Travel

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Let's Get Lost: Civil Social Care (Jember-1)

Post a Comment

Haiiii! mau berbagi cerita sedikit nih tentang liburan kemaren hehe.

Jadi, kemaren sebenernya temen-temen kampus ngadain liburan ke Pantai Papuma, Jember, Jawa Timur. Nah, semangat deh aku ikutan. Tapi, mereka disana cuma 2 hari 1 malem. Daripada capek dijalan (karena banyak yang bilang perjalanannya kesana makan waktu sekitar 5-6 jam) yaudah aku gak ikutan deh huhu. Trus tiba-tiba temenku yang anak hima ngajakin aku ke jember juga, acara Civil Social Care gitu. Tanpa mikir panjang akhirnya aku pun mutusin buat ikut karena pengen tau ngapain aja sih acaranya? Setelah konfirmasi sama ketua hima kita tentang gimana-gimananya aku pun langsung ribet cari tiket kereta. Sebenernya kita semua mau naik bus tapi berhubung salah satu partnerku ada yang mabok kalo naik bus yaudah kita berdua pun mutusin buat naik kereta.

Tanggal 13 Februari 2015 sekitar jam 6an kita sampe di Stasiun Jember. Sampe di stasiun kita nungguin temen kita satu lagi yang naik kereta juga dari malang. Setelah ketemu si Dyah, kita pun dijemput sama mas-mas panitia Civil Social Care dan diluar dugaanku kita dianter ke basecanp kampus. Padahal aku kira kita bakalan tinggal di desa gitu, nginep dirumah penduduk. Dateng-dateng kita disambut sama panitia yang lain trus lanjut bersih diri dan istirahat karena kegiatan baru akan dimulai besok seharian. Ini pertama kalinya aku ikut kegiatan kayak gini hehe maklum ya. Dan ini juga pertama kalinya aku bebas dari aturan. Soalnya sejak aku SMP, setiap ada kegiatan disekolah maupun diluar sekolah pasti ada aturannya. Jarang banget bahkan nggak pernah kita dapet free time, tidur pun diatur. Kayak misalnya LDKS (kegiatan semacem penanaman mental siswa yang diadain di luar sekolah, biasanya didesa desa), semua gerak gerik kita pasti diatur. Nggak boleh ini, nggak boleh itu, nanti jam segini ada kegiatan sampe jam segini, dll pokoknya semua serba diatur. Jadi wajar pas partner keretaku yang perutnya bocor ini ngajakin makan diluar aku nanya 'Gpp ta?' dan dia pun jawab enteng 'Ya gpp lah'. Yaudah deh kita akhirnya cari makan diluar.

Sepanjang jalan kaki bertiga kita nyari tempat makan, aku baru mengamati kota ini. ternyata gak jauh beda juga sama surabaya. Cuma yaa jember sedikit lebih sepi lah. That's all. Jadi aku nggak merasa lagi diluar kota gitu haha.

Besoknya, bangun pagi langsung sholat trus sekalian mandi biar gak antri panjang panjang hehe. Maklum kamar mandinya dikit dan mahasiswa yang ikutan kegiatan ini lumayan banyak juga. Kita sarapan bareng di hall kampus. Habis sarapan kita pergi ke lokasi yang dituju. Nah, balik ke dugaan awalku kita naik bus menuju lokasi yang lantas dioper naik truck. Aww naik truck lagi haha. Justru disini poin ke asikannya haha. Truck kita ngelewati jalanan yang absurd banget deh pokoknya kita sampe kayak di aduk aduk. Tapi seru banget! Ada beberapa cowok yang duduk diatas truck bagian depan, bukan di bak trucknya, karena gak muat. Sebenernya bahaya sih mana medannya juga naikan gtu, tapi yaudah bismillah aja. Selama perjalanan ke tempat reboisasi, kita ngelewatin pohon rambutan yang lagi berbuah. Karena tergoda, para cowok cowok yang duduk diatas truck, ngambilin itu rambutan orang trus dikasih ke mahasiswa yang ada di bak. awalnya mereka ngasih ke kita baik baik disodorin gtu, tapiii lama kelamaan mereka ngasihnya ngelemparin ke kita sampe kena jidatnya temenku segala ahaha kocak deh pokoknya.

