Tauwa Cak Pan, Tauwa Terenak di Surabaya!

by - January 21, 2020




Udah tahu minuman yang namanya Tauwa kan sebelumnya? Udah kan? Udaahhh kaaannn? Oke baik. Buat kalian yang nggak tahu aku jelasin doeloee.

Kalo kata Mbak Wiki, Tauwa adalah cemilan yang berasal dari Tionghoa. Sering disebut kembang tahu karena berbahan dasar seperti tahu, alias sari kedelai. Biasanya Tauwa ini disajikan dengan kuah jahe yang manis, kacang hijau, kacang tanah, santan, dan juga potongan cakuwe (hmm auto bayangin dan ngiler kan akunyaaa).

Setelah sekian lama menjelajah (ceileh), ternyata yang paling enak menurutku adalah Tauwa Cak Pan yang ada di daerah nginden. Ini bukan di endorse gengs seriusan review dari hati terdalam haha. Tempatnya ada di deket taman nginden intan. Dulu pernah nyobain yang di kertajaya karen deket kantor, enak sih tapi terlalu cair dan kemanisan. Rasa jahenya jadi nggak berasa gitu. Pernah juga cobain yang di deket Masjid Agung Surabaya, disana ada 2 sih. Satu yang di deket pkl sama yang di tempat parkir. Yang di tempat parkir luar ini seriusan nggak enak banget. Nah, kalo yang di deket pkl ini enak, pedesnya kerasa banget. Semua rata-rata pagi sih kalo jual. Ada lagi yang di tenggilis, orangnya jual sore itu lumayan juga tapi masih enakan yang di nginden hehe. 

Kenapa tauwa ini yang terenak? Karena semua takarannya pas. Dari manis, pedes, sama asinnya santan itu enak. Pas gitu di lidah. Dan ini bukan Cuma aku aja lho yang bilang. Terbukti dari ramenya orang yang beli. Tauwa Cak Pan ini mulai buka dari jam 5.30 wib pagi. Waktu itu pernah aku dateng jam 8 pagi. Dan kalian tahu? Aku kehabisan dong huhu. Gila nggak sih. Bisa dibayangkan lah ya serame apa. Sampe yang ngelayani ada 3 orang. Yang satu bagian meracik, satunya bagian motongin cakue dan kasih ke pelanggan, dan satunya lagi bagian nyuci mangkuk.

Untuk semangkuk tauwa yang enak ini, Cak Pan kasih harga Rp7.000 guys. Murah meriah dan kenyang pula hihi. Eh iya kalo nambah cakue nambah Rp1.000. seriusan sih biasa kalo aku udah makan ini pagi-pagi wes nggak makan yang lainnya lagi karena kenyang. Muehehe. Untuk isinya kalian bisa request kok. Bisa kembang tahunya aja sama kuah atau campur. Tapi saranku sih campur karena kamu bisa ngerasain semuanya hihi.

Selamat mencoba!


You May Also Like

0 comments