Review Buku: Young on Top - Updated (Billy Boen)

December 01, 2020



Judul : Young on Top - Updated

Author : Billy Boen

Publisher : Bentang Pustaka

Published : 2015

Pages : 218

Genre : Inspiration


Saya sebetulnya nggak pernah berpikir bakalan baca buku ini. Entah kenapa nggak tertarik aja gitu. Tapi, tetiba dapet tugas baca buku ini dan diminta buat bikin summary. Alhasil mau nggak mau kudu baca hehe. Tapi, nyatanya saya nggak pernah nyesel baca buku ini. Meski terpaksa awalnya, saya langsung sadar banyak hal selama membacanya. Dan itu adalah hal-hal kecil yang selama ini luput dari pikiran/kesadaran saya. 



Buku ini emang bagus banget dan menyimpan banyak nilai diri yang saya rasa perlu kita perbaiki untuk jadi lebih baik. Apa pun pekerjaan kamu dan berapa pun usiamu. Buku ini bukan cuma menulis kunci sukses khusus yang ingin berwirausaha. Melainkan, kunci sukses hidup sih menurut saya. Membentuk pribadi yang jauh lebih baik. Om Billy Boen ini memang keren banget. Nilai-nilai yang dianutnya bukan hanya sekadar nasihat dari orang tua, melainkan juga hasil dari pengalamannya. Oh iya, meskipun saya sudah menuliskan intinya di sini, saya rasa kalian perlu untuk memilikinya di rak buku. Supaya bisa dibaca-baca saat butuh. 


Check this out!


WHO YOUR ARE

Find your purpose in life

  • Menemukan tujuan hidup supaya dapat menjalani hari-hari lebih bermakna dan semangat. 


Do what you love

  • Dengan passion, kita memiliki energi untuk berbuat lebih dan nggak akan berhenti saat menemukan rintangan 

  • Jika belum berkesempatan untuk melakukan yang kita cintai, cobalah untuk mencintai hal yang dilakukan saat ini


Be grateful

  • Nggak ada hal besar yang bisa dicapai kalau kita belum mampu bersyukur atas hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup kita


Be healthy

  • Mengejar kesuksesan dalam berkarier itu penting. Tapi, hidup sehat lebih penting. Kita nggak akan bisa menikmati hidup kalau nggak sehat


Dream and think big, be specific

  • Untuk menjadi orang sukses, kita perlu memiliki mimpi yang besar dan tujuan yang jelas

  • Kita dapat meraih semua hal yang kita inginkan, dan semua itu bermula dari pikiran

  • Langka-langka untuk mendapatkan hal yang kita inginkan: ask (tahu jelas apa yang diinginkan dan mintalah), believe (percaya seolah-olah sudah menjadi kenyataan), and receive (merasakan seolah sedang menerimanya)

  • Empat jenis target: target yang optimis (target yang diset jauh di atas dari keadaan sekarang), target yang realistis (target yang di set masuk akal untuk diraih), target yang optimis-realistis (target yang di set jauh di atas tapi masih masuk akal), dan target yang pesimistis (target yang di set di bawah keadaan sekarang).


Be inspired, motivate yourself

  • Motivasi datang dari dalam diri, inspirasi datang dari luar. Kita dapat mendapat inspirasi kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun.

  • Untuk memotivasi diri: lihat ke atas (bayangkan segala sesuatu yang ingin dan belum dicapai) lalu lihat ke bawah (bayangkan hal-hal yang nggak kita harapkan terjadi)



THE COMMON SENSE

Act as the owner

  • Berpikir dan bertindaklah seperti pemilik perusahaan. Sehingga saat suaru hari kita memiliki perusahaan sendiri kita sudah bisa dan terbiasa untuk memimpin dan membuat perusahaan lebih berkembang


Walk the talk

  • Untuk sukses, selain uang yang diincar, ada hal lain yang lebih penting, yaitu menjaga nama baik. 

  • Integritas tidak dapat dipisahkan dari kejujuran

  • Jangan melakukan sesuatu yang membuat kamu gelisah pada malam hari


Be confident

  • Percaya diri dapat ditingkatkan dengan menambah wawasan dan berlatih/belajar terus-menerus

  • Orang yang nggak percaya diri dan percaya diri berlebihan adalah orang yang nggak mengenal dirinya


Be on time

  • Tepat waktu adalah bentuk hormat kita terhadap diri sendiri dan orang lain


Be open mind

  • Untuk orang-orang yang sudah merasa nyaman melakukan suatu hal secara rutin, mereka tidak akan suka perubahan meski terkadang menyadari bahwa ide tersebut akan berdampak positif

  • Open minded sama dengan membuka diri menerima masukan dan kritikan. Dengan open minded kita bisa memperbaiki diri.


Respect everyone

  • Rasa hormat akan kita dapatkan dengan sendirinya, tanpa harus meminta kalau memang kita sudah pantas untuk mendapatkannya. Dimulai dengan menghormati orang lain terlebih dulu/

  • Sok sibuk adalah contoh kesombongan dan sikap nggak menghormati orang lain


Make a lot of friends

  • Jalinlah pertemanan dengan teman-teman kita sekarang karena kita nggak akan tahu kalau suatu saat kita akan membutuhkan mereka

  • Bantulah orang lain tanpa rasa pamrih

  • Saat bisa memiliki satu juta teman, kenapa harus berpuas diri dengan hanya seribu teman?

