Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Alami Penuaan Rambut di Usia 20-an, Ini Cara Mengatasinya!

24 comments
cara atasi rambut menua
“Ini rambut atau sapu ijuk?”
Beberapa waktu lalu saya melihat foto-foto lama zaman saya masih belum berjilbab. Duh, kalau ingat zaman itu rasanya malu banget. Bukan hanya karena kulit kusam yang nggak banget, tapi rambut juga jelek. Kalau kata abang saya kayak sapu ijuk.

Maklum aja, zaman sekolah dulu mana peduli soal kesehatan rambut. Mana saya hobi panas-panasan. Entah itu main sama teman atau latihan voli. Nggak heranlah kalau rambut saya kering, kusam, patah, kasar, dan rontok. Pokoknya nggak banget!

Untungnya sih sekarang sudah tobat lebih peduli merawat kesehatan kulit dan rambut. Belakangan saya baru ngeh kalau semua ciri-ciri rambut saya itu adalah pertanda dari rambut menua akibat pemakaian heat tools, polusi, dan paparan sinar UV.
Lha, rambut emang bisa menua?

Apa Itu Rambut Menua?

rambut menua
Bukan hanya kulit, seiring bertambahnya usia rambut juga dapat mengalami penuaan. Selain faktor usia, faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab rambut menua. 

Dilansir dari Beauty Journal, dr. Monic Kawilarang, Sp. DV menjelaskan penyebab penuaan rambut di usia muda dibedakan menjadi faktor instrik (dalam) dan faktor eksentrik (luar).

Faktor instrik rambut menua disebabkan oleh jenis kelamin, metabolisme, hormon, genetik, dan nutrisi. Pada faktor ini dapat mempengaruhi folikel rambut, produksi kelenjar minyak, densitas rambut, pigemn, diameter, dan serat rambut.
Sedangkan faktor eksentrik atau faktor luar umumnya dipengaruhi oleh paparan sinar uv, polusi udara, suhu panas yang ekstrim, dan pola hidup tidak sehat. Faktor lingkungan ini dapat menyebabkan rambut mengalami perubahan pada bagian batang dan membuat rambut kasar, rambut kering, rambut patah, rambut rontok, dan rambut kusam.
Pada masih inget nggak tahun lalu waktu polusi udara di Jakarta memburuk yang ditunjukkan oleh indeks kualitas udara menunjukkan level nggak sehat? Lalu banyak banget orang yang mengeluh mengalami kerontokan rambut, selain banyaknya bermunculan masalah kulit.

Sehingga nggak heran kalau saat ini banyak perempuan muda berusia 20-an mengalami penuaan rambut. Selain kemungkinan faktor internal, hal ini disebabkan oleh faktor cuaca panas (sinar UV) dan polusi yang tinggi di Indonesia.

Cara Mengatasi Tanda Penuaan Rambut

Terlepas dari memakai jilbab atau nggak, buat saya pribadi memiliki rambut yang sehat merupakan salah satu cara saya menyanyangi diri sendiri. Menjaga kesehatan rambut adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Karena nggak bisa dipungkiri memiliki rambut yang sehat dan indah membuat kita lebih percaya diri.

Untuk mengatasi rambut menua dapat dilakukan dengan perawatan rambut yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Terutama untuk kamu yang memiliki aktivitas padat di bawah sinar matahari dan bergulat dengan polusi udara yang cukup tinggi.

Nah, buat kamu yang mulai mengalami tanda penuaan rambut, coba cara mengatasi tanda penuaan rambut di bawah ini deh.

1. Gunakan Vitamin Rambut

manfaat vitamin rambut
Cara mengatasi tanda penuaan rambut yang pertama adalah dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin. Pada vitamin rambut biasanya memiliki kandungan vitamin A, B, C, D, dan E untuk menjaga rambut tetap sehat. Setiap vitamin ini memiliki fungsi yang berbeda pada rambut.

Misalnya manfaat vitamin E untuk menutrisi rambut kering. Dengan adanya kandungan vitamin E dalam vitamin rambut, rambut akan lebih sehat dan lembap. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah rambut rontok serta rambut kusam dan membuat rambut tampak berkilau.

Sedangkan vitamin A berfungsi untuk memicu pertumbuhan rambut dan sel kulit kepala. Dengan penggunaan rutin vitamin rambut yang mengandung vitamin A, kamu yang memiliki masalah rambut tipis, akan terbantu dengan tumbuhnya rambut baru hingga rambut akan lebih bervolume.

