Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Nggak Lagi RIbet, Kini Cari Lowongan Kerja Online Lebih Mudah

54 comments
Nggak Lagi RIbet, Kini Cari Lowongan Kerja Online Lebih Mudah
Teman-teman ada yang pernah merasakan mencari kerja zaman internet dan media sosial belum semudah sekarang? Kalau iya, kamu pasti mengerti betapa ribetnya mengirim lamaran sekiar 5 tahun yang lalu.

Merasakan perbedaan mencari pekerjaan zaman dulu dan sekarang membuat saya geleng-geleng. Dibutuhkan banyak tenaga, waktu, dan biaya hanya untuk mengirim satu berkas lamaran pekerjaan ke sebuh perusahaan.

Proses Mengirim Lamaran yang Ribet

Boro-boro mengirim lamaran via email, yang ada saya dulu harus mengirimkan berkas melalui pos atau mengantarnya sendiri kalau masih satu kota supaya lebih cepat. Belum lagi harus fotokopi semua berkas sesuai jumlah perusahaan yang dilamar, pergi ke foto studio untuk mencetak pas foto, dan menandatangani surat lamaran satu per satu.
Hahaha, ribet? Banget! Dapat kerja belum, tapi sudah mengeluarkan biaya yang banyak. Syukur-syukur kalau mendapatkan kabar baik dalam waktu dekat. Kalau nggak, ya terus deh kirim lamaran ke banyak perusahaan.

 

Info Lowongan Kerja Terbatas

Dulu, untuk tahu lowongan pekerjaan yang ada saya harus membeli koran atau datang ke pusat karir di kampus untuk melihat poster lowongan pekerjaan yang ditempel di salah satu dinding khusus.

Kalau nggak ada lowongan baru gimana? Ya, menunggu sampai besok atau bertanya langsung ke perusahaan yang dituju. Keterbatasan informasi lowongan pekerjaan ini nggak heran membuat proses mencari kerja menjadi lebih lama dan terasa sulit.

Mudahnya Mencari Kerja dengan Adanya Internet Kencang

Nggak Lagi RIbet, Kini Cari Lowongan Kerja Online Lebih Mudah
Tapi, itu semua sudah berlalu, gengs. Berkat adanya koneksi internet membuat proses mencari pekerjaan jauh lebih mudah. Dalam hal waktu, tenaga, dan biaya tentunya. Bahkan, semua proses mencari pekerjaan, wawancara, sampai bekerja bisa dilakukan dari rumah.

Kalau dulu saya hanya mengandalkan koran dan pusat karir kampus untuk mendapatkan infromasi lowongan pekerjaan, saat ini kamu bisa mencari lowongan pekerjaan di berbagai platform. Seperti job portal, website perusahaan, job fair online, bahkan media sosial yang pada waktu itu hanya sebagai tempat mengunggah foto liburan, kini telah banyak digunakan untuk mengunggah lowongan pekerjaan.

Terlebih sejak pandemi banyak banget hal yang berubah berkat adanya koneksi internet yang semakin lama semakin kencang. Wawancara kerja juga bisa dilakukan secara online

Bekerja dari rumah bukan lagi hal yang aneh. Kalau ada tetanggamu yang selalu di rumah dan sering berbelanja online, mereka nggak ngepet ya. Tapi, kerja beneran dan halal haha

Cara Mencari Kerja Cepat dan Efektif

Dilansir dari situs tekno Pricebook, pada Agustus 2022 lalu, jika dibandingakan dengan tahun sebelumnya, di Indonesia jumlah angkatan kerja meningkat hingga 3,57 juta orang. 

Meski tidak membutuhkan usaha sebesar sebelumnya, mencari kerja secara online juga memerlukan persiapan yang baik. Supaya rekruter memiliki pandangan yang baik denganmu. Karena nggak bisa dipungkiri kalau ada banyak penilaian yang menambah poin plus di mata HR.

Nah, buat kamu yang sedang berjuang mencari pekerjaan, coba deh ikuti cara mencari kerja cepat dan efektif di bawah ini.

