Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Kegunaan Pasang GA4 untuk Blogger. Sudah Tahu?

1 comment
cara pasang GA4
Temen-temen, udah pada buka Google Analytics belum?

Hayoo, siapa yang belum pasang Google Analytics 4? Keburu Google UA hilang dan nggak bisa baca traffic blog kalian lagi. Ambyar deh kerja sama dengan berbagai brand yang biasanya memiliki syarat setor PV GA4 hihi.

Sebagai blogger, kita nggak bisa lepas dari yang namanya trafik. Ya, gimanapun juga, adanya Google Analytics membantu kita untuk lebih memahami blog kita.
  • Dapat audience dari mana?
  • Apakah organic search, social media, refferal, atau direct dari WA?
  • Halaman mana saja yang mereka kunjungi?
  • Di mana mereka tinggal?
  • Berapa lama audience stay di blog atau halaman tertentu
  • Gadget apa yang digunakan untuk membuka blog kita sehingga kita bisa membuat tampilan yang sesuai?
  • Dan informasi lainnya
Ibaratnya nih, dengan membaca data dari Google Analytics kita seperti berkaca, artikel seperti apa yang akan kita buat selanjutnya?

Kegunaan Pasang GA

kegunaan pasang GA4
Kalau kamu baru belajar mengenai website atau blog, mungkin kamu bakalan bertanya-tanya.
Kenapa sih harus pasang GA4? Apa coba pentingnya pasang GA4 untuk kita? Kan ada statistik di dashboard Blogger.
Dulu awal-awal saya ngeblog, saya juga tahunya buka statistik dari dashboard Blogspot. Bangga banget rasanya melihat angka 20ribu view per bulan waktu itu. Begitu ada tawaran kerja sama, saya dengan pedenya memperlihatkan angka tersebut dan memasang tarif yang sesuai.
page views dashboard blogspot
jangan percaya dengan angka ini gengs 🤣

Tapiiiiii, ternyata mereka meminta saya share page views (PV) via Google Analytics. Untung saja waktu itu saya sudah memasangnya (meski nggak begitu paham manfaatnya). Dan terkejut dong dengan perbedaan angka yang ada di dashboard Blogspot. Auto nggak enak dan malu banget hahaha.

Saya sempat nggak terima dengan perbedaan angka yang sangat besar. Di dashboard 20ribu views, di Google Analytics 8ribu views. Jomplang banget kan haha. Saya pun tanya ke teman blogger dan berusaha menerima.

Nah, ini beberapa kegunaan memasang GA4 di blog yang perlu kamu tahu supaya nggak malu kayak saya.
  • Memahami perilaku audience lebih detail
  • Mengetahui analitik web dan app
  • Menampilkan path analysis
  • Mengetahui engaged session
  • Membuat conversion rate optimization dengan predictive model
  • Membuat audience targeting lebih spesifik
  • Integrasi dengan Google BigQuery

Kagok Utak-atik GA4 Sendiri

cara pasang GA4
Sebelum countdown di Google Analytics muncul, saya sudah memasang GA4 terlebih dulu. Saat itu karena muncul notif di atas pemberitahuan versi terbaru dari Google Analytics, yaitu GA4.

Karena penasaran, saya pun browsing cara memasangnya. Waktu itu saya cuma kepo dan belum begitu paham kegunaan dari GA4 ini untuk blog saya. Maklum yak, jarang banget nengokin analytics kalau nggak ada kerja sama haha.

Dan bertemulah salah satu artikel dari teman blogger. Saya ikuti step-stepnya hingga memasang GTM dan berhasil. Setelahnya pun saya lupakan begitu saja.

Waktu saya sedang ada artikel kerja sama yang membutuhkan setor PV, saya baru membuka Google Analytics. Dan yang diminta adalah PV GA-UA. Eh, ternyata ada data yang nggak muncul di Google UA di periode seharusnya saya setor PV. Asli, ini bikin kelabakan banget.

Data di GA4 saya muncul. Kata seorang teman mungkin waktu saya memasang GA4 ada kode yang terhapus.

Untungnya, saya diperbolehkan menyetor PV dari GA4. tapiiii, lagi-lagi karena nggak paham dengan GA4, saya nggak bisa export data dari GA4. Duh, malu banget! Saya sudah utak-atik dan browsing nggak nemu juga. Alhasil, saya pnun menyetornya PV dengan cara di-screenshot. Huhu malu-maluin. Untung aja mbaknya baik ngebolehin aku report pake format screenshot.

Ikutan Kelas BRT Network Cara Pasang GA4

kelas BRT Network
Dari kejadian itulah, akhirnya saya mau nggak mau harus banyak utak-atik GA4. Tapi, yang namanya belajar otodidak kan nggak selalu mulus yak. Justru makin banyak bingungnya haha.

Setelah request dan sekian lama menunggu, kemarin BRT mengadakan kelas online cara pasang GA4. Karena ini pertama kalinya ikutan kelas BRT Network, saya excited banget.

Pematerinya adalah Punto Wicaksono a.k.a Mas Pewe sebagai SEO specialiast. Di kelas ini Mas Pewe sharing gimana cara memasang GA4 untuk platform Blogger dan Wordpress. Kelas ini bakalan berkelanjutan ke materi yang lebih spesifik. Kemarin memang lebih fokus ke cara pasang GA4 terlebih dulu.

Karena Mas Pewe langsung praktek, saya sendiri pun mencoba untuk sambil membuka Google Analaytics. Meski sudah memasang, saya penasaran aja, apakah cara pasang GA4 saya sudah benar atau belum.

Selama praktek kendala saya adalah ukuran share screen yang terlalu kecil dan nggak adanya file recording. Sempat agak bingung waktu ketinggalan karena sambil nyobain. Tapi, kelasnya sangat kondusif dan kita bisa langsung tanya masalah selama pemasangan. Bahkan, Mas Pewenya sabar banget nungguin kita benerin sesuai step-stepnya hihi.

Setelah kelas ini, enaknya ikutan kelas BRT Network adalah adanya pilihan mau ikutan kelas remidian yang bakalan diadakan Selasa, 20 Juni 2023 jam 7 malam atau kelas lanjutan di hari Kamis, 22 Juni 2023 di jam yang sama. 

Bukan cuma kelas cara pasang GA4, tapi juga bakalan ada kelas SEO di tanggal 23 Juni 2023 jam 7 malam. 

Saya pribadi karena sudah memasang GA4 dan datanya jalan, pengen banget ikutan kelas lanjutan. Biar lebih tahu manfaat dan fitur-fitur GA4 ini. Biar nggak kagok kalau butuh report brand hehe. 

Kamu gimana nih? Sudah pasang GA4 juga? Kalo belum, yuk upgrade ilmu bareng di kelas BRT Network!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

  1. belum pasang mbak, kemarin ga ikutan kelas BRT. Banyak temen blogger yang posting artikel setelah mengikuti kelas BRT, jadi aku ikuti dulu manual, agak bingung juga yak kalau ngerjain sendiri hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment