Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Yuk Jualan Online, Situs yang Dukung Seller #NaikKelaz

42 comments
jualan online untuk pemula
Teman-teman ada yang pernah cobain bisnis modal kecil?

Dulu waktu zaman kuliah, saya pernah mencoba bisnis modal kecil dengan jualan lensa wide untuk hp. Awalnya ide bisnis modal kecil ini nggak sengaja saya lakukan. 

Saya yang suka fotografi ini, waktu itu mencoba membeli lensa wide untuk keperluan pribadi. Karena saya sering menggunakannya di kampus tanpa saya sadari ternyata teman-teman tertarik untuk membeli juga.
Eh, bisa nih aku jadiin ide bisnis.
Kebetulan saat itu om saya memiliki usaha jualan aksesoris hp. Jadi, saya nggak perlu repot mencari supplier lagi. Kondisi ini memudahkan saya melaksanakan ide binsnis karena saya tinggal mengambil barang dari om saja hehe. Enaknya lagi adalah saya bisa membayar setelah jualan saya laku.

Sebagai manusia yang nggak mau rugi, saya juga nggak menimbun stok. Bisa dibilang pada ide bisnis ini saya sebagai dropshipper. Pada saat itu yang saya lakukan adalah mencatat teman-teman yang ingin membeli. Keesokan harinya saya baru mengambilnya dari toko om saya. Sangat sederhana dan nggak ada ruginya bukan? Hihi.

Tips Jualan Online dengan Modal Kecil

cara bisnis online
Setelah jualan lensa wide hp, saya sempat berjualan barang lainnya beberapa kali. Beberapa ide bisnis yang pernah saya lakukan, seperti baju bekas, kerudung, baju, tas, dan lainnya. Semua yang saya sebutkan di sini bisa kamu jadikan ide bisnis modal kecil lho.

Dulu mah, saya hanya bisa mengandalkan koneksi, alias teman-teman saja. Atau, buka lapak di sekitaran CFD karena nggak butuh modal yang besar. Hanya bermodal membuka bagasi mobil hehe. 

Tapi, zaman sekarang jelas berbeda jauh. Sekarang kita bisa memanfaatkan platform online untuk jualan. Bukan hanya media sosial, tapi juga e-commerce sebagai platform jualan online untuk pemula.

Kalau kamu sedang mencari tips bisnis modal kecil untung besar, ini beberapa cara bisnis online yang pernah saya lakukan.

1. Tentukan Produk

bisnis modal kecil
Kalau mau jualan online, jelas kamu harus tahu produk yang bakalan kamu jual. Di sini produk yang dimaksud nggak harus berupa produk fisik. Kamu juga bisa menjual produk digital di platform online.

Menentukan produk jualan online untuk pemula sebaiknya adalah produk yang sudah kamu ketahui atau kamu pakai sehari-hari. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam menjelaskan produk pada customer. Seperti cerita saya, saya menjual lensa wide hp karena sudah paham dan biasa menggunakan lensa wide.

Untuk mendapatkan produk ide bisnis modal kecil, kamu bisa memilih cara di antara ini:
  • Manfaatkan relasi untuk mendapatkan supplier
  • Menjadi dropshipper tanpa harus memiliki stok
  • Menerapkan sistem PO

2. Buat Desain Toko

bisnis modal kecil
Meski tidak memiliki toko fisik, toko online memerlukan desain logo dan banner untuk ditampilkan di website. Beruntung saat ini ada banyak aplikasi desain yang bisa kamu gunakan untuk membantu ide bisnis milikmu semakin berkembang. 

Saya pribadi sering menggunakan aplikasi Canva untuk keperluan desain. Menariknya, di Canva juga sudah tersedia berbagai template yang bisa langsung digunakan sesuai dengan kebutuhan.

3. Share Ke Media Sosial

ide bisnis modal kecil 2
Punya media sosial saat ini nggak hanya untuk upload perjalanan traveling. Tapi, juga bisa kamu manfaatkan untuk share produk jualanmu. 

Apalagi saat ini ada banyak fitur baru di media sosial yang tersedia. Seperti link pada story Instagram yang bisa kamu arahkan langsung ke toko onlinemu. Dengan adanya media sosial, kamu juga bisa mengembangkan berbagai ide bisnis. 

Untuk memaksimalkan media sosial, kamu bisa mengemasnya produk jualanmu menjadi konten yang menarik. Misalnya, kalau kamu berjualan produk rumah tangga, kamu bisa membuat thread di Twitter berupa produk rekomendasi yang wajib dimiliki anak kosan.

