Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Manfaat Gabung Komunitas, Bikin Glow Up Luar Dalam!

34 comments
komunitas
hunting bareng teman komunitas
Sebagai introvert, saya senang sekali bertemu dengan orang baru. Meski nggak banyak ngomong, tapi saya senang mendengarkan cerita orang-orang. 

Apalagi kalau mereka punya background yang berbeda. Rasanya kayak, wow, ternyata bisa gitu ya? Yang membuat saya lebih tahu banyak hal.

Makin ‘Liar’ Sejak Bergabung Komunitas Fotografi

beauty community
foto bareng komunitas fotografi
Sejak kuliah saya selalu aktif bergabung dengan komunitas. Komunitas pertama yang saya ikuti di luar kampus adalah komunitas fotografi. Meski agak deg-degan dan mulas waktu pertama kali meetup, saya tetap memaksakan diri datang.

Pada saat itulah mata saya seolah terbuka lebar mengenai lingkungan saya selama ini. Pandangan saya berubah dengan ragam usia, pendidikan, pekerjaan, dan lainnya. Saya merasa kecil dan ternyata pengetahuan saya tentang fotografi selama ini nggak ada apa-apanya.
KOMUNITAS SURABAYA
camping bareng komunitas fotografi
Saya senang sekali jadi punya banyak teman baru untuk hunting dan dapat mencoba berbagai genre fotografi langsung oleh ahlinya. Nggak jarang juga kami sharing berbagai kesulitan tentang fotografi.
Karena oh karena, ada banyak orang keren di dalam komunitas ini. Ada yang terjun sebagai fotografer media, langganan juara lomba, fotografer produk, landscape, dan lainnya. Nggak heran sejak bergabung dengan komunitas ini saya jadi makin ‘liar’. Alias makin aktif berlatih hihi.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Kecantikan

apa manfaat bergabung komunitas
Bergabung dengan komunitas secara nggak langsung membuat saya lebih berkembang. Bukan hanya membuat saya memiliki networking, tetapi juga perubahan dari dalam diri yang positif.

Saat ini ada banyak banget komunitas yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah beauty community. Kalau kamu punya ketertarikan pada skincare dan makeup, nggak ada salahnya lho untuk bergabung dengan komunitas kecantikan. Kan seru juga ya bisa ngobrolin skincare bahkan sama ahlinya langsung?

Nah, kalau kamu tertarik ngobrolin skincare serta makeup dan ingin berkembang, ini manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung komunitas kecantikan. 

1. Menambah Relasi

manfaat gabung komunitas
Manfaat bergabung komunitas yang paling kamu rasakan pertama kali adalah menambah relasi. Setiap orang tentunya memiliki ketertarikan yang berbeda. 

Dengan bergabung komunitas, tentunya kamu bakalan lebih senang bertemu dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Seperti halnya bergabung dengan komunitas beauty.

Di sini kamu bisa bertemu banyak beauty enthusiast dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda hingga berkenalan dengan expert kecantikan. Bukannya seru bisa diskusi tentang produk kecantikan?

Hal ini dapat membuatmu lebih memahami update terbaru mengenai produk skincare dan makeup. Nggak hanya itu, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki permasalahan kulit yang sama denganmu. Sehingga kamu bisa lebih mudah menemukan solusinya.

2. Menambah Wawasan


Selain memperluas jaringan, manfaat bergabung dengan komunitas yang selanjutnya adalah menambah wawasan. Dalam beauty community terdapat banyak orang yang memiliki concern yang berbeda pada kulit mereka.

Biasanya, dalam obrolan gorup nggak jarang kamu bisa sharing permasalahan kulit yang sedang kamu alami. Kamu dapat menemukan jawaban dari masalah kulit yang kamu alami dari berbagai pengalaman anggota para penggemar kecantikan. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi skincare yang cocok untuk masalah kulitmu.

3. Dapat Dukungan (Support System)

bergabung komunitas kecantikan
Masih melekatnya beauty standard, nggak jarang membuat sebagian dari kita merasa insecure dengan penampilan. Entah warna kulit yang gelap, tekstur kulit yang nggak merata, bekas jerawat, dan lainnya.

Bergabung komunitas kecantikan bisa membantumu mendapatkan dukungan atau support system yang kamu butuhkan. Karena di dalam beauty community, setidaknya kamu bisa bertemu orang-orang yang memiliki kondisi yang sama. Sehingga, kalian bisa mendukung satu sama lain.

4. Punya Peluang Berkolaborasi

kolaborasi influencer
Berkenalan dengan banyak beauty enthusiast dari berbagai tempat dan latar belakang bisa membuatmu mendapatkan peluang berkolaborasi. Kesempatan ini sangat mungkin kamu dapatkan jika bergabung dengan komunitas kecantikan.

