Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Wajah Berminyak Bikin Nggak Pede? Hindari Makanan Penyebab Kulit Berminyak Ini

Post a Comment
Wajah Berminyak Bikin Nggak Pede Hindari Makanan Penyebab Kulit Berminyak Ini
Memiliki masalah kulit berminyak, bagi sebagian orang terasa menyebalkan. Selain membuat tidak nyaman, permasalahan kulit berminyak juga mengganggu aktivitas. Memakai make up jadi sering pudar akibat minyak wajah. Alhasil, make up jadi nggak tahan lama dan perlu melakukan retouch dalam waktu tertentu.

Dilansir dari Hellosehat, kulit yang berminyak sebenarnya normal. Minyak pada kulit wajah atau yang biasa disebut dengan sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. 

Kelenjar ini dimiliki oleh setiap orang hampir di seluruh permukaan kulit tubuh. Dengan adanya sebum, kulit wajah menjadi lebih lembap dan terlindungi dari berbagai infeksi bakteri.

Namun, yang membuat banyak orang terganggu adalah produksi minyak wajah yang berlebih. Ada banyak penyebab wajah berminyak pada yang dapat menimbulkan berbagai masalah. Seperti menyumbat kotoran pada pori-pori kulit hingga menjadi penyebab munculnya jerawat.

Ciri-ciri Kulit Wajah Berminyak

Wajah Berminyak Bikin Nggak Pede Hindari Makanan Penyebab Kulit Berminyak Ini
Umumnya, untuk mengenali kulit berminyak sangatlah mudah. Ciri-ciri kulit wajah berminyak dapat terlihat dari wajah yang terlihat mengkilap. Pori-pori wajah pada pemilik kulit berminyak, biasanya terlihat lebih besar dan memiliki tekstur kulit cenderung kasar.

Masalah paling umum terjadi pada kulit wajah berminyak adalah banyaknya komedo di area hidung, dahi, dan dagu atau T-zone. Hal ini disebabkan pori-pori pada area tersebut tersemubat akibatan kotoran yang mudah menempel pada minyak berlebih.

Makanan Penyebab Kulit Berminyak

Saat memiliki permasalahan kulit seperti wajah yang berminyak, kebanyakan orang terlalu fokus pada perawatan kulit dengan menggunakan berbagai skincare. Padahal, makanan juga merupakan salah satu faktor penyebab wajah berminyak. Selain menggunakan skincare untuk kulit berminyak, yuk, coba hindari makanan penyebab kulit berminyak berikut ini.

1. Makanan Manis

Selain tidak baik bagi kesehatan penderita diabetes, makanan tinggi gula juga dapat menajdi penyebab wajah berminyak. Kadar hormon insulin yang tinggi memicu kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak. Untuk itu, jika kamu ingin mengurangi minyak pada wajah, hindarilah makanan manis berlebihan.

2. Gorengan

Wajah Berminyak Bikin Nggak Pede? Hindari Makanan Penyebab Kulit Berminyak Ini
Makanan penyebab kulit berminyak berikutnya adalah makanan yang mengandung minyak atau yang diolah dengan cara digoreng. Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kandungan lemak trans. Semakin tinggi lemak trans, maka semakin tinggi pula produksi lapisan lemak tipis pada kulit atau lipid.

Lipid merupakan penyusun minyak pada kulit. Sehingga, banyaknya lipid yang terpentuk, maka dapat membuat pori-pori kulit lebar dan mengeluarkan sebum berlebih. Kondisi ini pun dapat menjadi salah satu penyebab komedo hingga penyebab munculnya jerawat pada wajah.

3. Olahan Susu

Bukan hanya makanan manis dan gorengan, produk olahan susu juga wajib dihindari oleh kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Protein pada susu memiliki kandungan asam amino, leucine, valine, isoleucine, dan triptofan yang tinggi. Semua kandungan ini dapat membuat kadar hormon insulin meningkat dan menyebabkan produksi sebum berlebihan.

4. Tinggi Garam

Bagi kamu pecinta makanan asin yang gurih, cobalah untuk mempertimbangkannya jika kamu mmeiliki kulit wajah berminyak. Makanan tinggi garam adalah salah satu penyebab wajah berminyak.

Garam memiliki kandungan natrium yang dapat menyebabkan dehidrasi. Saat kulit kering karena dehidrasi, kelenjar minyak pada kulit akan memproduksi sebum lebih banyak untuk menjaga kelebapan kulit.

5. Makanan Berlemak

Makanan penyebab kulit berminyak berikutnya adalah makanan tinggi lemak terutama daging. Daging mengandung lemak jenuh yang mengadnung IGF-1 yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat memicu produksi kelenjar minyak hingga meningkatkan sebum pada kulit.
Wajah Berminyak Bikin Nggak Pede Hindari Makanan Penyebab Kulit Berminyak Ini
Memiliki kulit wajah berminyak membutuhkan perawatan khusus dari luar dan juga dalam. Bukan hanya menggunakan skincare untuk kulit berminyak, tetapi kamu juga perlu menghindari makanan penyebab kulit berminyak. Menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup juga akan banyak membantu lho.

Yuk, peduli dan cintai diri dengan merawat kulit sesuai kebutuhan~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

Post a Comment