4. Maksimalkan dengan Iklan

jualan online untuk pemula
Nggak bisa dipungkiri kalau berjualan online juga susah-susah gampang. Selain mengandalkan cara organik, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan dan live streaming pada platform e-commerce.

Fitur iklan ini akan membantu toko onlinemu lebih mudah ditemukan. Range iklan yang ditawarkan pun beragam dari yang puluhan ribu sampai jutaan. Di sini kamu bisa menyesuaikannya dengan budgetmu.

Lazada, Platform Khusus Seller yang Ingin #NaikKelaz

bisnis modal kecil
Platform yang tepat bisa memberikan bisnis modal kecil untung besar dengan maksimal. Salah satu platform jualan online yang bisa kamu gunakan adalah Lazada sebagai platform e-commerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia.

Di Lazada jualan online bisa lebih mudah karena para seller akan dibantu dengan adanya situs Yuk Jualan Online, yaitu blog yang memiliki berbagai artikel cara bisnis online berupa update dan tips tentang wawasan jualan online hingga strategi bisnis online.

Dengan bantuan berbagai artikel di situs Yuk Jualan Online, tentunya kamu sebagai seller pemula akan terbantu. Di situs tersebut selain dapat mempelajari cara membuka toko di Lazada, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya:
cara bisnis online
  • Mendapatkan artikel yang berisi cara dan tips cara bisnis online
  • Mendapatkan inspirasi ide bisnis modal kecil
  • Bergabung dengan komunitas Lazada Club untuk sharing seputar bisnis dan update eCommerce terbaru
  • Bergabung dengan AKAR Digital sebagai wadah pelatihan dan mentoring untuk para seller yang ingin #NaikKelaz serta meningkatkan literasi eCommerce.

Cara Membuka Toko Online di Lazada

ide bisnis modal kecil
Cara bisnis online di Lazada bisa kamu lakukan dengan mudah. untuk membuka toko online di Lazada kamu cukup menyiapkan dokumen seperti KTP dan buku tabungan. Berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuka toko online di Lazada.
  1. Buka situs lazada.com atau klik https://sellercenter.lazada.co.id/ untuk membuka Lazada Seller Center
  2. Kemudian kamu bisa masukkan nomor ponsel yang dapat menerima kode OTP melalui SMS. Masukkan kode OTP.
  3. Pilih tipe Seller: Individu untuk Seller individu atau Perusahaan untuk corporate
  4. Masukkan alamat e-mail dan password untuk membuat akun baru
  5. Setelah masuk pada halaman utama, tuliskan alamat toko sebagai tempat penyimpanan stok barang untuk penjemputan barang (Alamat Gudang). Tuliskan juga Alamat Bisnis serta Alamat Pengembalian.
  6. Pastikan pada halaman utama kamu mengunggah foto KTP dan mengisi data Informasi ID secara lengkap hingga data bank.
  7. Lakukan verifikasi toko dengan mengecek e-mail.
  8. Lengkapi profil toko dan unggah produkmu untuk mulai berjualan.

Kesimpulan

ide bisnis
Nyatanya saat ini nggak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar. Dengan bantuan platform eCommerce seperti Lazada, memiliki bisnis toko online kecil-kecilan pun bisa mendapatkan untung yang besar jika dimanfaatkan dengan maksimal.

Sebagai pebisnis pemula, kamu perlu bergabung dengan komunitas dan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan mentoring. Bergabung dengan komunitas akan banyak membantumu berkembang lebih cepat. Untuk mendapatkan informasi seputar bisnis dan eCommerce kamu bisa mengandalkan situs Yuk Jualan Online dari Lazada.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

42 comments

Ainun said…
Enaknya di Lazada, seller juga diajari buat tips sukses berbisnis ya
Dulu aku mikir kalau mau buka bisnis, kudu punya modal yang gede
beruntung sekarang ada platform seperti Lazada yang membantu seller untuk mengembangkan bisnisnya
Luluk Sobari said…
Saya ada rencana untuk jualan online Kak. Produknya pengen buat sabun homemade berbahan alam. Pengennya nanam sendiri sih bahannya, seperti seledri gitu. Mungkin nanti saya bisa memanfaatkan Lazada ya Kak untuk jualan onlinenya.
Fenni Bungsu said…
Manfaat medsos buat pasarkan bisnis memang ide brilian, apalagi bareng pula gunakan Lazada biar pengembangan bisnisnya lebih luas jangkauannya
Jurnal Bermain said…
Jujur kalau masalah bisnis kecil dari dulu aku ngga bisa wkwkwkwk. Cuma kalau jualan online belum coba, sih. Apalagi kalau di Lazada jyga dapat semacam pembinaan ya
lendyagassi said…
Zaman digital begini terbuka banget kesempatan untuk membuka usaha dengan modal minimum. Semoga semuanya berkah dan amanah sehingga modalnya bisa diputar terus menerus dan lama-lama Toko Online di Lazada-nya semakin spesifik barangnya.
Didik Purwanto said…
Aku dulu jg ikut jualan online pertama kali Lazada. Brg cepat laku lagi. Dulu tuh ikutan flash sale ponsel. Trs aku jual lagi dengan margin tertentu. Seru bgt. Mayan tuh bs nambah2 beli pulsa/bayar listrik rumah.