Bukannya nggak mungkin dong kamu bisa bertemu dengan seseorang yang sedang membuka bisnis kecantikan dan membutuhkan bantuanmu untuk mempromosikan produknya? Atau melakukan kolaborasi konten dengan seorang selebgram.

5. Bikin Makin PeDe

komunitas kosmetik
Bukan hanya mendapatkan dukungan dan mengatasi rasa insecure, bergabung beauty community dapat membuatmu merasa lebih percaya diri. 

Manfaat bergabung komunitas ini kamu dapatkan karena kamu telah berkembang setelah bertemu dengan banyak orang baru. Wawasanmu sebelum dan setelah bergabung komunitas tentunya berbeda, bukan?

Skinsociate, Wadah untuk Beauty Enthusiast Saling Dukung

skinproof adalah
Kehadiran komunitas saat ini bukan hanya dapat memberikan manfaat bagi para anggotanya. Mereka yang berkumpul dan memiliki ketertarikan yang sama dapat membantu mendukung riset dan memberikan ulasan mengenai sebuah produk. Hal inilah yang dilakukan oleh Skinproof.

Skinproof sebagai anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang cosmetic testing dan consumer research telah berdiri sejak 2017. Didukung oleh berbagai tenaga ahli, Skinproof telah membantu berbagai perusahaan kosmetik dalam hal consumer insight, sensory research, cosmetic claim support hingga konsultasi dan layanan regulasi.

Upaya Skinproof untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik adalah dengan memberikan dukungan kepada klien Skinproof dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan serta efektifitas produk secara netral dan independen.
skinsociate
Dalam hal ini Skinproof menghadirkan Skinsociate sebagai wadah bagi para penggemar kecantikan untuk mencoba dan memberikan feedback. Sehingga klien Skinproof dapat memahami perilaku konsumen dan menciptakan produk berdasarkan insight yang sesuai kebutuhan beauty enthusiast.
“Skinsociate merupakan komunitas yang diciptakan Skinproof dengan tujuan mempromosikan kesehatan kulit melalui saran ahli, konten informatif, serta wawasan konsumen dalam ekosistem yang suportif dimana para Panelist Skinsociate akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan sesama penggemar kecantikan dan individu yang peduli tentang kesehatan kulit, membentuk hubungan yang erat, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan kecantikan mereka.” - Head of Skinproof, Theresia Sinandang.
Sekitar 10.000 orang yang berusia 17-57 tahun telah mendapatkan keuntungan bergabung dengan Skinsociate. Benefit menjadi anggota komunitas kecantikan ini adalah:
  • Terhubung dengan sesama penggemar kecantikan
  • Menambah pengetahuan mengenai skincare dan makeup
  • Terlibat dalam riset Skinproof
  • Mendapatkan produk gratis
  • Mendapatkan kompensasi atas partisipasi

Kesimpulan

komunitas blogger
bersama teman komunitas blogger
Kehadiran Skinsociate sebagai komunitas menjadi win win solution bagi penggemar dan perusahaan kosmetik. Dengan adanya komunitas beauty ini para beauty enthusiast dapat bertemu dan berbagi tips serta pengalaman dalam menggunakan produk kecantikan. 

Nggak heran kalau kamu bisa glow up luar dalam setelah bergabung komunitas kecantikan ini. Karena tentunya kamu jadi mengetahui cara menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan rasa percaya dirimu.  

Sedangkan  perusahaan kosmetik dapat mengetahui kebutuhan para konsumen untuk mengembangkan produknya melalui feedback yang diberikan oleh beauty enthusiast di Skinsociate. 

Kalau kamu tertarik menjadi bagian Skinsociate dan mendapatkan dukungan serta berkontribusi dalam menciptakan inovasi produk kosmetik, kamu bisa daftar di sini https://bit.ly/VolunteerSkinsociate ya! Jangan lupa juga follow Instagram Skinsociate untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. 

Nah, kalau kamu gimana nih pengalaman pertama join komunitasnya?

 
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

34 comments

Eka FL said…
saya kira apa gitu komunitas yang bikin glow up, oh ternyata komunitas beauty ya, hehehe. above all, bicara soal komunitas emang banyak banget manfaatnya. yang paling terasa tentu menambah relasi dan wawasan. Plus bisa ugrade skill juga dan peluang kerjasama. Keren sih apa yang udah dilakukan oleh Skinsociate.

Melalui komunitas Skinsociate bisa tahu apa yang sebetulnya dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen loyal. Btw banyak juga yang udah jadi member komunitasnya Skinsociate, mencapai 10.000 orang. Auto bergabung nih karena saya masih awam banget soal skincare.
fanny_dcatqueen said…
Aku udh beberapa kali baca ttg skinproof ini, tapi jadi tahu komunitasnya setelah baca tulisan mba. Tapi cuma join komunitasnya aja, ga mau untuk testing produk bisa ga mba? Soalnya kulitku sensiii banget, ga berani untuk coba2 produk baru 😂, makanya aku cendrung setia Ama brand yg sedang aku pakai. . Pengen join sekedar dpt ilmu ttg skincare dari para beauty enthusiast aja.

