Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Ingin Hilangkan Bekas Luka? Sudah Coba Cara Ini?

2 comments
cara hilangkan bekas luka
Teman-teman ada yang punya bekas luka yang susah hilang nggak sih?

Dulu waktu SMA dan baru bisa naik motor, saya sempat nekat pergi perlengkapan buat mos. Sebenarnya saya diminta untuk menunggu ibu setelah maghrib. Tapi, yaaa namanya orang nggak sabaran akhirnya saya sok-sokan berangkat sendiri.

Selama perjalanan jelas saya deg-degan. Disalip motor dikit udah langsung tegang. Nggak perlu ditanya lagi cerapa kecepatannya, pokoknya pelan banget haha. Beruntungnya saya sampai di tempat beli bendera dengan selamat. Setelah selesai membeli, saya pun pulang.

Baru juga nyalain motor dan jalan bentar, ada motor yang nyalip saya kenceng banget. Akhirnya saya kaget dan bikin motor oleng. Saya pun terjatuh. Kalau dilihat, lukanya sebenarnya nggak parah. Tapi, bekas lukanya masih ada sampai sekarang.

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

menghilangkan bekas luka yang menghitam
Bagi sebagian orang, punya bekas luka itu, kalau menurut bahasa anak zaman sekarang, nggak estetik. Apalagi untuk mereka yang ditutut pekerjaan memiliki penampilan yang sempurna. Bekas jerawat yang kecil aja bisa bikin nggak pede, apalagi bekas luka yang menghitam karena dibiarkan selama bertahun-tahun?

Supaya bekas luka nggak menghitam, ada baiknya saat kamu terluka (pada kulit ya bukan hati), kamu harus segera mengobatinya. Tapi, kalau sudah terlanjur menghitam gimana? Apakah bekas luka yang menghitam bisa dihilangkan? Bisa dong.

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka yang menghitam yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Vitamin E

manfaat vitamin e
Cara menghilangkan bekas luka yang paling populer dilakukan adalah memberikan vitamin E. Vitamin E tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi kamu juga bisa langsung mengaplikasikannya pada bekas luka.

Meski tidak memberikan hasil yang signifikam, memberi vitamin E pad abekas luka dapat membantu menyamarkan bekas luka perlahan. Kamu dapat mengoleskan vitamin E pada bekas luka dan melakukan pemijatan ringan selama 10 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat sampai bersih.

2. Eksfoliasi dengan Scrub

manfaat scrub
Bekas luka yang menghitam biasanya terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati. Kalau kamu memiliki bekas luka, kamu nggak perlu khawatir karena dapat menghilangkannya dengan rutin menggunakan scrub.

Selain memiliki aroma yang menenangkan, scrub dengan bahan dasar kopi dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Gunakan scrub kopi dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengoleskan Krim OTC

skincare untuk bekas luka
Kalau kamu sudah mencoba menghilangkan bekas luka dengan dua cara dia atas namun nggak juga berhasil, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit atau krim Over The Counter (OTC). Krim OTC umumnya dijual bebas tanpa membutuhkan resep dokter. Krim OTC untuk bekas luka yang bisa kamu coba adalah Bio-Oil, Dermatix, Mederma, Melanox, dan lainnya.

4. Silikon Gel

silikon gel
Saat memiliki luka baru, kamu bisa menggunakan silikon gel untuk menghilangkan bekas luka. Silikon gel dapat menyamarkan dan mengecilkan bekas luka. Hal ini karena silikon gel bekerja untuk melindungi luka dari udara dan sinar matahari yang dapat membuat luka semakin melebar.

Dalam proses penyembuhan luka dibutuhkan sel melanin, yaitu sel yang bertugas memberikan pigemn kulit. Tetapi, sel melanin dapat bekerja terlalu aktif saat terkena sinar matahari atau goresan.

Oleh karenanya, memberikan silikon gel pada bekas luka akan membantu menjaga luka melebar sehingga akan cepat sembuh. Namun, perlu diingat silikon gel dapat efektif digunakan saat luka sudah mengering setelah muncul kulit mati.

5. Microneedling

microneedling adalah
Selain empat cara di atas, kamu juga bisa melakukan microneedling untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan cepat dan maksimal. Perawatan ini menggunakan jarum halus untuk menusuk kulit dan menciptkan trauma kecil sehingga mendorong lapisan kulit yang lebih dalam untuk melakukan regenerasi. Untuk perawatan bekas luka ini kamu bisa melakukannya di klinik estetika.

Memiliki bekas luka memang terkadang membuat kita merasa risih karena mengganggu penampilan. Menghilangkan bekas luka yang menghitam bisa kamu lakukan secara mandiri atau mengunjungi Aesthetic Center untuk hasil yang lebih optimal dan cepat, seperti di RS EMC.

Memiliki bekas luka memang bukan hal yang memalukan, tapi, kalau bisa dihilangkan dan membuatmu tampil lebih percaya diri, kenapa nggak?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

Ainun said…
bekas luka yang susah ilang kadang bikin kesel mbak
aku ada bekas luka kena knalpot dari SMA dan sampe sekarang masih ada. Dulu waktu awal kena, pengen nangis hahahaha, ternyata kena knalpot panas susah ilangnya
Sigarmas said…
Terima kasih tipsnya, kebetulan ada bekas luka dikaki karena kena kenalpot. Sepertinya memang tidak terlalu sulit