Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Kebiasaan Ibu di Rumah yang Diam-diam Bikin Kangen

1 comment
kebiasaan ibu di rumah

Ibu memiliki peran yang cukup penting di setiap rumah. Rasa-rasanya kalau lagi keluar kota dan nggak ada ibu, ada saja hal yang kurang lengkap. Sosok ibu menjadi sosok yang sering dirindukan. Omelannya yang panjang saat ada hal yang nggak teratur, atau (lagi-lagi) omelannya saat kita nggak bisa menemukan barang. Sedangakn ibu bisa menemukannya dengan mudah. Aneh, kok bisa ya?


Tanpa kita sadari, sosoknya selalu membuat rumah terasa nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Bahkan, ibu lah yang menjadi penengah saat anggota keluarga memiliki perbedaan pendapat.


Di usia yang semakin dewasa, saya jadi seringkali merindukan kebiasaan ibu di rumah yang dulu nggak begitu saya perhatikan. Ah, rasa-rasanya kalau mengingat kebiasaan ibu berikut ini hati saya jadi hangat. 


1. Merangkai Bunga


Kebiasaan ibu di rumah yang ini salah satu yang paling terasa begitu beranjak dewasa dan memilih untuk tinggal terpisah. Ibu yang memiliki kebiasaan merangkai bunga entah meletakkan dalam vas di meja atau dengan standing flower selalu sukses membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan cantik. 


Kehadiran rangkaian bunga dan aneka tanaman di ruang keluarga, meja makan, bahkan di dalam kamar selalu menyejukkan mata dan hati siapa pun yang melihatnya. Suasana ruangan pun menjadi lebih hidup dengan rangkaian bunga yang indah. Karena kebiasaan ibu tersebut, begitu hidup terpisah rasanya aneh kalau nggak lihat ada tanaman di dalam rumah. 


2. Memasak dengan Bumbu Rahasia


Ibu selalu menjadi koki paling handal di rumah. Setiap kali berkumpul dengan keluarga, sosok ibu pasti menjadi sosok yang pling sibuk. Bahkan sejak subuh sudah pergi ke pasar untuk berbelanja keperluan memasak. Apalagi kalau anak-anaknya yang di luar kota pada pulang. Beuh, udah deh bakalan ribet sendiri di dapur. 

Menariknya, masakan ibu seolah mempunyai cita rasa yang khas. Pernah suatu kali saya bertanya pada ibu bumbu yang digunakan. Meski sudah diberi resep bumbu ayam goreng dan mengikutinya sesuai yang tertulis, tetapi tetap saja ada yang berbeda. Teman-teman juga ada yang begini juga nggak nih? 


3. Mendekorasi Rumah


Nggak bisa dipungkiri kalau dengan adanya sosok ibu, rumah menjadi lebih indah dan rapi. Bukan hanya adanya rangkaian bunga yang cantik di setiap sudut rumah, cara ibu mendekorasi rumah seolah memberikan sentuhan tersendiri pada setiap ruangan. 


Baca juga: Orangtua Baru, Yuk, Kenali Makanan Pendamping ASI (MPASI)


Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah membuat ibu lebih leluasa menata rumah supaya terlihat lebih rapi. Meski terkadang selera ibu berbeda dengan anggota keluarga lainnya, tetapi kebanyakan kita akan membiarkan ibu melakukannya. Warna yang nggak senada pun kerap kali terjadi dan justru menjadi hal yang khas dalam setiap rumah yang dirindukan.   


4. Mengoleksi Tempat Makan


Tempat makan menjadi benda yang sakral bagi ibu. Entah kenapa bisa begitu. Saya sendiri nggak begitu paham kenapa ibu suka sekali mengoleksi tempat makan berwarna warni. Ada yang tahu kenapa? 


Bebagai ukuran tempat makan memenuhi rak penyimpanan. Anehnya, meski memiliki banyak tempat makan atau tupperware, ibu bisa mengingat semuanya. Kalau ada satu yang hilang, beuh jangan harap bakalan bisa selamat dari omelan.


5. Menemukan Barang 


Keunikan lain yang kadang bikin saya terbengong adalah kemampuan ibu menemukan barang. Seperti beberapa waktu lalu saya sedang mencari jam tangan saya. Padahal saya sudah mencarinya di setiap sudut rumah dan nggak berhasil menemukannya. 


Anehnya, ibu dapat menemukannya dalam hitungan detik. Ini kemampuan supranatural yang saya nggak bisa paham. Seolah ibu punya cctv di setiap sudut rumah. Atau ibaratnya ibu bisa langusng ‘CTRL + F’ untuk langsung tahu posisi benda tersebut seperti mencari kata dalam pencarian. 


Baca juga: Pengalaman Pijat di i-Zen Premier Surabaya


Ada banyak sekali kebiasaan ibu di rumah yang cukup unik dan sering bikin rindu anak-anaknya di perantauan. Padahal waktu masih satu rumah, kebiasaan itu nggak pernah terpikirkan di benak kita. Tetapi, begitu hidup terpisah rasanya seperti ada yang hilang atau kurang. 


Nah, kalau teman-teman gimana? Kebiasaan seperti apa yang teman-teman rindukan dari sosok ibu?



deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

1 comment

  1. hahaha bener banget kenapa ibu ibu selalu inget barang apa yang dipunya, meskipun cuman toples kecil, the power of ibu ibu emang lebih peka kayaknya mbak
    tapi kadang ibuku juga lupa naruh barang dimana, kayak kunci misalnya

    ReplyDelete

Post a Comment