2. Argan Oil atau Moroccanoil

perawatan rambut dengan argan oil
Argan oil atau minyak argan merupakan salah satu minyak alami yang dapat mengatasi tanda rambut menua. Berasal dari pohon argan di Maroko, argan oil memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.
  • Membuat kulit kepala jadi lebih sehat: kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada argan oil bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kepala. Termasuk mengatasi ketombe yang diakibatkan oleh jamur pada kulit kepala.
  • Mencegah kerusakan rambut akibat styling dan pewarnaan rambut: kandungan lemak nabati pada minyak argan yang kaya asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat bermanfaat untuk membuat lapisan pelindung pada rambut. Sehingga rambut yang menggunakan argan oil dapat mencegah terjadinya rambut bercabang dan kerusakan lainnya saat proses penataan dan pewarnaan rambut.
  • Melembutkan dan melembapkan rambut: dalam argan oil terdapat kandungan vitamin E yang bekerja sebagai antioksidan dan membuat lapisan lemak pada kuit kepala dan rambut. Kandungan ini juga berfungsi untuk menutrisi dan menghidrasi rambut sehingga rambut menjadi lebih lembap dan sehat.
  • Melindungi dari sinar matahari: kandungan antioksidan pada minyak argan telah dimanfaatkan wanita asli Maroko untuk melindungi kulit dari sinar matahari. hal ini telah dilakukan mereka selama berabad-abad. menggunakan minyak argan secara rutin juga dapat membantu mencegah rambut kering, rambut rusak, dan berbagai masalah rambut akibat sinar UV.

3. Pilih Produk dengan Heat Protection

rambut kering
Cara mengatasi tanda penuaan rambut yang selanjunya adalah menggunakan produk perawatan rambut dengan heat protection. Hal ini penting banget kalau kamu sering menggunakan alat styling seperti hair dryer, curly, dan catok.

Untuk melindungi rambut dari alat styling yang panas, kamu bisa menggunakan produk hair care yang mengandung heat protection. Di mana heat protection nggak hanya melindungi dari panas styling tools tapi juga sinar UV/panas matahari.

Rambut yang terpapar suhu panas terus menerus tanpa perlindungan akan rentan mengalami rambut kusam, rambut kering, dan juga masalah kulit kepala. Oleh karenanya, usahakan sebelum melakukan styling, gunakan produk dengan kandungan heat protection.

Kesimpulan

Penuaan rambut saat ini nggak hanya dialami oleh orang yang sudah tua. Tetapi, generasi muda perempuan berusia 20-an pun sekarang dapat mengalaminya akibat dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Apalagi mengingat cuaca ekstrim Indonesia yang terjadi belakangan.

Menjaga kesehatan rambut nggak hanya bisa dilakukan dengan dari dalam. Tetapi juga dari luar seperti menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan masalah rambut kita. Karena dengan memiliki rambut sehat dan indah, sebagai perempuan kita bisa tampil lebih percaya diri.

Yuk, peduli kesehatan dan jaga #RambutTetapMuda dengan menggunakan produk perawatan rambut sesuai kebutuhan~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

24 comments

Fanny_dcatqueen said…
Beberapa bulan ini aku dah rutin pakai argan oil yg aku beli di Turkiye thn lalu. Dan berasaaaa bgt manfaatnya mba. Jadi ga kering rambut. Dicampur ama conditioner atau hair mask.

Tapi skr aku bingung, ntr kalo argan oilnya abis, mau cari yg kualitas bagus tp msh terjangkau di mana kalo Indonesia hahahahah.

Masa balik ke Turkiye beli ini doang 😄. Kalo di sana argan oil msh msuk akal harganya, dan itu kualitas yg bagus. Kalo Indonesia banyak campuran.
Hiks.. saya dong sejak muda tidak begitu peduli dengan perawatan rambut. Nyeselnya sekarang. Karena sampai kini rambut tetap tipis, udah gitu sering rontok pula. Jadi, saya setuju banget dengan perawatan rambut sejak dini. Toh ada kok solusi perawatannya.
Irrya Lucita said…
Saya nih masih kurang perduli dengan kesehatan rambut. Apa lagi setelah melahirkan, entah kenapa rasanya males untuk urusan merawat rambut. Mungkin nanti bakal aku mulai dari pakai vitamin rambut dulu
Yustrini said…
Rambut pun bisa mengalami penuaan ya. Nyesel sih dulu pas masih sekolah ngebiarin rambut kena panas matahari terus. Kerasanya baru sekarang, rambut jadi kering huhu...
Alfida Husna said…
Rambut kalau terkena sinar matahari langsung emang cepet jadi rusak dan kusam. Aku paling suka merawat rambut, kalau rambut lembut dan halus gitu jadi percaya diri, hehe.

