Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Sedang Semangat Olahraga? Eits, Jangan Lakukan Ini untuk Hindari Cedera Olahraga

2 comments
cara mencegah cedera olahraga
Teman-teman ada yang pernah mengalami cedera saat berolahraga?

Dulu, waktu saya SMA saya pernah mengalami cedera olahraga. Saat itu saya sedang berenang dengan seorang teman. Saking asyiknya berenang karena cuaca yang panas dan sudah lama nggak main air, saya mencoba beberapa gaya saat renang.

Saya ingat waktu itu saya mencoba melompat dari tepi kolam dan ingin muncul ke permukaan dengan dramatis seperti putri duyung (duh, ada-ada aja!). Sayangnya, waktu itu saya menekuk punggung terlalu berlebihan hingga punggung saya bunyi dan terasa sangat sakit luar biasa.

Sepulangnya dari berenang, saya langsung rontgen. Naasnya, tulang punggung saya ada yang keluar dari barisan satu ruas. Hal inilah yang menyebabkan punggung saya terasa sakit dan nggak bisa digerakan. Saya pun teringat sebelum berenang saya juga belum melakukan pemanasan karena terlalu excited ditambah kebanyakan gaya juga huhu.

Bagaimana Menghindari Cedera saat Olahraga

cedera olahraga
Salah satu hal yang paling menakutkan untuk saya adalah sakit. Entah karena pola makan, gaya hidup, atau mengalami cedera olahraga. Intinya sih, sakit itu nggak enak hehe. Selain bakalan ganggu aktivitas, juga karena biaya perawatan yang nggak murah.

Makanya, sejak saat itu saya selalu berusaha melakukan cara menghindari cedera olahraga. Nah, kalau kamu doyan banget olahraga, sebaiknya kamu melakukan cara mencegah cedera olahraga di bawah ini deh. Biar nggak nyesel!

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Memulai

mengapa penting melakukan pemanasan
Cara mencegah cedera olahraga yang paling umum tapi sering diremehkan orang adalah mereka lupa (atau bahkan malas) melakukan pemanasan sebelum olahraga. Padahal, pemanasan 5-15 menit sebelum olahraga dapat menghindari cedera olahraga dan membuat tubuh lebih bugar.

Pemasanan sebelum olahraga dapat membuat darah mengalir lebih lancar dan melemaskan otot-otot tubuh. Terutama kalau kamu melakukan olahraga pada pagi hari. Misalnya saja saat akan berlari, kamu bisa melakukan peregangan otot dengan memutar telapak kaki atau jalan cepat selama 10 menit. Begitu pula dengan melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga.

2. Gunakan Peralatan yang Sesuai

peralatan olahraga
Bukan hanya melakukan pemanasan dan pendinginan, menggunakan peralatan yang tepat juga termasuk cara mencegah cedera olaharaga yang perlu kamu perhatikan. Saat berlari, gunakanlah sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kakimu. Begitu pula dengan olahraga lainnya.

Setiap peralatan dibuat menyesuaikan dengan aktivitas olahraga dan medannya untuk memudahkan kinerja persendian tubuh. Salah menggunakan sepatu atau ukuran dapat menyebabkan terjadinya cedera pada kaki. Dengan menggunakan running shoes akan membuat sendi kaki bekerja lebih ringan dan fleksibel. Sehingga cedera olahraga dapat dihindari.

3. Memperhatikan Tubuh saat Merasa Sakit

spesialis ortopedi
Kesalahan fatal yang umum dilakukan banyak orang saat berolahraga adalah tidak memperhatikan tubuh saat merasa sakit. Padahal, dengan mengabaikan rasa sakit ini dapat memperburuk keadaan.

Cedera olahraga yang awalnya dapat segera ditangani dengan perawatan ringan justru membutuhkan perawatan khusus jika diabaikan terus menerus. Oleh karenanya saat kamu merasa ada bagian tubuhmu yang sakit ketika latihan, segeralah melakukan konsultasi pada dokter spesialis ortopedi.

4. Ketahui Dasar Olahraga dari Ahlinya

tempat fitness terdekat
Pada beberapa cabang olahraga, ada sebaiknya kita mengetahui dasar oalhraga tersebut terlebih dulu. Misalnya saja saat datang ke tempat fitness terdekat untuk pertama kalinya, sebaiknya kamu bertanya pada mereka yang sudah terbiasa menggunakan alat. Atau lebih baik lagi kamu menggunakan jasa personal trainer. Salah menggunakan alat olahraga di tempat gym akan membuatmu mengalami cedera olahraga.

5. Tidak Melakukan Secara Berlebihan

menghindari cedera olahraga
Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan selalu nggak baik. Termasuk dalam melakukan olahraga. Bukannya tambah sehat, olahraga secara berlebihan akan justru membuat tubuhmu letih. Kamu bisa memberikan jeda satu minggu tiga kali.

Selain itu, berikan durasi antara 15 menit hingga 1 jam sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Memvariasikan jenis olahraga juga dapat membuatmu lebih bersemangat. Misalnya untuk satu minggu kamu melakukan lari, lalu minggu selanjutnya renang.

Kesimpulan

Cedera olahraga dapat kamu hindari dengan melakukan tips mencegah cedera saat olahraga di atas. Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan tubuh.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan tubuh. Jika mengalami cedera kamu bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter spesialis ortopedi di RS EMC. Supaya lebih maksimal dalam menjaga kesehatan, kamu juga dapat menjaga pola makan sehat.

Yuk, mulai peduli dan sayangi tubuhmu dengan gaya hidup sehat!

deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

Dee_Arif said…
Kalau aku usahakan selalu pemanasan sebelum olahraga
Ini untuk menghindari cidera juga sih
Edot Herjunot said…
Saya tuh sebenernya pengen banget rutin olahraga mbak, tapi emang ngumpulin niatnya yang susah😁