Nggak Lagi RIbet, Kini Cari Lowongan Kerja Online Lebih Mudah
1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Koneksi internet adalah hal utama yang harus kamu pastikan. Memilih provider internet yang tepat akan menentukan kelancaranmu dalam proses mencari kerja. Tentunya kamu nggak mau kan saat sedang melakukan wawancara tiba-tiba jaringan terputus?

Ada banyak provider internet yang bisa kamu pilih, seperti IndiHome dari Telkom Indonesia dan beberapa lainnya. Kamu bisa memilih layanan IndhiHome sesuai dengan kebutuhanmu hanya dari aplikasi.

2. Siapkan CV yang Menarik

Setelah memastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil, tips mencari kerja cepat dan efektif selanjutnya adalah mempersiapkan CV yang menarik. Untuk membuat CV yang menarik, kamu bisa melihat banyak contoh yang beredar di internet.

Beberapa website job portal memberikan contoh sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Ada yang memiliki desain yang menarik sesuai dengan karakter si pelamar, ada juga yang tampak biasa agar lebih mudah terbaca Applicant Tracking System (ATS).

ATS umumnya digunakan oleh perusahaan besar dengan banyak peminat. Software pengelolah kandidat ini memudahkan perekrut menemukan pelamar yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

3. Gunakan Job Portal serta Media Sosial

Saat ini ada banyak lowongan pekerjaan yang bisa kamu temukan di internet. Tetapi, pastikan untuk menggunakan job portal resmi untuk menghindari berbagai penipuan lowongan pekerjaan. Seperti Kalibrr, Glints, Indeed, Tech in Asia, LinkedIn, dan lainnya.

Selain job portal, kamu bisa mencarinya di media sosial. Kamu bisa menemukan akun khusus lowongan pekerjaan di Instagram dan Twitter. Bahkan, terkadang ada beberapa influencer yang mengunggah lowongan pekerjaan di akun pribadi mereka. Sekaranag ada banyak kesempatan menarik untuk bekerja dengan idolamu.

4. Evaluasi

Kalau kamu merasa sudah mengirim banyak lamaran tetapi nggak kunjung mendapatkan panggilan pekerjaan, tips mencari kerja selanjutnya adalah melakukan evaluasi. 

Evaluasi ini bisa kamu lakukan bertahap dari membaca ulang CV yang kamu buat. Apakah sudah menarik dengan mencantumkan keahlianmu yang lengkap? Apakah kurang ATS friendly untuk beberapa perusahaan?

Dalam melakukan evaluasi, kamu bisa meminta saran temanmu untuk mengecek CV kamu. Atau, saat ini kamu juga bisa mengikuti webinar atau workshop yang membahas cara membuat CV yang menarik. 

Pada kesempatan itu kamu bisa bertanya apa yang kurang dari CV kamu. Kalau ternyata CV kamu nggak menarik karena kurang keahlian dan sertifikat yang mendukung, kamu bisa mengikuti kursus online yang menyediakan sertifikat.

Mencari pekerjaan memanglah bukan hal yang mudah. Tetapi, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Selama kamu sudah berusaha dengan maksimal, kamu pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai denganmu. Jangan menyerah ya. Semoga berhasil!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

