Serakah

by - April 28, 2018


Kamu kok jadi orang serakah banget sih

Aku pernah mendengar kata-kata ini dari seorang teman. Saat itu aku bercerita dengannya mengenai keinginanku untuk bergabung dengan sebuah komunitas. Sebelumnya aku sudah tergabung dalam sebuah komunitas yang berbeda. Fotografi. Kali ini aku ingin sekali bergabung dengan komunitas relawan. Dan berencana untuk bergabung dengan beberapa komunitas bidang lainnya. Saat itulah temanku spontan berkata demikian.

Serakah? Hehe, iya. Anggap saja aku begitu. Memang begitu adanya. Asal serakah ilmu itu termasuk dalan konteks yang positif. Bukannya mencari ilmu itu juga termasuk ibadah? Menjadi salah satu bagian dari komunitas atau organisasi juga menurutku salah satu cara mencari ilmu. Kamu bakalan bisa ketemu banyak orang yang beragam. Latar belakang berbeda, pendidikan berbeda, pengalaman dan usia yang beragam. Dari merekalah kamu bisa belajar banyak hal. Mengenai hidup terutama. Tak jarang tips and trick untuk mengakali sebuah masalah pun sering didapatkan dari petuah meereka.  Hal inilah yang membuatku candu untuk bergabung dengan beberapa komunitas. Lagi. Dan lagi.

Serakah? Hehe, iya. Anggap saja aku begitu. Dengan bergabung dengan komunitas aku bisa mempunyai teman baru. Berkenalan dengan mereka yang beragam. Bertukar cerita dan pikiran. Membangun sebuah hubungan yang insyaAlllah akan selalu memiliki hikmah tersendiri. Siapa yang tau, salah satu dari mereka adalah perantara Allah dalam menyampaikan petunjuk-Nya. Siapa yang tau, suatu saat nanti aku dan mereka saling dapat membantu satu sama lain. Cuma Allah yang tau. Tugas kita mah berkelana mencari, masalah cocok nggak cocoknya biar Allah yang atur.

Jadi, bolehkan serakah? :)

You May Also Like

0 comments