Bagus sebenernya konsep skinproof ini. Jadi sebagai pengguna produk kita bisa tahu klaim suatu produk dari review yg jujur para pengguna.

Tapi kayaknya produk yg kerjasama Ama mereka msh lokal semua ya mba? Berharap skincare luar juga ikutan. Soalnya aku udah lama pakai skincare Korea dari dulu. Memang LBH cocok kesana
fanny_dcatqueen said…
Nah kalo bicara komunitas , yg pertama aku ikutin komunita traveling pastinya, Krn memang hobiku kesana 😄. Trus baru komunitas blogging. Sampe Skr malah msh aktif yg blog. Yg travel udh banyak ga aktif pesertanya.

Selain traveling aku suka nulis sih yaa. Jadi blogging buatku udh kayak obat jenuh, obat bosan. Bisa ketemu banyak bloggers hebat, itu nyenengin banget sih. Makanya msh betah join Ama Bbrp komunitas blogging ini
Alfida Husna said…
Wah seru banget sih mbak ikut acara komunitas giini. Sama kaya aku juga waktu kuliah seneng ikut komunitas walaupun sama juga lebih banyak jadi pendengar wkwk tapi emang beneran banyak yg bisa diambil pelajaran ya mbak dari sesama anggota yang keren-keren banget.

Aku belum ikut komunitas offline lagi nih, pengen juga sih ketemuan sama temen2 blogger dan ikutan komunitas beauty ini, jadi bisa sharing tentang beuaty yaaa aahh senangnyaa, semangat terus ya mbak berkomunitasnya, hehe.
Ainun said…
aku banyak banget join komunitas, sampe lupa apaan namanya. Yang pasti ada komunitas traveling, komunitas penulis, komunitas beauty juga
nah yang beauty ini sekarang ini banyak banget pilihannya, aku pernah denger Skinsociate, tapi lupa lupa terus mau join hahaha
ada banyak keuntungan bergabung di komunitas yang sesuai dengan passion dan hobi, selain bisa menambah pertemanan juga bisa membuat kita belajar banyak hal baru yang nanti bisa langsung dipraktekin dong ya
Yustrini said…
Senangnya bisa bergabung ke komunitas, bisa banyak belajar dan mengembangkan diri. Banyak teman dan nambah ilmu pastinya.
Farida Pane said…
Ini komunitas online, ya? Cocok banget buat introvert yang tetap butuh sosialisasi sesuai hobi
Kyndaerim said…
Seru yah Mbak De bisa gabung banyak komunitas gini. Asli sih bikin 'maen makin jauh', jadi tau dan belajar banyak hal. Plus pastinya punya banyak temen, jadi bisa saling sharing tentang komunitas itu sendiri.
Fenni Bungsu said…
Kalau gabung komunitas apalagi sebagai blogger memang banyak manfaatnya. Gak hanya peluang dapat cuan jadinya luas, tapi juga bisa gali ilmu dari banyak hal
Setuju dengan adanya skinsociate sebagai wadah komunitas untuk masalah kecantikan. Manfaat gabung komunitas juga besar asalkan komunitasnya benar-benar mendukung, bukan toxic
Triani Retno A said…
Memang paling menyenangkan kalau nemu komunitas yang sreg dan bikin makin glow up, bukan yang pura-pura care padahal toxic.
Gusti yeni said…
Setujuu...carilah komunitas yang sesuai dengan jiwamu hobbymu karena itu akan membuatmu semangat
Didik Purwanto said…
Cewek2 tuh bnyk komunitas ya. Beda bgt ama cowok2 yg msh terbatas. Kalo ga olahraga ya otomotif. Mentok lagi ke gadget. Tp apapun itu, selama komunitasnya positif, gas aja trs kak.