54 comments

Bambang Irwanto said…
benar sekali, Mbak. Zaman now cari lowongan kerja anti ribet. Justru lebih, mudah, cepat, dan hemat. Jauh sekali dibandingkan zaman saya dulu hehehe.
Makanya harus semakin semakin cari kerja. Apalagi kalau sudah didukung internet cepat.
Hallowulandari said…
yessss, betul banget, jaman sekarang tuh informasi loker betebaran deh di internet, tinggal kitanya yang pinter-pinter pilih dan pilah informasinya. Plus scale up skill yang sesuai sama kebutuhan jaman sekarang yaaa.
Sabrina said…
setuju banget mba sekarang mencari kerja tidak perlu lagi datang ke perusahaan atau bertanya ke teman-teman, kita bisa cek langusng by online bahkan mulai dari proses mengirimkan lamaran, wawancara sampai dengan proses pengisian data pun ketika lolos semuanya serba online, bahkan kerjanya pun bisa remote. dan semua itu berkat kemajuan teknologi yang namanya internet
Yonal Regen said…
Merasakan banget luar biasanya mencari kerja zaman dulu, semuanya serba manual mulai dari nulis lamaran sampai ngirimin via pos-nya.
Beruntung sekarang kita hidup sudah terkoneksi dengan internet, jadi proses melamar kerjaan pun bisa dilakukan secara online, which is sangat efektif dan menghemat waktu serta biaya
Aldhi Fajar said…
Lowongan kerja online makin mudah carinya sih. Dibandingin jaman dukubyg harus keliling tiap perusahaan untuk sekedar cari info loker. Internet mengubah segalanya, pelopornya pastilah IndiHome, internet cepat dan stabil
Tira Soekardi said…
Memang sangat dimudahkan. Dua anakku ya dapat pekerjaan dari online semuanya
Yonal Regen said…
Hwah alhamdulillah, congatulation Mbak Tira anak-anaknya sudah diterima kerja, dan semuanya melalui proses online, ya. Luar biasa
Fatimah Aqila said…
Huhu benar banget kak, dulu melamar kerja tuh kek ribet banget. Apalagi harus menyiapkan berkas macam-macam dan semuanya harus di print lagi. Untung banget ya sekarang dengan kehadiran teknologi serba canggih proses mencari kerja tidak lagi ribet semuanya bisa dilakukan secara online.
Gusti yeni said…
Yess banget ngalami dunk bikin lamaran pekerjaan pake surat dinera 90an....sekarang serba dimudahkan banget yaa....kebutuhan internet dirumah sdh spt kebutuhan pokok.
Gusti yeni said…
Iyess banget sekarang ga pake ribet cukup siapkan internet dg kualitas was wes wuss spt indihome. Tak lupa.kualitas diri juga perlu diasah jaman skrg persaingan tambah ketat yaa
Didik Purwanto said…
Internet cepat memudahkan hidup kita ya kak. Tentu keribetan hidup nggak akan kita terima lagi, apalagi pake koneksi internet cepat dari IndiHome. Was wus. Semua urusan beresss.
Fenni Bungsu said…
Evaluasi perlu dilakukan, apalagi udah lebih dari 2 misalnya kirim CV tapi masih belum dapat panggilan. Mungkin ada hal yang belum pas ya, dan bisa kreasikan lagi CV nya jadi lebih menarik pakai CV online yang ceki² nya pakai internet pastinya
Happy Hawra said…
jangankan buat yang penting banget kayak melamar kerja, buat scroll medsos aja kalau lemot bikin darah naik hahaa. alhamdulillah pakai IndiHome sejauh ini nyaman dan cepat
Kebayang akutu betapa banyak waktu dan biaya yang dihabiskan untuk mendapatkan pekerjaan di masa lalu. Beda banget sama sekarang. Semua serba mudah sama internet. Apalagi pilihnya provider IndiHome.
Happy Hawra said…
seru yaa, dengan kemudahan digital kita bisa berkreasi bikin CV. bukan nulis tangan di kertas polio yang bikin misuh-misuh kalau ada tulisan yang salah apalagi sampai miring wqwqwq
Siska Dwyta said…
Itulah enaknya kerja zaman sekarang ya Mbak. Apa-apa serba praktis bahkan bisa dilakukan di rumah aja, termasuk ketika henda mencari pekerjaan. Beda banget kayak dulu yang baru kebayang aja udah tahu gimana rempongnya
Hamimeha said…
