Sendirian

by - June 12, 2018




“Haa? Sendirian?”

Seringkali kebanyakan orang pasti kayak shock gitu deh kalo ada orang yang pergi sendirian kemana-mana. Kayak seakan-akan bingung, bertanya-tanya, menerka-nerka,  Kenapa sendirian? Ada masalah?. Padahal ya nggak juga. Emang lebih suka, atau lagi pengen pergi sendirian aja sih. Tapi, bukan berarti nggak mau pergi ditemenin hehe.

Kalo aku, emang lebih seringnya pergi kemana-mana sendiri. Kayak misalnya ke mall buat cari buku atau sekedar belanja bulanan. Atau pergi ke taman. emang ada yang salah? Nggak kan? Toh tiap orang juga punya caranya sendiri buat ngejalanin hidup (apa hubungannya? Nggak ada sih. Pokoknya sambungin aja haha).

Kenapa suka pergi sendiri?

Kenapa ya? Mungkin karena aku perginya berdasarkan moodku. Jadi spontan aja ehehe. Tapi, pernah juga kok ngajakin temen pergi. Tapi emang frekuensinya lebih sering sendiri kemana-mana. Disatu sisi aku merasa bebas aja mau kesana kemari. Kalo ngajakin temen atau keluarga itu ada nggak enaknya. Kali aja mereka capek pengen udahan, sedangkan aku yang hobby window shopping ini kayak nggak ada pegelnya ehe. Karena sesungguhnya window shopping itu lebih menghidupkan inspirasi (bagiku sih).

Aku punya temen yang awalnya bener-bener nggak bisa sendirian. Makanya waktu dia tau aku suka pergi kemana-mana sendiri dia kayak kaget banget shock dan bahkan ngeri. Lha, padahal kan nggak seserem itu. waktu aku tanya ke dia kenapa sampe segitunya, dia bilang kalo dia pergi sendirian dia bakalan sering mikirin hal negatif. Karena nggak ada yang ngajakin ngobrol. Pikirannya melayang-layang mikirin hal-hal yang nggak-nggak. Yang berujung dia jadi sedih sendiri. Lha kok bisa? Aku juga nggak tau kenapa dia bisa gitu. Justru aku yang jadi bertanya-tanya.
Perlahan-lahan, waktu dia ngajakin temennya pergi dan seringkali mereka pada nggak bisa, jadi dia mulai pergi sendiri. Dan alhamdulillah sekarang dia jadi nggak setakut dulu. Toh bagus juga kan jadi nggak ketergantungan sama orang lain. Hidup ketergantungan sama orang lain itu nggak enak deh beneran.

Kalo luar kota sendiri?

Tergantung sih apa tujuanmu keluar kota. Bagiku, ada waktunya aku perlu untuk pergi jauh sendirian. Entah Cuma sekedar naik kereta trus balik lagi, atau keliling kota jalan kaki di kota tujuan. Waktu itu aku pernah bandingin pengalamanku antara aku pergi sendiri dan pergi bareng temen ke luar kota. Sensasinya beda banget. Seneng dan puasnya itu beda. Kalo pergi sendirian itu rasa senengnya karena bisa ketemu orang baru. Bukan Cuma sekdar ketemu, tapi ngobrol. Dan aku jadi belajar hal baru. Selain itu, kita juga jadi lebih peka sama lingkungan. Karena secara otomatis kita jadi lebih sering merhatiin lingkungan sekitar. Kalo bareng temen kan otomatis kita pasti ngobrolnya sama temen kita, nggak begitu peduli sama lingkungan sekitar kita.

Dengan pergi sendiri kita jadi lebih bisa merenung, gimana kita menjalani hidup. Masalah apa yang belum kelar? Kenapa bisa ada masalah? Apa penyebabnya? Dan nggak jarang juga kita jadi bisa mikir lebih jernih. Dan foala, waktu pulang pun udah fresh lagi. Udah tau jawaban kudu ngapain selanjutnya. Hehe. Itu kalo aku sih. Kembali lagi, tiap orang punya cara yang berbeda dalam menjalani hidupnya.  

You May Also Like

1 comments