Vaksin Meningitis

by - November 01, 2018




Meningitis atau radang selaput otak merupakan virus menular yang rentan dijumpai saat kita berkumpul dengan orang lain. Terutama dengan mereka yang berasal dari daerah endemic seperti afrika. Jadi, amannya kalo mau pergi-pergi suntik vaksin dulu biar aman. Pergi sehat, balik juga sehat.

Nah, kali ini aku mau cerita gimana prosedur suntik vaksin meningitis di Juanda, Surabaya.



Pertama.

Kalian harus isi formulir di web Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Nah, setelah kalian buka webnya perhatiin jadwal pelayanan yang tertera beserta lokasi yang menyediakan. Karena di Surabaya ada 2 tempat, yaitu di Juanda dan Perak, aku lebih milih di Junda karena emang lebih deket. Kalo udah pilih daftar. Oh iya, sebenernya bisa juga sih kalian langsung dateng gitu tanpa daftar online, tapi bakalan antri lama banget hehe. Jadi ya lebih baik daftar online aja.


Kedua.

Isi formulir yang disediakan. Pilih juga lokasi tujuan pelayanan. Biasanya bakalan tertera kuota tersisa berapa. Karena tujuannya antrian online ini, ya biar orang tau dia masih bisa daftar apa nggak. Biar kehadirannya nggak sia sia gitu hehe. Jangan lupa scan passpport kalian. Kalo udah ngisi formulir online klik submit. Kalian bakalan dikasih salinan dari formulir yang kalian isi tadi. Jangan lupa di print ya. Disitu juga tertera jam berapa kalian harus dateng.

Ketiga.

Sebelum berangkat, jangan lupa bawa passport asli dan fotokopi 1x. Sampai di lokasi datengin meja informasi dan ambil antrian. Jangan lupa bilang juga kalo kamu udah isi formulir online. Disini kamu bakalan dapet formulir kecil satu lembar yang harus diisi. Kalo kamu antrian biasa (bukan online) kamu bakalan kudu ngisi beberapa lembar formulir.

Keempat.

Duduk manis nunggu dipanggil. Tadi aku dateng sekitaran jam 9an dan dapet antrian nomor 100. Waktu aku dateng, antrian yang di panggil baru nomor 48. Karena laper aku pun makan dulu di warung sebelah hehe. Sekitaran setengah jam aku balik lagi. Lima menit kemudian aku dipanggil. Cepet juga, batinku.

Kelima.

Serahkan berkas-berkas yang diperlukan. Disini kamu bakalan ditanyain ada alergi obat atau nggak, trus alergi makanan apa, sudah menikah atau belum (buat yang baperan jangan baper ya haha), masih haid apa nggak (buat yang berumur), dll. Terus nunggu lagi deh buat dipanggil untuk bayar. Biaya suntik 305.000 untuk 1 orang.

Keenam.  

Setelah bayar, kalian nunggu di panggil lagi buat suntik. Nggak lama sih sekitar 10 menit. Dan usahain kalian duduk dideket pintu ruangan suntiknya ya. Soalnya mbak-mbaknya ini kalo manggil nggak pake pengeras suara, dan suasananya berisiiik banget. Entah ya aku sampe mikir, di luar negeri juga begini nggak sih suasannya? Ini apa gegara kebanyakan penghuni ruangannya ibu-ibu ya maka berisik betul.

Ketujuh.

Disuntik deh hehe. Btw, jangan lupa buat pake baju yang nyaman biar waktu suntik nggak ribet. Aku saranin sih pake baju yang ada kancing depannya a.k.a kemeja soalnya suntiknya dilengan kiri. Suntiknya nggak sakit kok Cuma celikit. Haha akunya aja yang takut jarum. Dulu waktu nganterin adek imuniasis aja aku yang begidik nutup mata.

Kedelapan.

Tanda tangan di buku kuning terus pulang deh.

Pelayanannya enak kok yang di juanda. Cepet pula nggak perlu nunggu lama. Tapi kalo mau lebih cepet lagi, dateng pagi banget aja jam 8. Dijamin nggak pake nunggu.

Nah, gitu deh cerita hari ini. Sekian.


You May Also Like

0 comments