aku sepekat jaringan ineternt ini di era sekrang dha kayak makanan sehari-hari, apalgi cari kerja lebih mudah dengan adanya jaringan inet sehingga bisa apply tanpa perlu print hehe
aku kebetulan lagi nyari contoh CV untuk apply dosen. Sekarang jadi makin banyak referensi di internet yaa berkat kecanggihan teknologi
Wahyuindah said…
Untung ya sekarang internet udah dekat dengan kita. Cari kerja jadi lebih mudah. Gak bisa dibayangin kalau gak ada internet. Informasi apapun jadi sulit diketahui
Dee_Arif said…
dulu, kalau mau cari lowongan kerja harus baca koran atau datang ke job fair
sekarang mencari lowongan kerja lebih mudah ya
cukup siapkan paket internet cepat sebelum berselanjcar di dunia maya
Wahyu Eko C said…
jaman dulu, capeknya nyari kerja terasa banget soalnya harus ngantar amplop berkas lamaran ke beberapa tempat, udah gitu peluang di panggil interview pun 1 banding 10. Bersyukur sekarang lebih mudah bisa kirim lamaran via email dan bahkan berkah pandemi mulai dilakukan wawancara online
Nimas Achsani said…
bahkan sekarang ada grup telegram yg isinya loker ya mbak, aku masih ada di dalamnya hahaha pertama gabung waktu lulus kuliah dulu, menurutku hal semacam ini memang sangat memudahkan ya, berbagai informasi bisa didapat dari akses internet cepat
Lowongan kerja yang membuat makin semangat karena bisa pilih dengan mudah dan informasi juga makin banyak
Wahyu Eko C said…
iya mas, dulu sempat ngerasain juga melamar kerja harus keliling beberapa tempat dan betapa susahnya dimasa itu
Hallowulandari said…
wahhh sungkem sama seniorrr! aku fresh grad 2014, dan masih hibrid modelnya, kirim lamaran online, tapi tetep tatap muka dan bawa berkas2 kan, klo sekarang mah udha lebih simpel ya
Han said…
Ngga kebayang sih dulu gimana kalo ngga ada internet, job fair sekarang pun bisa online lho yaa jadi kebutuhan internet ini udah kayak kebutuhan primer, untung banget ada IndiHome yang jangkauannya luas
Indra DP said…
Sekarang dengan internet cepat ngelamar kerja jadi lebih mudah. lowongan kerja sudah tersebar banyak di aplikasi kerja, job fair hingga web loker, dan bisa di apply secara online. era digital sudah sangat memudahkan bagi para pelamar kerja
Tri Handayani said…
Ya Allah... sebegitu melelahkannya ya mencari lowongan pekerjaan. Ketika nggak ada jawaban, harus menunggu dulu... Beruntung banget deh dengan serba internet sekarang ini, mencari pekerjaan terbaik sudah tidak sesulit dulu (Zen)
Yonal Regen said…
Whah doa terbaik untuk Kak Natih. Semoga dapat contoh CV terbaik untuk diadaptasi dan jadi bu dosen terbaik kelak
Kanianingsih said…
setuju kak, walau cari kerja online lebih mudah dan praktis tetap harus dipersiapkan dengan matang ya seperti membuat CV yang menarik
Bambang Irwanto said…
Alhamdulillah, sekarang mencari lowongan semakin dimudahkan di era digital ini ya, Mbak. Tidak perlu mengirim surat lamaran atau samperin langsung perusahaan. Beragam lowongan kerja sudah hadir, termasuk di platform kerja dan media sosial.
bener banget, sekarang udah ada internet semua jadi serba lebih mudah ya, apalagi soal nyari kerjaan :) bisa sambil rebahan di rumah juga hihi
Berkat internet kini semuanya lebih mudah. Kalau zaman sekarang masih harus ngirim lamaran secara konvensional, nggak kebayang borosnya karena harus ngeprint dan kirim2 surat lamarannya.
Nabilla DP said…
sekarang cari kerja lebih mudah ya berkat iternet cepat. bisa pakai aplikasi atau lihat dari media sosial saja sudah bisa ketemu lho ya
Sugianto said…
Betul sekali mbak, dulu kalau ngelamar kerja selalu habis biaya lumayan. Buat ngeprint, antar atau kirim lamaran, wawancara butuh biaya datang ke lokasi. Sekarang dari mencari dan mengirim sudah makin mudah. Cukup dengan memanfaatkan internet
Sabrina said…
