Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Bebas Berkreasi Tanpa Batas dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

2 comments
asus vivobook pro 14 oled

Beberapa waktu lalu, laptop saya mati layarnya doang, gengs. Awalnya saya nggak sadar kalau laptop saya masih menyala karena suara mesinnya nggak kedengaran. Eh, begitu saya tunggu lama, kok masih panas ya?


Ternyata cuma layarnya aja yang matiiii. 😭 Saya yang waktu itu lagi hectic dikejar deadline jadi panik dong. Setelah browsing pakai ponsel, saya coba buat pencet tombol power 10 detik, terus saya pencet lagi powernya buat nyalain. ALHAMDULILLAH NYALA, GENGS!


Usut punya usut ternyata laptop saya overheat yang dikarenakan saya buka banyak tabs dan disela-sela nonton drama juga hehe πŸ€ͺ Maklum kepala ngebul banget jadi disela-sela pekerjaan, saya pengen istirahat mantengin si Oppa yakan. Bisa dibilang laptop saya overheat karena menyala dari pagi sampai sore. 


Dari kejadian kemarin, saya jadi tersadarkan kalau jaman sekarang nih emang butuh banget laptop yang ringkas dan kuat untuk dipakai kerja ‘ringan’. Saya bilang ringan karena padahal saya nggak pakai editing yang berat seperti buka Adobe Photoshop atau Adobe Premier. 


Kebutuhan laptop jaman sekarang nih seenggaknya kuat dipakai buka banyak tabs dan window untuk keperluan riset, nggak overheat kalau nyala dalam waktu lama, dan punya layar yang cakep (ini penting). 


Nah, ASUS sebagai brand laptop yang pengertian, kemarin meluncurkan laptop kece buat (saya) kita semua para pekerja yang produktif. ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Alamak! Auto mupeng dong saya 😍 Apalagi setelah scroll meneliti fitur dan keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Aduhay, udah kebayang gimana asyiknya ngeblog dan ngerjain kerjaan lainnya pake laptop kece ini. 


Emang apa aja sih fitur dan keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini sampe bikin mupeng? Mbak-mbak, mas-mas, sini kumpul di mari saya jelaskan why this laptop know me so well (?) dan cocok banget buat para mahasiswa desain. 


Biar kamu nggak salah pilih laptop dan overheat terus mati di tengah deadline kayak saya kemarin. Cus, check this out~ πŸ’ƒπŸ»

asus vivobook pro 14 oled (m3400)

lomba asus vivobook pro 14 oled

Buat yang udah jadi penggemar laptop ASUS pasti tahu perbedaan seri pada laptop ASUS. Nah, kali ini ASUS meluncurkan seri Vivobook yang berarti dikhususkan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, baik pekerja ataupun mahasiswa syybuuk skripsian hihi. Desain laptop pun jelasnya nggak jauh-jauh dari thin and light alias tipis dan ringkas cyin. Digotong kemana aja hayuk dah. 


Eits, meski tipis bukan berarti spesifikasinya kaleng-kaleng, bestie. Menariknya, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Yang mana prosesor H series ini tuh jadi prosesor high performance yang biasanya digunakan untuk laptop gaming. Wow!


Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag


Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini. Ibarat kata ini laptop bisa diajak work hard play hard. Dibuat kerja cakep, dipake ngegame juga oke bangets! 😍Cocok nih buat yang mengidamkan work life balance (kayak saya).

asus vivobook pro 14 oled
asus vivobook pro 14 oled

Bagian paling menarik buat saya adalah layarnya. Secara gitu kan kalau kita pake laptop pasti mantengin layarnya terus. Kerennya, ASUS membekali Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini dengan layar OLED yang menggunakan panel ASUS OLED dengan resolusi 2,8K (2880x1800), refresh rate 90Hz, dan color gamut 100% DCI-P3. Mantep banget buat kamu yang berkecimpung dengan visual nih, bestie


Wait, color gamut apaan nih? Color gamut ini berperan dalam menampilkan semua warna dan memiliki cakupan warna lebih luas dari sRGB yang sampai saat ini masih dijadikan standar layar laptop. Dengan color gamut 100% pada ruang DCI-P3 artinya layar ini mampu membuat setiap detail warna terlihat jelas dan akurat. Sehingga mampu menampilkan kualitas visual yang terbaik yang lebih hidup. 

asus vivobook pro 14 oled

Bukan hanya mampu menampilkan warna yang banyak, tetapi ASUS OLED juga telah dikalibrasi sejak awal. Layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini juga mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Jadi tingkat akurasi reproduksi warnanya udah nggak perlu diragukan lagi dan warna terlihat konsisten. 