Rencana sih tahun depan mau online-kan produk2 yg lagi kurancang sih. Semoga usahaku bs segera naikkelaz jg nih.
Okti Li said…
Sekarang kalau melek digital memasarkan sesuatu justru lebih mudah ya. Selain bisa lewat sosial media juga banyak platform e commerce macam Lazada yang membantu kita untuk memasarkan apa yg akan kita jual
Bambang Irwanto said…
Keren yang dilakukan Mbak Dea. Jadi jualan, tanpa harus keluar modal dulu, dan dijamin tidak rugi. Dan memang bagusnya seperti itu ya, Mbak. Istilahnya, ada uang ada barang.
Tapi jualan sekarang memang lebih dimudahkan. Memang dulu bisa jualan di CFD, tapi ya itu butuh waktu dan tenaga juga. belum lagi kalau hujan, dan sekarang panasnya menyengat. Jualan online sangat terbantu juga dengan media sosial, termasuk platform jualan online.
Fenni Bungsu said…
Berapapun modalnya sebenernya bisa ya untuk memulai berbisnis apalagi bareng Lazada, sehingga gak ragu dan galau lagi deh
Shinta Shyntako said…
mantap juga nih ide bisnisnya, gak perlu modal besar buat yg baru mau merintis bisa bgt dicoba nih tipsnya
Bunda Saladin said…
Aku tuh paling suka belanja di Lazada dan mau nyoba jualan buku di Lazada juga. Enak soalnya. User friendly.

Kalau mau jualan juga sebenernya ga butuh modal besar ya.
Luluk Sobari said…
Betul sih, sekalipun jualan online kita tuh harus memilih dengan baik produk apa yang mau kita jual. Dan kita perlu punya produk knowledge. Dulu semlat jualan online, tapi karena dua hal ini gak diperhatiin dari awal. Ya akhirnya gak berhasil.
Yuni BS said…
Beberapa temanku sering nih belanja di Lazada. Jadi kalau pun kita memutuskan buat jualan di Lazada. Kayaknya emang potensial banget. Marketnya luas.
ANGGITA RAMANI said…
Ternyata banyak keuntungan ya kalau jualan online di Lazada. Sampai ada bimbingan yahg 90 hari itu lo, kan sangat membantu seller baru
Aldhi Fajar said…
Banyak ilmu dan manfaat yang bisa diambil dr blog Lazada yukjualanonline. Aku jadi tau elemen elemen penting yang harus dilakukan ketika ada ide bisnis jualan online.
Kyndaerim said…
Sekarang mah kalo mau berbisnis cukup buka hp aja ya, Kak. Lazada nih platform eCommerce jualan online no. 1 Indonesia yg bisa bantu pemula berjualan lewat situs Yuk Jualan Online nya. Top!
Han said…
Aku dulu juga pernah jualan barang kek gini, mulai dari baju2 gamis, jilbab, sampe ke makanan frozen. Tapi ya gituu hihi belum kenal sama Lazada, jadi akhirnyaa kukut alias bangkrut hahaha
Dee_Arif said…
Jualan online di Lazada emang paling oke ya mbak
Biar tetap bisa menghasilkan cuan ya mbak
Kalau ada bisnis bisa untung besar dari modal kecil, mau banget atuh
Apalagi kalau memulainya tidak ribet
Seperti di situs jualan online Lazada ini
Triani Retno A said…
Jualan online memang seru, Pasarnya juga luas, cuma kadang masih PR buat menemukan pasar yang tepat. Btw, aku sering nyimak thread jualan di Twitter. (Foto) barangnya bagus-bagus.
Didik Purwanto said…
Di Lazada, kita ga perlu repot lagi bikin website pribadi ya kak. Brg tinggal kita unggah, promosi udh dr Lazada. Kita kalau mau promosi sendiri, malah lbh bgs. Kl kesulitan bs konsultasi dgn tim expert mereka shg akan dibantu sampe sukses deh.
Baru tai ada situs Yuk Jualan Online, buat yang mau mulai jualan online wajib berkunjung nih buat nambah ilmu..
Memulai bisnis online di masa sekarang bukan hal sulit. Apalagi banyak platform toko online yang memudahkan dalam usaha.
Nasha said…
dengan kemajuan kaya sekarang rasanya rugi ya kalau gak dimanfaatin. lazada gini nih, udahlah buka toko nya gampang ada pembinaan pula.
Jokoy said…
Lazada makin mudah dijangkau dan beri kesempatan sapa aja untuk bisa tumbuh dan berkembang, saatny umkmnaikkelas
Fera Marentika said…
nah harusnya dulu aku jualan online juga. aku pernah buka toko di rumah jaman awal pandemi. tapi tidak berjalan lancar. sejak itu aku belum mulai berbisnis lg, hehe
Galeri Wiwid said…
Dengan marketplace seperti Lazada, jualan online jadi mudah ya. Tidak harus dengan modal besar untuk membuka usaha online, seperti modal sewa tempat, rekrut pegawai, dan lainnya.
Asyiknya gabung di Lazada itu, para seller akan dibantu di situs Yuk Jualan Online, yaitu blog yang memiliki berbagai artikel cara bisnis online berupa update dan tips tentang wawasan jualan online hingga strategi bisnis online.