Kerasa banget memang sekarang mencari lowongan kerja ga perlu capek-capek keluar rumah cukup dengan membuka layanan internet cepat dan stabil semua lowongan bisa diakses dengan mudah
Aldhi Fajar said…
Betul mas, sekarang lebih praktis, lebih mudah. bisa dari rumah asal pake Internet Cepat kayka IndiHome
Fenni Bungsu said…
Setuju kak,
Tingkatkan skill diri juga diperlukan, agar lebih mudah lagi peluang diterima bekerja ya
Arai Amelya said…
Berkat internet nih, jobseeker diuntungin banget. Mulai dari cari lowongan, urusan apply, cek info perusahaan, bahkan sampai bikin desain CV, semua bisa ditemukan bermodalkan internet. Apalagi kalau internetnya berkualitas cepat gitu ya, makin semangat cari kerja.
Kehadiran internet cepat memang ngebantu sekali, aku dan adekku merasakan manfaatnya. Cari kerja secara online dan melamar kerja juga secara online. Lebih hemat biaya maupun waktu sih.
Han said…
Bener bangett ngga kebayang gimana kalau ngga ada internet, udah makin2 dehh makin susaah bakalannya cari kerjaan, apalagi skrg kan serba online yaa kak
Lita Lestianti said…
Kalau saya info loker dari senior wkwkwk soalnya jarang banget lulusan saya ada info lokernya.. apalagi kalo ga ada lowongan cpns jd cari dari senior.. sekarang kayaknya lebih ganpang dan banyak dengan jurusan yang sama ya karena internet itu
Ria Nugros said…
Jadi inget dulu kalau melamar kerja repot harus kirim pos atau nitip ke pak satpam, hihi perjuangan sekali dulu. Sekarang sudah lebih mudah ya bisa dilakukan via online
Eko Prasetyo said…
Makin dipermudah ya kak untuk cari kerja.
Lewat gadget lebih praktis, dan bisa search alamat yang dituju.
Carilah yang sesuai passion dan jarak yang tidak terlalu jauh.
Erin Herlina said…
Mencari lowongan pekerjaan di era digital jauh lebih mudah. Bahkan ketika search salah satu keyword yang muncul bisa banyak banget. Jadi, internet kalau dimanfaatkan dengan baik maka dapat loker pun bisa sesuai dengan yang diharapkan.
Erin Herlina said…
Cari kerja memang makin mudah ya dengan hadirnya internet. Walau begitu tetap harus melakukan evaluasi terhadap CV yang akan dikirimkan karena pasti saingan juga banyak dan CV harus menarik.
Eka FL said…
berkat kemajuan internet sekarang nyari kerja bisa sangat mudah, efisien dan efektif ya asal tau trik nya. btw ternyata ada Applicant Tracking System (ATS) ya, aku baru tahu loh. nah kalo platform job portal ini aku tahu beberapa yang ada di artikel ini dan pernah nyobain juga. sekarang emang bener-bener mudah deh nyari kerja, gak seribet dulu.
Dee_Arif said…
Internet yang cepat dan stabil memudahkan kita mencari lowongan pekerjaan secara online ya mbak
Monica Anggen said…
Setuju banget! Pokoknya selama punya akses internet, ada banyak peluang kerja yang bisa kita temukan dan kita kerjakan. Bahkan banyak juga pekerjaan yang bisa dijalankan secara online
R Palupi said…
Alhamdulillah ya mbak. Dulu aku kerjaan pertama juga via online ngelamarnya. Alhamdulillah ketrima juga lho hehehe.
lendyagassi said…
Kebantu banget ya.. dengan adanya internet stabil dan cepat, semua bisa dilakukan, minimal membuat portofolio yang keren untuk diajukan ke pihak pencari kerja.
Internet cepat memang kebutuhan masa kini banget.
Hallowulandari said…
huwaa modal banyak ya mas, buat alat tulis plus ongkos-ongkos kirimnya, beruntung banget dengan kemajuan teknologi dan internet, semakin dimudahkan
sylvianayy said…
internet memang menjadi salah satu kebutuhan banget kalau lagi cari lowongan kerja, bisa lebih leluasa cari loker lewat internet, daftarnya juga bisa online, proses wawancara online, jadi harus kenceng internetnya
gemaulani said…
Bener banget, internet cepat memang jadi kebutuhan pokok saat ini. Soalnya membantu dalam berbagai aspek termasuk saat melamar pekerjaan