Tiba tiba trucknya ngerem mendadak dan olenglah kita semua kedepan. penyet penyet dah haha. kita pun turun karena jalanannya nggak bisa dilewatin sama truck, jadi kita harus jalan kaki. sambil nungguin truck balik lagi bawa mahasiswa yang lain, kita duduk duduk deket pohon kopi. karena lama juga nungguinnya, akhirnya kita pun menjelajah sendiri. daaan kita nemuin aliran sungaaaiii hihi

sempatkan berfoto sejenak :))

Disini kita ciprat cipratan main air hehe. dan tak lupa berfoto riaaa :)) Hingga akhirnya aku tergoda buat lepas sepatu, loncat kesana loncat kesini. tapi nggak lama kemuadian hujan turun aahh selalu deh. yaudah deh kita pake sepatu trus neduh digubuk ditempat tadi kita diturunin dari truck. beberapa ada yang neduh dibawah pohon kopi dan ada pula yang unik berpayung daun pisang ahaha adaa aja.

Trus setelah udah pada lengkap anggota kita, kita pun cus jalan kaki ke lokasi reboisasi. Kita mesti hati hati soalnya jalanannya berlumpur licin banget.

jalan ke lokasi reboisasi
Sampe di lokasi kita yang cewek cewek pada oegang bibit dan langsung nanem ditempat yang jarang tubuhannya. trus yang cowok cowok naik lagi ke atas buat masang kincir air. Nah aku yang bergenre perempuan pun melakukan reboisasi.tapi ada juga panitia cowok yang ikutan reboisasi buat bagian pacul memacul. setelah bibit habis kita pun melanjutkan perjalanan ke pemasangan kincir air. tapi ditengah perjalanana naik, temenku ada yang kecapekan dan nggak kuat buat jalan. akhirnya kita pun istirahat sebentar di rumah warga terdekat. untung aja ada rumah disitu kalo nggaaaak temenku bisa pingsan dijalan karena tiba tiba hujan deres. kita berdua sih tenang tenang aja didalem rumah menghangatkan diri, kasian temen temen yang lain hihi.

istirahat sejenak dirumah warga

Hujannya makin lama makin deres nggak mau berhenti sampe sore. karena udah mau malem akhirnya panitia mutusin buat pulang dengan hujan hujanan. aku sama temenku yang sakit dibonceng naik motor sedangkan yang lain udah duluan turun jalan kaki dan nunggu di truck. gilaaak serem banget medannya, mending jalan kaki. mana hujan gini kan lebih berlumpur, licin. pas ngelewatin aliran sungai yang tadi kita foto foto, sungainya meluap dan bahaya banget memang. kita nyebrangin itu aliran sungai hati hati banget dibantu sama mas mas panitia. kalo nggak kita bisa hanyut ke desa antahberantah.

Dengan personil lengkap kayak pas berangkat tadi, kita balik ke tempat bus nungguin kita naik truck. disini aku bener bener berdoa semoga kita pulang dengan selamaaattt! soalnya jalannya beneran serem dan si truck sempet miring banget. kan nggak lucu kalo kita jatuh dari truck trus bertumpuk tumpuk kayak ikan lele trus jadi headline koran 'Setumpuk mahasiswa ditemukan terjatuh dari truck dan bermandikan lumpur'. dan untungnya kita semua selamat sampe bus dan balik lagi ke kampus basecamp.

Malemnya adalah acara seserahan. yaitu acara dimana semua mahasiwa dikumpulin di hall dan kita diperkenalkann satu persatu. karena banyak wajah baru (katanya). Civil Social Care ini memang acara rutin yang diadain setiap tahun. tapi tempatnya nggak melulu di jember. tiap universitas pasti dapet giliran, tergantung sanggup nggaknya jadi rumah tamu. setelah perkenalan kita masuk ke acara sharing. disini korwil (koordinat wilayah) menjelaskan tentang proker (progam kerja) yang bakal diadain selanjutnya. aku nggak seberapa nangkep soalnya ngantuk bangeeet hehe. dan untungnya ketua panitia kita peka dan memperbolehkan kami yang lelah untuk beristirahat. Alhamdulillah waktunya tidur~

Bersambung~

deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.