Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

9 Makanan Khas Turki Terpopuler yang Menggugah Selera

2 comments
makanan khas turki
Saat berlibur ke luar negeri, mencicipi makanan khas negara tersebut menjadi salah satu yang perlu dilakukan selain menyambangi berbagai destinasi wisata. 

Hal ini tentunya berlaku ketika kamu berlibur ke Turki. Apalagi, Turki merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim seperti Indonesia. Dengan begitu, akan mudah bagi kamu jika ingin mencari makanan halal serta cocok dengan lidah orang Indonesia.

Untuk berlibur ke Turki, kamu bisa menggunakan pesawat terbang karena banyak maskapai yang memiliki rute ke sana, salah satunya adalah Turkish Airlines

Agar lebih praktis, kamu bisa booking online tiket pesawat lewat Traveloka. Dengan memesan via Traveloka, kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba harus mengubah ataupun membatalkan jadwal penerbangan. Sebab, untuk melakukan reschedule maupun refund pembelian tiket pesawat, prosesnya sangat mudah menggunakan Traveloka.

Perlu kamu tahu, makanan khas Turki sendiri punya cita rasa dari berbagai kawasan seperti Timur Tengah, Balkan, Asia Tengah, hingga Eropa Barat. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Turki yang wajib kamu cicipi saat berlibur di Turki!

1. Baklava

kuliner baklava turki
Buat kamu penggemar makanan manis, wajib banget mencoba makanan khas Turki yang satu ini. Baklava sendiri memiliki bentuk seperti pastry yang kotak dan berlapis-lapis. 

Perpaduan tekstur yang empuk, renyah, dan creamy membuat Baklava sangat nikmat buat disantap. Isian pada Baklava diketahui terdiri sirup manis dan kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, maupun pistachios.

2. Simit

kuliner turki simit
Simit merupakan makanan khas Turki yang tampilannya mirip dengan donat. Yang membedakan Simit dengan donat adalah tekstur, ukuran, topping, maupun rasanya. 

Untuk membuat Simit pun cenderung berbeda dengan donat karena adonannya langsung bercampur dengan sirup buah. Hal ini tentunya tidak sama dengan donat yang langsung dipanggang ataupun digoreng sebelum diberikan topping.

Setelah dicampurkan dengan sirup buah, adonan Simit akan masuk ke panggangan serta diberikan taburan wijen. Simit biasanya disantap bersama keju, sayuran segar, maupun buah-buahan. Simit paling enak disantap saat minum teh ataupun saat sarapan.

3. Nohutlu Pilav

kuliner turki Nohutlu Pilav
Ini merupakan makanan khas Turki yang merupakan kombinasi dari nasi, mentega, dan kacang. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan seperti kacang arab, bawang bombay, minyak nabati, dan nasi putih. 

Untuk toppingnya, kamu bisa menambahkan potongan daging dan sayuran segar dan memasaknya seperti membuat nasi goreng.

4. Kokoretsi

kuliner turki Kokoretsi
Makanan khas Turki yang satu ini menggunakan bahan dasar daging kambing ataupun domba yang dimasak bersama dengan jeroannya. Untuk lilitan membuat Kokoretsi, kamu harus memakai usus kambing maupun domba. 

Selain daging, butuh bahan-bahan lainnya dalam membuat Kokoretsi seperti oregano, perasan lemon, garam, minyak zaitun, dan lada.

Setelah dililit, Kokoretsi ini dipanggang ataupun dibakar dengan bara api di atasnya sampai matang dan dapat disantap. Untuk menyantap Kokoretsi, biasanya bersama roti baguette yang ditaburkan paprika dan oregano.

5. Gozleme

kuliner turki Gozleme
Gozleme adalah makanan khas Turki berupa roti pipih dengan isian daging, sayuran, dan keju. Roti pipih dengan isian ini kemudian digulung sebelum dimasak. 

Sepintas, makanan ini terlihat mirip dengan martabak telur, namun diisi dengan lebih banyak daging. Gozleme ini dapat disantap dalam kondisi panas maupun ketika sudah dingin. Gozleme biasanya disantap sebagai camilan untuk menemani waktu bersantai.