Ini penting banget buat kamu yang berkutat dengan warna. Saya pernah mengalami betapa riwehnya mendesain saat layar nggak mumpuni. Karena jadi beda saat dicek di perangkat lainnya dan berujung revisian teruuuusss hiks. πŸ˜©


asus vivobook pro 14 oled


Kalau pakai laptop, hal yang bikin bete adalah tingkat kecerahan layar di ruang terbuka (outdoor). Layar ASUS OLED ini dibekali tingkat kecerahan hingga 600 nits yang bikin kamu tetap bisa bekerja dengan baik meski pada tingkat kecerahan 11%. Kualitas visualnya bakalan sama seperti tingkat kecerahan 100%. Reproduksi warna oke dan warna yang konsisten saat tingkat kecerahan rendah bakalan bikin kamu bisa fokus kerja work from anywhere (WFA). 

asus vivobook pro 14 oled
sumber: ASUS.com

asus vivobook pro 14 oled burn in
sumber: ASUS.com

Dalam beberapa kasus yang ekstrim, layar OLED jadi riskan mengalami burn-in. Maklum yakan, sesuatu yang dipakai berlebihan kan juga bakalan bisa rusak. Tapi tenang, ASUS sudah menyediakan cara pencegahannya dengan mode yang bisa kamu pilih pada ASUS OLED Care di aplikasi MyASUS sesuai dengan kegiatanmu. 


Yang bikin pengalaman jadi lebih menyenangakn dalam menggunakan layar OLED adalah warna hitam yang lebih kontras alias lebih pekat hitam sempurna. Karena kalau pakai layar LCD tuh jadi sering ragu kan, ini hitam atau abu-abu ya?

asus vivobook pro 14 oled
sumber: ASUS.com

Nah, di layar ASUS OLED ini beresolusi 2,8K (2880x1800) dan memiliki 5.184.600 piksel yang mengantongi sertifikasi DisplayHDR 600 True Black dari VESA. Waktu layar menampilan warna hitam, piksel bakalan dimatikan sehingga warna hitam yang dihasilkan adalah warna yang paling gelap. 

asus vivobook pro 14 oled

ASUS OLED ini juga super pengertian, meski berlama-lama di depan layar, kamu nggak perlu khawatir. Layar ASUS mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light yang hanya menampilkan 70% pancaran radiasi biru tanpa mengurangi kualitas visual.


Adanya teknologi ini akan membuat matamu tidak mudah lelah dan tetap nyaman bekerja di depan layar. Produktif boleh, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan mata ya, bestie.πŸ˜‰ 


Eits, masih ada lagi nih. Kalau biasanya rata-rata laptop rasio aspeknya 16:9, Vivobook Pro 14 OLED ini punya rasio aspek 16:10. Dengan layar yang makin luas tentu visual yang ditampilkan jadi semakin banyak. Lebih legaa donggg pastinya. 

Asus Vivobook pro 14 oled

asus vivobook pro 14 oled

Layar yang oke rasanya nggak lengkap kalau nggak ngintip prosesornya. Secara gitu kan prosesor ini adalah otak si laptop yang bakalan menjamin ketenangan hati selama pemakaian. 


Uniknya, meski disebut sebagai laptop yang tipis nan ringkas, Vivobook Pro 14 OLED ini dibekali dengan Windows 11 dan prosesor powerful AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors. Prosesor yang biasanya digunakan pada laptop gaming


Bahkan pada varian tertinggi laptop ini dibekali AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Yang mana prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 8-core dan 16 thread dan mampu berjalan pada frekuensi hingga 4,4GHz


Terus nih ya, memorinya juga luar biasa, gengs. Dibekali RAM hingga 16GB dengan penyimpanan PCIe SSD sebesar 512GB. Wah, kalau gini mah buka banyak tabs dan window nggak bakalan ngoyo doi. 


Wait, kalau overheat gimana nih? 

asus vivobook pro 14 oled


Nah, ini nih yang perlu digaris bawahi. Karena pengalaman laptop overheat yang kemarin, saya cukup jeli memperhatikan bagian ini. ASUS nih bukan cuma membekali laptopnya prosesor gede aja, tapi juga dengan sistem pendingin IceCool Plus yang terbaru. 


