Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Bukan Hanya Skincare, 10 Hal Ini Penyebab Munculnya Jerawat

1 comment
Bukan Hanya Skincare, 10 Hal Ini Penyebab Munculnya Jerawat
Teman-teman ada yang kulitnya sering berjerawat? Atau ada jerawat yang susah banget hilangnya? 

Kamu merhatiin nggak sih kalau sekarang banyak banget skincare yang fokusnya untuk mengatasi kulit berjerawat di pipi, dagu, dahi, hidung, dan lainnya? Bahkan, sepertinya hampir semua brand sedang gencar-gencaarnya mengeluarkan produk khusus mengatasi kulit berjerawat. 

Memang sih jerawat ini jadi penyebab paling banyak bikin orang nggak pede. Lagian, siapa sih yang nggak pengen punya kulit mulus tanpa jerawat? 

Salah satu cara mengatasi munculnya jerawat ini bukan hanya sekadar menggunakan skincare atau aspirin untuk mengobati jerawat, lho. Sebelum mengatasinya, kita perlu mengetahui lebih dulu, apa penyebab wajah kita muncul jerawat di wajah?

Karena pada dasarnya menggunakan skincare bukan satu-satunya cara untuk mengatasi jerawat di wajah. Ada banyak penyebab jerawat di wajah yang bisa kita hindari untuk membuat jerawat muncul. 
Sayangnya, masih banyak orang yang terlalu fokus mencari cara untuk mengatasi jerawat tanpa memedulikan penyebab utamanya. 
Nah, untuk mengatasi jerawat di wajah, yuk, ketahui terlebih dulu penyebab munculnya jerawat. Biar nggak kesel sudah menghabiskan banyak skincare, tapi nggak ada yang efektif. 
Bukan Hanya Skincare, 10 Hal Ini Penyebab Munculnya Jerawat

1. Faktor Genetik 

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah faktor genetik atau keturunan. Saat telah melalui fase pubertas, biasanya jerawat akan mulai mucul di beberapa bagian wajah. Kamu bisa memperhatikan kulit orang tuamu. 

Apakah mereka memiliki jerawat yang sama di bagian tertentu. Umumnya, jika seorang ibu atau ayah yang rentan memiliki jenis kulit berjerawat, anaknya akan berisiko untuk memiliki kulit berjerawat juga. 

2. Perubahan Hormon

Selain faktor genetik, perubahan hormon juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah. Biasanya remaja yang masuk fase pubertas akan mulai muncul jerawat. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon androgen yang dapat memicu produksi minyak meningkat.

Perubahan hormon ini akan membuat sel kulit menggeras dan menyumbat pori-pori. Sehingga menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan minyak berlebih tidak dapat keluar.

Jerawat juga dapat muncul karena beberapa kondisi yang disebabkan perubahan hormon selain pubertas, seperti menstruasi, kehamilan, dan pada penderita PCOS (sindrom ovarium polikistik).   

3. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Gula 

Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan munculnya jerawat. Kebiasaan makan ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi dan tidak disadari beberapa orang. 
Bukan Hanya Skincare, 10 Hal Ini Penyebab Munculnya Jerawat
Untuk itu kamu perlu menghindari makanan penyebab jerawat, seperti makanan tinggi gula, makanan cepat saji, coklat, makanan berminyak, dan beberapa makanan lainnya. Mengkonsumsi makanan tertentu berlebihan bukan hanya membuat jerawat muncul, melainkan juga memiliki efek buruk pada kesehatan tubuh. Munculnya jerawat menjadi salah satu pertanda pola makan yang tidak sehat. 

4. Sering Begadang

Setiap tubuh membutuhkan jam istirahat yang cukup. Umumnya orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam per hari. Kalau kamu memiliki waktu tidur yang kurang dari waktu ideal, tubuhmu akan merasa lelah dan stres. 