Aku ksh tahu ke istri deh kalo ada komunitas ini. Bakalan menambah kepedean dia yg selama ini cmn bolak balik kantor trs tdr aja di rumah. Biar ada kesibukan lain gt. Siapa tahu nambah relasi, teman, dan cuan.
lendyagassi said…
Komunitas itu punya peran yang besar sekali ternyata yaa.. untuk pertumbuhan seseorang terhadap minat dan hobinya.
Dan siapa tau, dari berkomunitas bisa mewujudkan ide gila yang selama ini terpendam.
Betul banget sih! Aku juga ngerasa gitu, pas gabung komunitas langsung berasa banyak banget ilmu yang didapet. Apalagi buat yang suka skincare dan makeup, pasti seru banget bisa sharing-sharing sama temen-temen yang satu minat. Jadi makin pinter dan update soal produk atau teknik terbaru. Siapa tau bisa dapet rekomendasi produk yang cocok buat kulit kita dari temen-temen di komunitas. Bener-bener worth it deh gabung komunitas! 😍🌸
Tira Soekardi said…
Bakal banyak teman, nambahwawasan, peluangdapat banyak kesempatan
HendraDigital said…
Asyik loh kalo gabung di komunitas. Bisa bertemu teman baru dan saling sharing pengalaman. Kita juga bisa mendapatkan info dan wawasan baru sekaligus memperlus jaringan baru. Komunitas juga bisa menjadi salah satu tempat untuk mengembangkan diri dan juga bakat. Salah satunya ya komunitas Skinsociate, wadah para beauty enthusiast yang bisa saling support satu sama lainnya.
sari widiarti said…
Butuh banget nih gabung komunitas, selain untuk nambah ilmu, juga membuka banyak peluang, seperti di skinsociate, siapa tau beruntung dapat free produk dan fee
Fenni Bungsu said…
Dengan gabung begitu bisa saling sharing juga ya kak, biar glow up nya juga bareng hehe, apalagi urusan skincare ini memang perlu berbagi kisah buat pengalaman
Sabrina said…
memang seru banget bergabung dengan banyak komunitas itu bikin kita berkembang lebih baik lagi, termasuk bergabung dengan komunitas kecantikan pasti bakal bantu kita jadi banyak pengetahuan soal kecantikan dna juga hal lainnya. jadi pengen ikutan gabung sama komunitas ini soalnya belum pernah gabung di komunitas kecantikan
ANGGITA RAMANI said…
Skinsociate ini bisa jadi wadah bagi penggemar skincare biar bisa berkembang atau mendapatkan saran profesional ya
Bambang Irwanto said…
Salah satu mengembangkan pasion itu, memang ikut komunitas ya, Mbak. Bergabung dengan teman-teman yang satu hobi atau satu visi, saling sharing,bahkan bisa membuka peluang juga. Saya pun merasakan hal itu saat gabung di komunitas penulis cerita anak dan komunitas blogger.
Han said…
Keren loh idenya. iya bener, untuk pengembangan produk bisa dari masukan2 orang2 yang masuk komunitas kek gini dan jadi lebih cepet nyampenya gitu ya kak
lendyagassi said…
Hihihi..aku jadi tertarik menimpali komentarnya ka Didik.
Tapi komunitas yang untuk cewe cowo juga ada, kaya komunitas fotografinya ka Dea di atas. Rasanya memang seru yaah.. berkomunitas.

Jadi banyak teman, banyak tau dan banyak pengalaman.
Dee_Arif said…
Wah, mbak Dea gabung di banyak komunitas ya
Emang mbak, berkomunitas itu bikin hepi y
Berkomunitas memang menjadikan kita menjadi lebih berpikiran jauh ke depan, banyak networking, dan lain sebagainay
Eka FL said…
jadi inget waktu pertama kali ngeblog yang bingung gitu pengen join komunitas gimana dan gimana bisa terkoneksi dengan bloger lain. itu tahun 2012 sih, hahaha. setelah tahun 2018 baru deh mulai gabung komunitas karena mulai banyak kan, gak susah nyarinya. btw keren sih skinproof ini punya komunitasnya.
Didik Purwanto said…
Remaja cwek dan emak2 yang masih haus macak wajib tuh ikutan komunitas kayak gini. Biar ga ngeghibah mulu kerjaannya ngomongin tetangga. Haha.

Kalo ada yg bs menambah relasi, teman, dan ilmu pengetahuan ya wajin diikuti lah. Siapa tahu jg menambah cuan.
Hallowulandari said…
kayanya baru ini yaa yg konsep nya tuh komunitas, biasanya kan jejaring affiliate atau semacam fan base gitu, konsep komunitas jadinya lebih deket ke konsumen, supaya siapa pun bisa join, ga terbatas sama para konten creator aja
Hani said…
Ikut komunitas seru yaa kaa. Jadi dapat info2 dan kenal lebih banyak orang.
Fera Marentika said…
wah senangnya yaa \^^/ setuju sih, bergabung dengan komunitas itu banyak manfaatnya. aku baru kenal nih dengan komunitas skinsociate ini :D
Bunda Saladin said…
Ikuut kak Deaaa. Daku blm pernah join komunitas beauty. Kayaknua asyik ya punya teman sefrekuensi di dalam komunitas beauty. Nambah jaringan juga nambah pengetahuan jg tentang skincare dan kosmetik.
Happy said…
alhamdulillah setelah beberapa tahun vakum ikutan komunitas, tahun ini dapet komunitas baru yang bisa jadi tempat ngembangin diri di dunia digital dan tulis menulis. emang dampaknya besar banget sih gabung komunitas tuh, kadang jadi gampang dapet informasi gitu