Arni said…
Wah Lazada bener-bener mengerti kebutuhan para pebisnis online sebagai Mitra kerjanya. Menyediakan bimbingan dan pendampingan yang Baik agar sellernya bertumbuh dan sukses.
Elisa said…
Dukungan Lazada melalui website Yuk Jualan Online yang banyak kasih tips jualan online memang keren banget. Seller jadi punya banyak insight biar bisa cepat naik kelas bareng Lazada.
April Hamsa said…
Ternyata Lazada gak cuma menyediakan platform buat jualan tapi juga melakukan edukasi buat sellernya ya. Soalnya kadang kan ada platform yang kita meraba2 sendiri gmn carfa settingnya buat jualan.
Cara jualan di Lazada juga sepertinya mudah ya.
Setuju banget salah satunya dengan iklan kudu spent budget yang cukup juga ya, namanya juga usaha buat meningkatkan penghasilan :D
Qowim Musthofa said…
Mang keren sih zaman sekarang. Gak perlu punya toko fisik utk bisnis. Tapi harus tau ilmunya dulu sih. Biar tidak boncos hasilnya. Cuma ikut2an itu kadang menjerumuskan klo ga ada ilmunya.

Bagus nih kontennya snqgat menginspirasi
Triani Retno A said…
Nah, ini dia enaknya jualan di platform seperti Lazada. Kita nggak perlu pusing bikin website sendiri. Tinggal fokus ke jualan dan promosi. Itu juga masih dibantu oleh tim ahlinya ya.
Zaman sekarang kalo jualan harus sat set, buka toko dimana mana, offline maupun online biar makin untung.
Kuliner Asyik said…
Banyak penjual yg naik omzetnya setelah jual online di lazada ya. Marketplace zaman now memang membantu banget naik kelazz.
Wah, baca artikel aku kembali tergugah untuk mulai berbisnis hahhaha sedari dulu tuh yaaa sekadar wacanaaa aja, sedangkan bisnis itu kan nyata, bisnis terbaik adalah bisnis yg dimulai
alienda said…
Terima kasih Kak ide bisnisnya. Terkadang sudah punya ilmu terkait teknologi dan platform tapi justru mentok di masalah ide mau buat bisnis apa yang sesuai
Alfida Husna said…
Wah aku ngalamin juga mbak jualan di CFD pas kuliah tapi rame-rame karena buat organisasi hehe. Buka bagasi mobil nih sering banget lihat yg kaya gini haha. Tapi, udah berubah sekarang zamannya digital jadi jualannya di Lazada aja ya. Seru banget dikasih tips dan trik cara jualan yg emang butuh strategi.
Bayu Fitri said…
Jualan online dengan modal kecil nih baiknya pilih yang reseller ya karena gak perlu bikin produk sendiri
COLDCLOVER said…
Lazada disini memberikan kiat-kiat untuk menjadi pemilik gerai online dan juga tips dan trik untuk menjadi seller nah. Nice artikel kak, sangat membantu untuk teman-teman yg ingjn membuka gerai online.
Saya pernah nyoba jualan di lazada dengan modal kuota dan uang seadanya. Jadi pakai sistem dropship.

Uang seadanya maksudnya pas ada yang pesen kalau ada uang saya pesenin ke supkier, pas ga ada uang berarti ya biar pesanan batal.
feryefend said…
Jadi salah satu marketplace terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis online nih!