Nyobain Sei Sapi, Makanan Khas NTT yang Populer

by - November 29, 2020



Karena makanan di rumah habis dan saya kelaperan parah (belum makan dari siang), jadinya saya iseng buka aplikasi Grab dan lihat-lihat yang menarik. Biasanya sih saya nggak begitu suka nyoba-nyoba makanan yang aneh-aneh. Yaa, maklum aja cocoknya sama makanan rumahan sewajarnya 🀣. Setelah jari saya berkelana, eh lha kok tahu-tahu ada nama ‘Sei Sapiku’. Makanan yang satu ini termasuk makanan yang lagi hits belakangan. Penasaran dong saya apa sih yang bikin makanan ini spesial sampe-sampe tiap saya buka instagram story atau twitter selalu ada makanan ini. Akhirnya saya pun memantapkan hati nyobain. 


Karena saya nggak bisa makan daging sapi, jadinya saya pilih yang paket Sei Ayam seharga Rp27.000. Paket ini isinya daging ayam diasap dengan bumbu rempah, daun pepaya, nasi putih, kuah kaldu, dan sambal. Sebenernya masing-masing bisa milih, kayak nasinya bisa pilih nasih putih atau nasi jeruk. Sambalnya juga banyak pilihan ada sambal terasi, matah, luat, dan rica-rica. Awalnya saya pilih sambal matah tapi sayangnya lagi habis yaudahlah saya pake terasi jeruk. 





Sekitar 30 menit makanan saya udah sampai. Saya yang nggak berekspektasi apa-apa ya biasa aja. Tapi begitu nyobain, rasanya enak bangeeettttt. Yaampuun pantesan temen-temen saya sampe doyan gituu. Daun pepayanya itu pedes asin enak banget, ayamnya juga lembut dan bumbunya kerasa banget, kuah kaldunya ini pertama saya cobain kayak kuah mie ayam tapi enak ini sih hehe. Pokoknya semuanya enak bangeettt. Aun pepayanya yang udah pedes terus ditambah sambal terasi jeruk makin enak banget. Btw, ini sambalnya pedes banget sih. Cocok banget sama yang doyan pedes. 


Sei sendiri merupakan salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kabupaten Rote Ndao. Sei memiliki arti daging yang disayat dengan ukuran kecil memanjang. Ciri khas dari makanan ini ada di proses memasaknya yang harus menggunakan tungku api agar rasanya terjaga. Awalnya makanan ini menggunakan bahan dasar babi, tetapi belakangan banyak orang menggunakan bahan dasar lainnya seperti sapi, ayam, dan ikan. Supaya semakin banyak orang yang bisa mencoba makanan khas NTT ini. 


Jujur, saya pribadi ngerasa suka banget dan bikin nagih ❣️



You May Also Like

9 comments

  1. Wah enak nih jadi ngiler. Kalau ditempatku, sambelnya itu dicampur ke dagingnya. Tapi aku setuju, yang bikin enak sei itu daun pepayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum aku pindahin piring udah aku cobain satu persatu.
      sambelnya buatku pedes banget jadi nggak berani campur ayam langsung 🀣
      beneeer daun pepayanya juara.
      pantesan aja dia jual daun pepayanya ala karte juga

      btw, makasih mbak ajeng udah mampir~

      Delete
  2. Kalo di jawa, semacam sambal pecel yah?

    ReplyDelete
  3. Ahh, sayang sekali Kakak nggak bisa makan daging sapi, sebab sei ini lebih enak kalau yang daging sapi karena mungkin dagingnya lebih tipis jadi bumbunya lebih terasa dibanding ayam 😁
    Tapi ayam juga enak kok hahaha. Aku pernah coba juga yang Sei Sapiku 😁. Daun pepayanya enak juga, nggak ada pahit-pahitnya, tapi betul, cabainya pedes bangettt wkwkwk. Jadi pengin makan sei deh aku πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti deh kalo udah bisa kompromi sama sapi aku cobain yang sapi haha
      iyaaa aku setuju. biasa kan di nasi padang ada pahitnya gitu kan
      kayaknya next aku mau nambah porsi daun pepayanya deh 🀣

      Delete
  4. Waaah saya pernah coba juga mba, baru beberapa minggu lalu hahaha.

    Gara-garanya penasaran, iseng mau jajan Gofood, sudah lama nggak jajan, scroll-scroll terus lihat Sei Sapi dan ratingnya tinggi ugha. Langsung buru-buru pesan 🀣 Tapi saya belum pernah coba yang ayam, padahal saya pecinta ayam hahahahaha.

    Rasanya memang enak, padahal saya biasanya nggak begitu doyan daun pepaya sebab identik dengan rasa pait tapi anehnya yang dimakan bareng Sei Sapi tuh nggak pait, enak dan guriiiih hahahahaha 🀣

    Sama kayak Lia, jadi ingin jajan Sei Sapi lagi, duuuh mba Dea sukses deh 'meracuni' hihihihihi πŸ˜†πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa daun pepayanya itu the best lah pokoknya
      gigitan pertama langsung jatuh cinta (?) 🀣
      eh tapi daging ayamnya juga enak sih rempahnya kerasa banget
      duh, enak semua deh pokoknya ahaha🀣

      Delete
  5. Wah...jadi pengen nyobain juga soalnya aku pecinta daging sapi gitu tapi sayangnya belum ada keknya dikotaku hiks...

    Btw thanks for sharing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib coba mbak. mungkin ada resepnya di cookpad
      siapa tahu masakan mbak sama enaknya hehe 🀣

      semoga segera ada di kotanya yaaa~
      btw salam kenal :)

      Delete