Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Ini Beda Cat Interior dan Cat Exterior. Jangan Sampai salah!

Post a Comment

Beda Cat Interior dan Cat Exterior

Cat dinding menjadi bagian yang penting dalam rumah. Selain fungsinya sebagai pelapis dinding, cat juga memiliki nilai estetika yang akan membuat penghuninya merasa betah dan bahagia berada di rumah.


Ada 2 jenis cat dinding menurut area yang akan dilapisi cat, yaitu cat interior dan cat eksterior. Meski dari namanya sudah menjelaskan fungsi dari cat itu sendiri, tetapi nggak sedikit orang yang masih kebingungan dalam membedakan cat interior dan cat eksterior. Hingga terkadang membuat mereka tertukar dalam penggunaannya. 


Kamu pun mungkin sering menemui rumah yang bagian luarnya (eksterior) dicat menggunakan cat interior. Padahal cat interior nggak akan cocok digunakan untuk area eksterior karena memiliki jenis resin dan aditif yang berbeda. 


Cat interior akan lebih maksimal digunakan untuk bagian dalam rumah. Sedangkan, cat eksterior akan lebih maksimal digunakan untuk bagian luar rumah karena bahannya yang tahan terhadap cuaca.  


Nah, buat kamu yang lagi mencari rekomendasi cat dinding dan masih bingung dengan beda cat interior dan cat eksterior, coba deh simak penjelasan di bawah ini. 


Cat Interior


Beda Cat Interior dan Cat Exterior

Seperti namanya, cat interior ini berfungsi untuk melapisi bagian dalam rumah (interior). Sebagai pelapis bagian dalam rumah, cat interior terbuat dari bahan-bahan yang aman jika terhirup manusia. 


1. Mudah Dibersihkan

Dinding bagian dalam rumah biasanya akan rentan dengan goresan dan kotoran ringan. Oleh karenanya, cat interior dibuat agar mudah dibersihkan. Biasanya kamu hanya perlu mengelap bekas noda dengan air bersih atau jika noda cukup sulit dibersihkan kamu bisa menggunakan sabun. 


2. Mudah Pudar

Karena dikhususkan untuk melapisi dinding bagian dalam rumah, cat interior yang digunakan untuk bagian luar rumah umumnya akan mudah pudar seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan cat interior tidak memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. 


------------------------------------------------------------------------------

Baca juga: Review Hotel Regantris, Hotelnya Orang Seni!

------------------------------------------------------------------------------

3. Rentan Cuaca

Seperti poin sebelumnya, cat interior juga rentan dengan kondisi cuaca. Selain mudah pudar karena sinar matahari, dinding bagian luar rumah (eksterior) yang dilapisi cat interior akan lebih mudah rusak atau berjamur karena lembap. 


4. Kandungan VOC Rendah 

Dalam proses pembuatannya, cat memiliki kandungan Volatile Organic Chemicals (VOC) yang berbahaya jika terhirup manusia. Karena dikhususkan untuk melapisi dinding bagian dalam rumah, maka pembuatannya pun mengandung zat VOC yang rendah. Sehingga akan aman bagi pemilik rumah. 


Cat Eksterior


Beda Cat Interior dan Cat Exterior

Cat eksterior adalah cat dinding yang dikhususkan untuk melapisi dinding bagian luar rumah (eksterior). Karena digunakan untuk pemakaian luar, cat eksterior mampu mempertahankan estetika bagian luar rumah. 


1. Tahan segala cuaca

Dinding bagian luar rumah yang dicat dengan cat eksterior memiliki ketahanan terhadap cuaca seperti paparan sinar matahari dan juga air hujan. Sehingga dinding akan tetap kuat dalam jangka waktu lama. 


2. Mudah kering

Berbeda dengan cat interior yang membutuhkan waktu cukup lama untuk kering karena membutuhkan sirkulasi yang baik. Cat ekterior justru cepat kering karena terekspos sinar matahari dan angin. 


-------------------------------------------------------------------

Baca juga: Pengalaman Jadi Estimator Bangunan

-------------------------------------------------------------------


3. Kandungan VOC Tinggi

Pada cat eksterior, karena digunakan untuk area luar rumah, pembuatannya pun mengandung VOC yang tinggi. Namun, karena penggunaan untuk area luar, gas akan mudah terbawa angin sehingga tidak akan menimbulkan masalah pernapasan. 


Setelah mengetahui perbedaan cat interior dan cat eksterior, tentu kamu nggak akan kebingungan dan salah lagi dalam memilih cat dinding. Sehingga dinding rumahmu akan lebih awet karena pemakaian cat yang benar. Rumahmu pun akan terlihat cantik dalam jangka waktu yang lama. 


deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

Post a Comment