Kalau biasanya laptop tipis cuma dibekali satu kipas aja, ASUS loyal banget ngasih dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP). Bahan ini membuat kipasnya punya 86 bilah. Berkat IceCool juga aliran udara menjadi 16% lebih baik sehingga laptop bakalan terhindar dari overheat. Pengaturan kipas ini juga bisa kamu atur di aplikasi MyASUS lho. 

Asus vivobook pro 14 oled

asus vivobook pro 14 oled

Saking suportifnya ASUS dalam mendukung work from anywhere (WFA), laptop ini dibekali dengan WiFi 6 yang lebih cepat 3x dibandingkan dengan WiFi 5 yang bikin kegiatanmu tranfer file besar, meeting online, bahkan ngegame online nggak akan terganggu lagi perkara jaringan, gengs. 


Kata Youtube mas-mas DK ID yang sudah pegang langung laptop ini, garis hijau pada bagian depan layar varian Cosmos Blue ini bukan cuma sekadar hiasan. Melainkan ASUS WiFi master yang memperkuat jaringan. Akh, saya suka banget sama warna Cosmos Blue ini. Seger gitu kelihatannya hihi. Ada juga nih warna Solar Silver yang lebih netral.  


Buat kamu yang sering meeting online, gangguan yang paling sering terjadi adalah suara berisik yang bikin nggak fokus meeting. Laptop ASUS ini juga dibekali dengan AI Noise Canceling yang dengan mengaktifkan fitur ini kamu bakalan bisa mengisolasi suara yang nggak diinginkan untuk masuk.


Suara ketikan keyboard atau suara berisik obrolan orang di belakang kamu bakalan tertutupi dengan sempurna. Ada beberapa mode yang bisa kamu pilih pada aplikasi MyASUS. 


Ngomongin soal audio, laptop ini juga bersertifikasi Harman kardon yang bikin audio makin kece. Seru juga nih kalau dipake nonton film hihi.  πŸ˜†

asus vivobook pro 14 oled

Dari segi keamanannya nih, laptop ini juga menjamin kemananmu dengan adanya pelindung webcam yang terintegrasi di atas webcam. Privasimu pun akan tetap terjaga dari orang usil di luar sana. Adanya fitur fingerprint sensor bikin kamu lebih mudah mengakses laptop tanpa perlu mengetikkan password lagi. Yang jelas bakalan tetap aman juga. 


Dengan semua keunggulan tadi, mungkin kamu bakalan bayangin laptop super gede dan berat. Nggak gengs. Karena ini masuk dalam seri Vivobook yang artinya tipis nan ringkas, Vivobook Pro 14 OLED ini hanya berbobot 1,4kg saja. Kalau dengan batrainya total hanya 1,6kg. Ketebalannya pun nggak sampai deh 2cm. Alias 1,8cm saja


Yang spesial dari setiap laptop ASUS adalah adanya aplikasi MyASUS. Aplikasi ini membantu kamu mengatur segala fitur dengan lebih mudah sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti mengatur kipas, pengaturan layar OLED, dan berbagai pengaturan canggih lainnya.


Jadi, semuanya lebih terintegrasi secara maksimal. Bahkan kamu juga bisa menghubungkan laptop ASUS kamu dengan ponsel. 


Nih, kalau mau cek lengkap fitur dan keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED cek di sini deh. 


asus vivobook pro 14 oled

Dibalik semua kulitas kecenya ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini adalah harganya yang terjangkau. Yes, laptop keren dengan beberapa variasi ini dijual dengan harga Rp 11.300.000 - Rp 12.800.000. OMG, bahkann nggak sampai 13juta! ASUS sangat pengertian memang dengan kantong kita-kita hihi. 


Nah, buat para pelajar, mahasiswa, dan pekerja masih kurang yakin apa nih sama ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini?

**

Sumber:
1. https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400/
2. https://www.asus.com/id/support/FAQ/1044809/
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

  1. keceh badai nih si vivobook
    aku pernah ngalami juga pas deadline, laptop ga mau nyala, pengen nangisss, diservis juga ga bisa sehari selesai.
    Spesifikasi si asus ini mantap alias mantul, no lemot lemot pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. I feel you Mbak. aku kemarin juga gitu hiks tapi untungnya bisa nyala lagi sih meski pake drama panik dulu hehe
      setuju, ASUS nih emang kalo bikin laptop nggak kaleng-kaleng spesifikasinya. mantep lah

      Delete

Post a Comment