  • Semakin banyak teman yang kita punya, semakin banyak yang akan bantuin kita mencapai tujuan hidup kita


Be humble

  • Jangan pernah meremehkan orang lain. Apa pun pangkatnya dan berapa pun usianya

  • Mereka yang memilih berkarier sebagai karyawan tidak lebih rendah dari mereka yang memilih untuk menjadi pengusaha





THE COMMON PRACTICE

Learn from mistakes

  • Banyak sumber pembelajaran yang bisa didapatkan dari sekeliling kita

  • Nggak masalah membuat kesalahan selama kita mampu belajar dari kesalahan itu

Never give up

  • Tidak ada jalanan yang sempurna. Tidak ada jalanan yang semulus sutra dan tanpa polisi tidur atau pun lubang

  • Nggak semua hal bisa kita raih, tapi jangan jadikan ini alasan untuk nggak mencobanya sama sekali


Think positive

  • Pemikiran positif akan mendatangkan hal-hal positif

  • Orang yang terbiasa untuk berpikir positif akan memancarkan aura positif


Be creative

  • Kalau ingin menjadi orang yang kreatif, harus punya wawasan yang luas dan berani mencoba

  • Dengan banyak mencoba dan nggak takut melakukan kesalahan, kita bisa selalu belajar dari kesalahan kita yang akan membuat kita lebih berkembang


Just perform, finish A to Z

  • Lakukan semaksimal mungkin dengan mencoba segala upaya dan gunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai hasil yang diinginkan

  • Hal yang dilakukan setengah-setengah, hasilnya nggak akan maksimal


Be detailed oriented

  • Berorientasi terhadap detail tidak berarti tidak peduli terhadap semua hal kecil. Kita harus spesifik dan bertanggung jawab terhadap semua hasil

  • Cek semua proses


THE TIPS AND TRICK

Do not assume

  • Tanyakan saat sesuatu masih belum jelas. Jangan berasumsi


Do things fast with A.P.U.R

  • Kalau bisa cepat dengan hasil maksimal, kenapa harus lambat?

  • Selalu update perkembangan tugas


Bring solutions, not problems

  • Saat menemukan masalah, berikan solusinya. Jangan datang dengan hanya membawa masalah


Calculate the risk

  • Semakin banyak yang dipelajari, semakin banyak pengalaman kita, semakin kuat insting kita

  • Hal yang diperlukan dalam mengambil keputusan: kemampuan analisis (gunakan berbagai sudut pandang), peka (mengetahui data yang harus diketahui dan tahu bagaimana mendapatkannya), kritis (tahu dan mampu menanyakan hal-hal penting pada diri), dan kreatif (berpikir imajinatif jauh ke depan, membayangkan proses yang harus ditempuh saat mengambil resiko)

  • Jangan mengambil resiko yang nggak bisa diukur


Go for the extra mile

  • Job description adalah pengharapan minimal perusahaan terhadap karyawan

  • Jangan berpuas dengan hal yang sudah dicapai. Lakukan lebih


THE ART OF MANAGEMENT

See the big picture

  • Lihat jauh ke depan


Be fair

  • Selama prioritasnya adalah perusahaan, beranikan diri untuk mengambil keputusan yang mungkin nggak disukai orang banyak

  • Jangan berikan pengecualian terhadap anggota tim yang dirasa cocok


Be wise

  • Sesuatu yang positif wajib untuk disebarluaskan, sementara yang negatif tidak seharusnya disebarkan

  • Jangan memutuskan sesuatu saat sedang emosi


Set your priorities right

  • Bedakan hal yang mendesak dan penting

  • Atur skala prioritas


Know your win

  • Hasil terbaik dalam negosiasi adalah saat kita cukup senang dengan hasil negosiasi yang dicapai, dan lawan negosiasi kita pun senang dengan hasil tersebut

  • Jangan serakah supaya dapat menjalin kerjasama berikutnya



THE ART OF LEADERSHIP

Lead by example

  • Tim adalah refleksi dari apa yang kita contohkan

  • Jadilah contoh mulai dari hal kecil

  • Pemimpin itu memimpin dan bos itu memerintah


Don’t hide

  • Jangan pernah bersembunyi dan menyalahkan orang lain atas kesaahan diri kita. 

  • Berani bertanggung jawab


Make your team performs

  • Pemimpin memiliki tugas untuk meredam guncangan

  • Ciptakan keadaan yang aman, nyaman dan tentram, tetapi tetap membuat tim sadar dengan target


Give and receive criticism

  • Berikan dan terima kritikan yang membangun

  • Jangan pernah mengkritik dengan tujuan menjatuhkan


Have a sense of humor

  • Nggak perlu menjadi orang yang bisa ngelucu. Jalani hidup dengan santai


Learn and share

  • Semakin banyak berbagi, kamu akan semakin merasa bermakna

  • Ajak orang lain untuk sukses


Create new leaders

  • Bimbing orang yang memang berniat untuk sukses


THE NEXT LEVEL

Collaborate

  • Hindari kompetisi dan ajak berkolaborasi


Leverage technology

  • Perluas wawasan dengan teknologi

  • Beradaptasilah dengan perkembangan teknologi 


Act now!

  • Jangan tunda. Lakukan sekarang


Nah, kira-kira isinya begitu. Semoga bermanfaat~

You Might Also Like

0 comments