Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Jenis dan Manfaat Zakat untuk Ketenangan Hati

Post a Comment
Jenis dan Manfaat Zakat untuk Ketenangan Hati

Dalam islam, zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan bagi orang muslim. Mereka yang membayar zakat adalah mereka yang dapat memenuhi kebutuhan utamanya seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian. Berikut ini adalah jenis zakat dan manfaat zakat yang wajib kamu ketahui.  

Jenis-Jenis Zakat

Zakat mal dan zakat fitrah adalah jenis zakat yang bisa jadi paling sering kamu dengar. Tetapi, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis zakat lainnya? Nah, inilah jenis-jenis zakat yang perlu kamu ketahui.

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakah jenis zakat yang wajib dikeliarkan saat bulan ramadan menjelan Idul Fitri. Jumlah zakat fitrah yang dikeluarkan adalah 3,5 liter makanan pokok seperti beras dan sejenisnya. Manfaat zakat fitrah adalah untuk menghilangkan sifat kikir dan menjalin persaudaraan sesama umat islam.

2. Zakat Maal (Harta)

Zakat maal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan berdasarkan jenis harta yang dimiliki. Jenis zakat ini memiliki ketentuan masing-masing. Golongan yang berhak menerima zakat atau mustahiq adalah fakir, miskin, riqab, gharim, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil, dan amil zakat.


Zakat maal merupakan zakat penghasilan yang dibagi menjadi berbagai jenis, yaitu:
  • Perniagaan
  • Pertanian
  • Pertambangan
  • Hasil laut
  • Hasil ternak
  • Harta temuan
  • Obligasi
  • dan lainnya.

Manfaat Membayar Zakat

Zakat seringkali diartikan sebagai sarana untuk membersihkan jiwa dan sebagai bentuk keimanan seorang muslim. Tetapi, ternyata membayarkan zakat tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri saja.

Sudah membayarkan zakat secara rutin, tahukah kamu manfaat zakat di baliknya untuk kebaikan di dunia dan akhirat?

1. Membersihkan Harta

Dalam ajaran islam, seringkali disebutkan bahwa dalam rezeki yang kita dapatkan terdapat hak orang lain yang membutuhkan di dalamnya. Tidak mengeluarkan zakat, sama halnya dengan mengambil hak orang lain. Dengan mengeluarkan zakat sesuai ketentuan, maka secara otomatis juga akan membersihkan harta yang kita terima.

2. Menenangkan Hati

Membayarkan zakat melatih kita untuk lebih ikhlas dalam memberi. Kesadaran diri untuk memenuhi kewajiban rukun islam ini membuat orang muslim terbiasa berbagi. Manfaat zakat inilah yang dapat membuat hati lebih tenang dalam menajlani hidup. Bukan hanya itu, hati kita juga dijauhkan dari sifat kikir karena sudah terlatih untuk berzakat.

3. Menolong Sesama

Selain membersihkan harta dan hati, manfaat zakat lainnya adalah kamu turut serta dalam mengurangi kesenjangan antara orang yang mampu dengan yang tidak mampu. Lebarnya jarak antara orang kaya dan miskin dapat dipangkas dengan penyaluran zakat yang tepat. Dengan begitu, zakat akan mampu mengurangi tingkat kemiskinan negara meski tidak secara signifikan.

4. Menyempurnakan Iman

Dalam usaha menjalankan rukun islam, termasuk berusaha mengeluarkan zakat sesuai kemampuan juga turut dalam menyempurnakan iman. Zakat menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan diri pada Allah.
Rasulullah bersabda, "Jagalah harta benda kalian dengan zakat, obatilah orang-orang sakit dengan sedekah dan siapkan doa untuk musibah." (HR Thabrani, Abu Nuaim, dan Khatib)
Itulah berbagai jenis zakat dan manfaat zakat untuk kehidupan dunia dan akhirat. Selain hal yang disebutkan di atas, ada banyak manfaat zakat yang bisa jadi tidak kamu sadari selama ini.

Saat ini kamu nggak perlu bingung cara menyalurkan zakat karena ada banyak badan penyaluran zakat beserta aplikasi yang sangat mudah. Salah satunya adalah dengan GoAmal - Beramal dengan maksimal. Berbagai manfaat zakat bisa kamu dapatkan bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

Post a Comment