6. Dondurma

kuliner turki Dondurma
Dondurma adalah es krim khas Turki yang sudah mudah dijumpai di Indonesia. Meski begitu, menyantap Dondurma langsung di negara asalnya pasti akan lebih berkesan. Yang berbeda dari es krim pada umumnya yang menggunakan susu sapi, Dondurma memakai bahan dasar susu kambing.

Selain itu, Dondurma di Turki pada umumnya tidak menggunakan cone, melainkan dihidangkan bersama Baklava. Dondurma sendiri cenderung punya rasa yang creamy, manis, dan chewy karena memakai bumbu salep dari bunga anggrek.

7. Kumpir

makanan khas turki Kumpir
Kumpir merupakan makanan khas Turki berupa kentang panggang yang diisi dengan kacang, sayuran, daging, keju, serta bahan lainnya. Karena bahan dasarnya kentang, menyantap Kumpir akan terasa cukup mengenyangkan perut. Kamu bisa dengan mudah menemukan kumpir di kios penjaja kaki lima ketika berlibur di Turki.

8. Pide

kuliner turki Pide
Makanan yang satu ini memiliki julukan sebagai pizza khas Turki. Hanya saja, yang sedikit berbeda dengan pizza adalah bentuk Pide menyerupai bentuk daun karena memanjang dan terlipat. 

Untuk membuatnya, adonan Pide ini dipanggang menggunakan kayu bakar sehingga aromanya terasa lebih kuat. Adapun, topping untuk melengkapi Pide antara lain daging domba cincang, sayuran, keju, partami, dan telur.

9. Lokum

kuliner turki Lokum
Lokum adalah makanan khas Turki yang menggunakan bahan dasar gula, madu, dan tepung sehingga punya cita rasa manis saat disantap. Tekstur Lokum sendiri cukup kenyal dan mirip dengan jeli. Lokum ini memiliki tampilan yang menarik dengan ragam bentuk yang menggoda. 

Lokum yang juga dikenal sebagai Turkish Delight ini punya banyak varian rasa seperti kayu manis, mint, lemon, air mawar, dan jeruk. Lokum biasanya disantap sebagai camilan saat bersantai.

Itulah 9 makanan khas Turki terpopuler dan wajib dicoba saat berlibur ke sana. Kira-kira kamu paling tertarik mencicipi makanan khas Turki yang mana?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

  1. Turkiye ini memang negara yg asyiiiik buat wisata, tapj jujur aku ga cocok blaaas Ama makanannya 不不不不. Biasanya aku ga rewel soal makanan, tapi trakhir ke turkiye, langsung langsing badan Krn ga cocok 不不

    Turkish deligjtnya maniiis bangettttt, manis yg kelewatan. Dan aku ga sanggub nelennya.

    Baklava juga muaniiiis.

    Yg aku cocok cuma salad dan buah mereka. Aku akuin semuanya segar dan enak.

    Kebab ada yg enak, ada yg bau dagingnya kuat luar biasa, sampe seolah nyium kambing atau sapi beneran 不. Yg bikin tambah ga cocok mereka ga suka pakai bumbu, jadi mostly makanannya hambar .

    Cuma aku akhir2 ini cari penerbangan yg transit di Istanbul trus mba, Krn tiket penerbangan ke eropa LBH murah lewat turkiye. .Januari mau eksplor Kaukasus, , itu juga aku bakal transit lagi di Istanbul. Cuma Skr mah, kalo ada rte turkiye aku bakal bawa abon atau sambel 不

    ReplyDelete
  2. namanya unik-unik, dan aku belum cobain semua
    Enaknya kalau pergi ke negara yang mayoritas muslim, kita nggak perlu bingung mencari makanan ya. Apalagi jajanan kayak gini yang pastinya mudah ditemui.
    Aku penasaran sama Baklava, bentukannya kayak pia

    ReplyDelete

Post a Comment