanan ini sangat penting untuk menghindari pemborosan dan makanan yang cepat basi.

Untungnya, kulkas Polytron hadir dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu menjaga kesegaran makanan lebih lama. Berikut beberapa cara menyimpan bahan makanan supaya tidak basi dengan kulkas Polytron.

1. Atur Suhu yang Tepat

Setiap jenis makanan memiliki suhu ideal untuk disimpan. Manfaatkan fitur pengaturan suhu pada kulkas Polytron untuk memastikan makanan terjaga kesegarannya.

  • Kompartemen Chiller: Suhu ideal 0-4°C, cocok untuk menyimpan daging, ikan, dan produk olahan susu.
  • Kompartemen Vegetable: Suhu ideal 8-10°C, ideal untuk menyimpan buah dan sayur.
  • Freezer: Suhu ideal -18°C ke bawah, cocok untuk menyimpan makanan beku dalam jangka panjang.

2. Pisahkan Makanan Sesuai Jenis

membuat makanan awet
Bau dari makanan tertentu dapat mencemari makanan lain. Untuk menghindarinya, pisahkan makanan sesuai jenisnya di dalam kulkas. Gunakan wadah kedap udara untuk menjaga kualitas dan aroma makanan.

3. Perhatikan Cara Menyimpan Makanan

Cara menyimpan bahan makanan supaya tidak cepat basi yang paling umum adalah mencuci bersih sayur dan buah sebelum disimpan dalam kulkas. Usahakan untuk menyimpan makanan dalam keadaan kering menggunakan wadah makanan yang ditutup rapat.

Selain itu, supaya bahan makanan lebih awet hindari menjejalkan makanan terlalu penuh. Karena hal ini akan justru membuat bahan makanan cepat berlendir. Jika menemukan makanan yang sudah basi atau berlendir, segera buang supaya tidak membuat makanan yang lainnya ikut berlendir dan basi.

4. Rutin Membersihkan Kulkas

cara mengurangi sampah makanan
Kulkas yang kotor dapat menjadi sumber bakteri dan jamur. Cara menyimpanan bahan makanan supaya awet juga perlu memperhatikan kondisi kulkas. 

Rutin membersihkan kulkas setiap 2-3 bulan sekali dapat menjaga kebersihan dan kesegaran makanan. Sehingga dapat membantu mengurangi pemborosan makanan dan menghemat pengeluaranmu.

Manfaatkan Fitur Canggih Polytron

Menerapkan cara menyimpan bahan makanan supaya tidak cepat basi akan sangat membantu dengan adanya kulkas Polytron.

Kulkas Polytron dilengkapi berbagai fitur canggih yang dapat membantu menjaga kesegaran makanan, seperti menjaga kesegaran buah dan sayur lebih, melindungi makanan dari bakteri dan jamur, hingga menjaga suhu stabil dan merata di seluruh bagian kulkas.

Fitur kulkas Polytron yang dapat menyimpan makanan supaya tidak cepat basi.

1. Kapasitas Besar

rekomendasi kulkas 2 pintu polytron
Kulkas Flexup 5 in 1 dari Polytron memiliki kapasitas yang lebih besar dengan rak yang lebih besar. Memiliki kapasitas 260 liter, kulkas Polytron mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari di keluarga. Space yang didapatkan juga lebih banyak hingga 30%.

2. 5 in 1 Flexup

Kulkas Polytron memiliki bagian freezer compartment yang dapat diubah fleksibel mengikuti kebutuhan keluarga di rumah dengan fungsi yang berbeda-beda.
  • Normal Mode (atas freezer dan bawah kulkas): mode kulkas yang pada umumnya.
  • Fridge Mode (atas kulkas dan bawah kulkas): memiliki space tambahan untuk menyimpan makanan dari buah, sayur, hingga minuman tanpa freezer.
  • Chiller Mode (atas Chiller dan bawah kulkas): mode untuk daging dan ikan yang akan mencair dan siap dimasak tanpa perlu khawatir rusak atau jadi tidak fresh.
  • Energy Saving Mode (atas freezer dan bawah kulkas): merupakan fungsi yang sama dengan normal namun memiliki mode penghematan daya paling tinggi dari mode lain.
  • Super Freezer Mode (atas super freezer dan bawah kulkas): dapat mendinginkan bahan makanan maupun membuat es batu dengan waktu yang lebih cepat.
Nggak hanya memiliki fitur di atas, Polytron juga menjamin kualitas produk tetap terjaga #QualityThatMatters dengan adanya garansi hingga 10 Tahun*. 

Yuk, dapatkan kulkas 2 pintu Flexup 5in1 dari Polytron di website resmi Polytron.co.id atau checkout di e-commerce kesayanganmu~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

Post a Comment