Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Seafood, Makanan Andalan Keluarga untuk Perbaikan Gizi

3 comments
Seafood, Makanan Andalan Keluarga untuk Perbaikan Gizi
Sejujurnya, keluarga saya bukan tipikal keluarga yang doyan masak-masakan. Di rumah, kami makan makanan rumahan pada umumnya. Kalau kamu baca tulisan saya yang ini, Resep Simpel Tofu Telur Jamur Enoki, di situ saya cerita kalau ibu saya nggak pernah masak makanan yang aneh-aneh. Rawon, soto, sup, cah kangkung, dan sejenisnya.

Yang berujung, saya pun masaknya juga gitu-gitu aja haha. Meski berkat TikTok, saya jadi bisa coba-coba resep baru. Yang sayangnya, keluarga saya nggak ada yang cocok. Soal makanan nih emang bener ya sering bikin pusing. Satu rumah seleranya pada beda-beda semua jadi sering bingung mau masak apa. Karena sedih juga ya kalau buang-buang makanan.

Saya pribadi karena nggak makan daging merah dan nggak begitu ayam, jadi lebih suka masak sayuran dan lauk favorit saya adalah tempe kalau nggak telur. Please, meski terlihat sederhana ini uenak banget, gengs. Apalagi kalau makannya tempe dan nasi hangat. Beuh, the best lah!

Nah, tapi, kami setiap kali pergi makan di luar, seafood dan chinese food adalah menu yang paling sering kami makan. Kedua jenis makanan ini kami semua suka dan syukurlah nggak ada yang alergi. Tapi, palingan kadang kakak saya nggak bisa makan karena kolesterolnya lagi tinggi hehe.

Manfaat Mengonsumsi Seafood untuk Kesehatan

Seafood, Makanan Andalan Keluarga untuk Perbaikan Gizi
Karena keluarga saya lebih sering mengonsumsi ayam dan sejenisnya, bagi saya makan makanan laut atau seafood bisa menjadi momen perbaikan gizi. Haha bukan berarti makan ayam dan daging nggak bergizi, tapi buat saya yang nggak begitu suka makan ayam dan nggak bisa makan daging, makan seafood bakalan jadi momen yang spesial. Selain karena di rumah jarang banget masak seafood soalnya….mager lumayan ribet hehe.

1. Baik untuk Tulang dan Sendi

Makanan laut terutama ikan, memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Berdasarkan penelitian, asam lemak omega-3 dapat membantu sendi bergerak lebih baik. Hayo, siapa nih yang sering mengeluh sendinya kaku atau nyeri sendi?

Selain itu, kandungan ini juga naik untuk mengurangi sendi kaku akibat dari arthritis rheumatoid (radang sendi). Ikan laut juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat mendukung pertumbuhan tulang serta membantu menyerap kalsium lebih baik.

2. Menyehatkan Jantung

Bukan hanya baik untuk kesehatan tulang dan sendi, adanya asam lemak omega-3 pada makanan laut juga membantu membuat jantung lebih sehat. Mengonsumsi makanan laut secara tepat sesuai dengan anjuran dokter juga dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, Termasuk dalam menurunkan kadar lemak darah yang menjadi penyebab risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Kalau banyak orang beranggapan makan dapat meningkatkan mood, nah dalam hal ini, berkat adanya kandungan asam lemak omega-3, mengonsumsi makanan laut dapat menjaga kesehatan mental. Menurut studi, bukan hanya mencegah depresi, makan makanan laut dapat membantu mengatasi depresi, lho.

Hal ini dikarenakan asam lemak omega-3 bekerja meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin dalam otak. Hormon ini memiliki peran untuk menciptakan perasaan bahagia sehingga dpaat mencegah depresi.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat mengonsumsi makanan laut yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan kemampuan otak. Otak manusia membutuhkan docasahexanic (DHA) untuk mendukung pertumbuhannya. Dalam hal ini otak dibantu oleh asam lemak omega-3. Oleh karenanya, nggak heran kalau bayi dan anak-anak direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan laut terutama ikan.

Kepiting Saos Padang, Resep Kuliner Keluarga yang Bikin Ketagihan

Seafood, Makanan Andalan Keluarga untuk Perbaikan Gizi
Bisa dibilang kepiting saos padang adalah menu favorit keluarga yang selalu kami pesan kalau sedang makan seafood di luar. Supaya kamu juga ikut ketagihan, cobain deh resep kepiting saos padang ini.

Bahan yang dibutuhkan

  • 2 ekor kepiting
  • 5 sdm kecap manis
  • 4 sdm minyak (untuk menumis)
  • 4 sdm saus tiram
  • 2 lmbr daun jeruk
  • 1 butir telur (kocok)
  • 1 buah bawang bombay (iris tipis)
  • 5 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus sambal
  • 1 batang daun bawang (iris)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bahan untuk bumbu

  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara memasak

  1. Cuci kepiting hingga bersih. Lalu, rebus kepiting di dalam air mendidih selama 10 menit sampai matang. Kemudian angkat dan sisihkan terlebih dulu.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Masukkan bawang bombay, daun jeruk, dan bumbu halus. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan saus tiram, saus tomat, kecap manis, saus sambal, dan air. Kemudian aduk hingga merata.
  4. Masukkan kepiting. Tambahkan gula, merica, dan garam. Lalu, aduk lagi hingga merata sempurna.
  5. Tuangkan telur yang sudah dikocok serta daun bawang. Lalu, aduk hingga semua merata. Masak sampai kuah mulai mengental.
  6. Kepiting Saos Padang siap dinikmati!
Resep kepiting saos padang di atas bisa kamu nikmati berdua dengan kerabat. Duh, saya bayangin makan kepiting saos padang plus nasi hangat di hari Minggu pagi sambil nonton drama Korea kayaknya enak banget ya. Apalagi kalau cuacanya lagi hujan beuh, sempurna! Haha.

Nah, kalau kamu apa nih resep kuliner keluarga yang paling kamu suka? Apakah kamu dan keluarga juga suka seafood seperti saya? Yuk, bagiin resep kuliner keluarga favorit kamu juga. Nanti kita gantian cobain resepnya hihi.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

3 comments

Ainun said…
dari kecil saat diajak makan ke warung kaki lima yang khusus jualan seafood, aku suka nya cumi cumi yang dibumbu merah
denger juga kalau sering makan seafood, bagus buat kesehatan otak.
kaladianraharja said…
enak banget kepitingnya
fanny_dcatqueen said…
Berhubung kampungku itu daerah pesisir, di Sibolga, jadi ofkorslah seafood udah jadi makanan biasa setiap hari mba 😁 trutama ikan yaaa.

Dan bersyukurnya di Sibolga juga Aceh tempat aku lama tinggal, ikannya macem2. Dan muraaaah. Efek dari daerah pesisir tadi. Biasanya kalo mama dimasak gulai, atau bakar. Balado sesekali.

Sementara kalo kepiting, udang ,cumi, itu bukannya ga suka, tapi Krn kandungan kolesterolnya lebih tinggi, jadi kami makannya sesekali lah 😄, terutama udang sih fav bangetttt.

Kepiting aku suka, cuma males ngupasnya mba hahahahah.