Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Sibuk Bekerja dan Duduk Terlalu Lama? Hati-Hati, Jaga Kesehatan Sendi

1 comment
menjaga kesehatan sendi

Teman-teman ada yang punya masalah dengan kesehatan tulang dan sendi?

Saya sendiri gara-gara pandemi kemarin sempat merasakan sendi jari yang kaku di kedua tangan. Setiap bangun pagi semua jari saya kaku dan yang paling bikin panik adalah kelingking tangan kiri saya nggak bisa ditekuk.

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi dapat berkurang. Namun, nyatanya nyeri sendi hingga pengapuran bukan hanya dialami oleh lansia, melainkan juga dapat terjadi pada usia muda. Seperti yang saya alami akibat dari aktivitas yang berlebihan dan kurang pemanasan sebelum bekerja.

Penyebab Nyeri Sendi

menjaga kesehatan sendi
Dalam beberapa kasus, nyeri sendi yang dialami anak muda dapat disebabkan beberapa hal, seperti aktivitas fisik yang berlebihan, kelebihan berat badan, kebiasaan makan yang kurang memberikan nutrisi pada tulang serta sendi, dan faktor genetik.

Penyebab paling umum nyeri sendi di usia muda adalah radang sendi (artritis). Terdapat dua jenis artritis yaitu, Osteoartritis (OA) yang disebabkan oleh cedera atau obesitas dan Rheumatoid Arthritis (RA) yang disebabkan gangguan sistem imun.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Untuk meminimalisir terjadinya masalah kesehatan sendi seperti yang telah disebutkan di atas, menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah hal yang penting dilakukan bahkan sejak usia muda. Salah satunya dengan mengonsumsi susu Etawalin yang terbuat dari susu kambing etawa. Ada beberapa cara menjaga kesehatan sendi yang dapat kamu coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Hindari Duduk Terlalu Lama

menjaga kesehatan sendi
Duduk dalam jangka waktu lama, seperti bekerja, berkendara, atau bahkan menonton tv dapat menyebabkan gangguan pada sendi. Posisi duduk yang terlalu lama membuat sendi tidak bergerak dan menyebabkan sendi kaku. Padahal, tubuh yang banyak bergerak membuat sendi semakin lentur.

Saat kamu diharuskan duduk dalam waktu lama, untuk menjaga kesehatan sendi cobalah untuk merenggangkan tubuh setiap 30 menit. Menggerakkan tubuh bukan hanya baik untuk kesehatan tulang dan sendi, tetapi juga membuatmu lebih rileks.

2. Perbaiki Postur Tubuh

menjaga kesehatan sendi
Menjaga kesehatan tulang dan sendi yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan memperhatikan postur tubuh. Saat berjalan, duduk, dan berdiri hindari menerapkan postur tubuh yang salah. Karena hal ini akan memberikan beban berlebihan pada sendi.

Bagi kamu yang bekerja menggunakan laptop, pastikan untuk duduk tegak dengan posisi punggung dan bahu lurus. Hal yang sering terjadi adalah posisi mata yang terlalu menunduk membuat punggung jadi membungkuk. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan stand laptop agar posisi layar setara dengan mata. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengubah posisi duduk setiap 30 menit.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

menjaga kesehatan sendi
Bukan hanya postur, berat badan yang berlebihan juga membuat sendi dan tulang bekerja ekstra untuk menopang tubuh. Semakin berat badan seseorang, maka risiko terjadinya gangguan kesehatan sendi dan tulang juga semakin besar.

Meningkatnya berat badan memberikan beban pada sendi bagian lutut, punggung, dan pinggul. Menjaga kesehatan tulang dan sendi dapat kamu lakukan dengan diet sehat sesuai yang disarankan oleh dokter. Memiliki berat badan ideal akan membuat sendi dapat bekerja lebih optimal.

4. Rutin Olahraga

menjaga kesehatan sendi
Berolahraga secara rutin adalah salah satu cara untuk menguatkan sendi dan tulang. Menurut penelitian, peradangan sendi rapat diredakan dengan melakukan olahraga yang memacu detak jantung seperti senam aerobik.

Selama berolahraga, pastikan untuk tetap melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya. Gerakan ringan ini akan mencegah cedera sendi selama olahraga dan meningkatkan fleksibilitas sendi.

5. Makan Makanan Bergizi

menjaga kesehatan sendi
Menjaga kesehatan sendi dapat dilakukan dengan memenuhi nutrisi tulang dengan makan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan ini dapat ditemukan pada produk olahan seperti susu untuk pengapuran tulang lansia.

Selain itu, makanan kesehatan sendi lainnya adalah yang memiliki kandungan omega-3 seperti ikan. Kandungan ini dapat bekerja sebagai anti inflamasi yang membantu mengurangi masalah peradangan pada persendian. Mengonsumsi rutin omega 3 dalam fish oil sebanyak 1-3 gram per hari dapat mengurangi gejala nyeri sendi, kaku, hingga bengkak. Sedangkan makanan sehari-hari yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan sendi adalah bayam, kacang-kacangan, minyak zaitu, dan bawang putih.

Menjaga kesehatan sendi dan tulang nggak hanya penting dilakukan oleh lansia, tetapi juga untuk usia muda. Terutama kamu yang memiliki kebiasaan buruk seperti duduk terlalu lama karena tuntutan pekerjaan. Tentu kamu nggak mau kan di usia lanjut berbagai masalah persendian dan tulang menumpuk?

Saya sendiri sejak ada masalah dengan persendian jari yang kaku setiap pagi, saya mulai aware dengan menjaga kesehatan sendi dan tulang. Buat saya mengkonsumsi susu menjadi salah satu langkah pencegahan yang paling mudah dilakukan. 

Nah, kalau kamu gimana nih cara menjaga kesehatan sendi dan tulang?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

fanny_dcatqueen said…
Mbaaa .... etawalin ini aku rutin kirim ke mama tiap bulan, dan menurut mamaku sendi2 nya berkirang sakit sejak rutin minum susu ini. Aku sendiri Krn ga suka susu ya, jadi mau apapun bentuknya ga akan aku minum 🤣🤣.

Jadi caraku utk mencegah osteoporosis, rajin olahraga dan vit D juga K. Itu aku rutin sih minum. Dan olahraga sejak pandemi udh ga pernah skip .

Cuma kalo kata mama ya, rasanya enak. Makanya aku rutin kirim ini buat mama . Kalo mama ga suka, aku juga ga bakal kirim 😅