Pakai vitamin rambut juga penting banget untuk menutrisi rambut agar tetap sehat dan lembut ya.
Catcilku said…
Masalah banget nih, dengan kemunculan tanda rambut menua. Sepertinya memang karena salah pemakaian sampo yang tidak tepat 😪
Bambang Irwanto said…
Saya baru tahu ada penuaan rambut, Mbak. Yang pasti saat saya sakit tipes,itu rambut saya rontok. akhirnya saya botakin sekalian hehehe. Tapi hati-hati juga ya, dengan kondisi cuaca, yang bisa menyebabkan penuaan rambut di usia 20 tahun. Jadi memang kesehatan rambut harus dijaga terus.
Gak hanya fisik aja ya yang ternyata bisa menua, rambut pun juga bisa. Dan hal tersebut yang kerap terlewatkan juga buat dipikirkan, karena tahunya ya menua di rambut adalah memutih
Luluk Sobari said…
Nah, keluarga saya nih yang pada ubanan muda-muda. Kayaknya karena gak pernah perawatan rambut sih. Minimal pakai yang vitamin E itu atau yang argan oil. Soale kalau sampo saja gak cukup sepertinya untuk melindungi rambut.
Akarui Cha said…
Berasa banget memang pas udara di sekitar rumah nggak baik-baik saja tuh, bukan cuma kulit jadi berasa kusam gimana gitu, napas jadi nggak nyaman, sakit flu pula, rambut juga ikutan rontok. Duhaduh masalah dari polusi ternyata. Aku kok jadi tergoda pakai argan oil juga ya. Tapi setelah lirik komennya Mba Fanny, kan jadi bingung juga, di mana ya bisa cari produk yang asli alias nggak banyak campurannya kalau di tanah air.
Okti Li said…
Jujur kesehatan rambut banyak terabaikan apalagi saya menggunakan hijab. Meski tidak terkena matahari langsung tetap aja kudu dirawat ya
Justru rambut tertutup harus banyak perhatian jangan sampai rambut berminyak atau lepek
rambut adalah mahkota kita ya, Ingatlah, rambut yang indah dan sehat membutuhkan perawatan yang ekstra.
Rawatlah rambutmu dengan baik agar selalu tampil percaya diri dengan produk yang tepat dan cara yang benar biar makin sehat paripurna
Sebenarnya saya gak terlalu rajin melakukan perawatan rambut. Soalnya ibu yang merawat rambut saya sejak kecil. Beliau yang rajin kasih vitamin rambut untuk saya, alhamdulillah rambut saya jadi subur, hitam dan lebat.
Didik said…
Aku dulu udah sejak SMP sih mengalami penuaan rambut alias ubanan. Hehe. Mgkn karena keturunan jg sih. Di samping aku juga sering gonta ganti shampoo plus vitamin.

Menarik jg nih rekomendasi vitamin rambut dan argan oilnya. Jujur baru tahu minyak ini. Ntar aku coba cari deh ya.
Eri Udiyawati said…
Dan permasalahan rambut itu datang ke saya. Saya sudah mulai kusut dan rusak. Mencoba memperbaiki dengan merawatnya sendiri tapi belum maksimal, akhirnya nyalonlah saya.

Punya rambut yg hakus dan lembut itu kan imoian, kalau udah makai ini dan itu tetep aja, ya sudahlah, bersrti mesti ke ahlinya.
lendyagassi said…
Aku uda menemukan perawatan yang cocok juga untuk rambut.
Alhamdulillah gak sengaja pas belanja online, tus coba-coba dan akhirnya suka banget. Karena terasa rambut jadi gak mudah rontok ketika keramas dan disisir.

Ternyata memang perawatan rambut ini sebegitu pentingnya.
Rambutku nih rontok parah, kemarin sempat rajin perawatan pakai minyak kelapa dan aloe vera. Lumayan banyak tumbuh anak rambut baru. Eh sekarang males lagi...
Eka FL said…
penuaan rambut termasuk ubanan gak sih? kalau rambut lepek sih gak, ronto juga gak. tapi aku ngalamin ubanan parah. harusnya aku ketemu artikel ini pas usia awal 30an ya, sekarang udah kepala 4 udah banyak uban, hahaha. aku mulai berubah justru di usia 35an dan makin parah sampai sekarang. faktor genetik sih ngaruh banget ayah ku termasuk yang udah ubanan di usia 30an
Yonal Regen said…
Sepertinya aku termasuk yang mengalami penuaan rambut dini.. hiks
Belum terlambat ya buat recovery, jadi bahan pemikiran untuk lebih memperhatikan kesehatan rambut ini. Terima kasih kak Dea untuk remainder nya
Monica Anggen said…
Penuaan rambut ini jadi momok banget nih, terutama munculnya rambut putih. Padahal sejak remaja aku tuh suka banget pake minyak-minyakan tradisional semacam urang-aring etc. Tapi ya tetap ya, rambut putihnya muncul. Argan ini bisa mencegah rambut putih tambah banyak gak ya, Kak?
Siapapun pasti mendambakan rambyt sehat, dan bagus selerti pada umumnya. Biar menjadi kwnyataan, memang btuh aksi nyata ya, Kak. Salah satunya perawatan secara rutin memberikan asupan nutrisi untuk rambut.
Antung apriana said…
Sampai hari ini aku masih belum ketemu Treatment yang cocok buat rambutku yang super rontok huhu. Entah nih mau coba produk apa lagi buat rambutku
GE MAULANI said…
Ternyata ada 2 faktor yang membuat rambut menua ya kak. Ah jadi berasa diingetin kalau saya suka abai dengan penggunaan vitamin rambut. Apalagi argan oil belum pernah pake.
Han said…
ya ampuun iya lagii huhu :(( sedih karena rambutku rontoknyaaa ga abis2 tapi cepet juga tumbuh panjangya huhu.. meskipun udah perawatan tp napa yah rontokknya tuh ga ilang2