Saat tubuh lelah dan merasa stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol secara berlebih dan menyebabkan peradangan. Salah satunya pada kulit. Kondisi terburuknya, keadaan ini akan memperparah jerawat dan masalah kulit yang lain, seperti eksim. 

5. Menggunakan Produk yang Tidak Cocok

Saat memilih produk untuk kulit dan rambut, pilihlah produk yang tepat. Menggunakan produk yang tidak tepat akan membuat pori-pori tersembut dan menimbulkan komedo serta jerawat. Terutama bagi pemilik kulit berminyak. Penggunaan sunscreen untuk kulit beruntusan juga nggak boleh asal pilih, lho. 

Kamu juga perlu memperhatikan penggunaannya. Seperti saat menyemprotkan hair spray ke rambut, biasanya residu akan tertinggal di sekitar dahi dan menyebabkan komedo dan jerawat. Untuk itu, selalu gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit serta memiliki label non-comedogenic. 

6. Jarang Membersihkan Wajah

Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh kulit wajah yang kotor. Sehingga, menjaga kebersihkan kulit wajah merupakan hal yang wajib kamu lakukan jika tidak ingin wajahmu muncul jerawat. 

Kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori akan menyebabkan jerawat. Terutama jika kamu memiliki jenis kulit berminyak. Tetapi, bukan berarti sering mencuci wajah adalah hal yang baik. 
Bukan Hanya Skincare, 10 Hal Ini Penyebab Munculnya Jerawat
Sering mencuci wajah dapat membunuh bakteri baik dan menyebabkan kulit menjadi sensitif serta iritasi. Untuk itu, bersihkanlah wajah sewajarnya saja, ya. Buat kamu pemiliki kulit sensitif, kamu bisa menggunakan gentle cleanser supaya wajahmu tidak kering. 

7. Stres

Saat sedang mengalami stres, tubuh memproduksi hormon androgen secara berlebih. Hormon ini dapat merangsang kelenjar minyak serta kantong rambut pada kulit. Sehingga, menyebabkan munculnya jerawat di wajah. 

Stres juga dapat menyebabkan berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat, seperti merokok, makan secara berlebih, dan minum minuman beralkohol. 

8. Efek Samping Obat

Penggunaan obat tertentu dapat menyebabkan jerawat. Seperti obat antidepresan, kontrasepsi, obat yang mengandung litium dan kortikosteroid, dan antikejang. 
Bukan Hanya Skincare, 10 Hal Ini Penyebab Munculnya Jerawat

9. Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Tangan merupakan salah satu tubuh dengan banyak kotoran dan bakteri yang menempel. Kebiasaan menyentuh wajah degan tangan yang kotor dapat menyebabkan munculnya jerawat. Bukan hanya tangan saja, melainkan alat make-up yang kotor  dan ponsel yang kotor juga berisiko munculnya jerawat. 

10. Kebiasaan Merokok

Saat merokok, pembuluh darah akan menyempit dan asap rokok akan merusak sel kulit terluar. Sehingga, terjadi penyumbatan pori-pori dan menimbulkan jerawat. Kebiasaan merokok juga dapat memperburuk kondisi bekas jerawat serta membuat permukaan kulit tidak merata. 
Munculnya jerawat di wajah tidak serta merta hanya menggunakan skincare saja. Melainkan dengan menerapkan kebiasaan yang baik sehingga tubuh pun akan merasa lebih sehat. 
Jerawat yang muncul bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Atau ada kebiasaan buruk yang secara tidak sadar kita lakukan secara berulang. 

Nah, setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat di pipi, dagu, dahi, dan bagian lainnya, kamu akan lebih mudah mencegah munculnya jerawat kembali. 

Yuk, mulai mencintai dan merawat diri~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

Ikrom Zain said…
stress dan makanan yang berlemak itu salah satu faktor penting
klo stress biasanya banyak makan gorengan dan sejenisnya
lah akhirnya jerawat pada muncul dong huhu