Pengalaman Freelance di Projects.co.id

by - September 20, 2020


projects.co.id




Freelance memang cukup menyenangkan bagi saya. Selain karena bisa membagi waktu dengan hal yang lainnya, saya bisa bekerja di mana saja dan kapan saja sesuka hati. Terlebih lagi berkolaborasi dengan berbagai macam orang dan project yang beragam.

Semenjak memutuskan untuk resign dari pekerjaan kantoran awal tahun ini, saya mulai mencoba-coba dunia freelance. Meski bisa di bilang dulu waktu kuliah juga pernah, tapi nggak begitu serius sih hehe. Cuma sekadar bantuin senior waktu itu. Saat ini, saya bener-bener pengen serius sebagai freelancer. Karena menyukai bidang menulis dan fotografi, saya freelance sebagai content writer dan photo product. Terkadang juga video editor. Yaa, seputar itulah. 


Buat yang belum paham, jadi freelance bisa diartikan dengan pegawai lepas. Alias nggak terikat. Kita bisa bergabung dengan sebuah proyek yang diadakan owner selama waktu tertentu. Karena memang nggak terikat jadi sekadar sampai proyek selesai aja.


Awal menjalani hidup sebagai freelancer saya sempat kebingungan bagaimana mendapatkan client? Sedangkan lingkungan saya notabenenya adalah mereka yang bergerak di luar bidang yang saya geluti. Kalau sudah begini, jelas relasi saya kecil kemungkinannya memberikan saya peluang. 


Saya tentu sangat bersyukur hidup di era yang serba canggih. Meski relasi berpeluang kecil, tetapi saya masih bisa memanfaatkan teknologi. Setelah saya browsing dan mengikuti seminar-seminar perihal freelance dan dunia kreatif, saya enemukan 3 website yang ramah freelancer pemula. Yaitu Projects, Sribulancer, dan Freelancer. 


Nah, berikut ini saya bakalan review salah satu website ini secara jujur menurut pengalaman saya. Check this out!


Projects.co.id


Sebagai freelancer pemula yang nggak pedean karena nggak punya portofolio, saya nggak muluk-muluk cari client yang bonefit dengan fee yang menggiurkan. Setidaknya saya punya portofolio yang cantik dulu saja saya sudah senang. 


projects.co.id freelance



Projects.co.id ini adalah website pertama yang saya coba. Pemberi project (owner) semuaya dari Indonesia. Di sini di sediakan berbagai macam bidang pekerjaan. Mulai dari design, writing, programming, sampai entry data. Selain sebagai freelancer, kamu juga bisa masuk sebagai pemberi project.



Pertama-tama daftar dan buat profile.


Cara kerja di Projects.co.id ini hampir sama dengan website freelance kebanyakan. Nah, kamu bisa isi profile kayak biasa dan jangan lupa juga pasang foto ya. Kadang ada beberapa orang yang mengira kalau foto itu nggak penting. Padahal, foto juga bisa bikin orang percaya sama kita. Fotonya bebas kok nggak harus yang kayak pas foto background merah hehe. Pokoknya wajah kamu keliatan jelas aja. Biar owner juga ngerti bakalan bekerjasama sama siapa. 


Kedua, jangan lupa jugaaa isi halaman portofolio.


Hal ini bakalan memudahkan client untuk memilah freelancer. Kalau kamu nggak ngisi portofolio gimana caranya orang tahu keahlianmu? 


projects.co.id freelance



Ketiga, bid project sesuai keahlian


Nah, kalau di website ini kita kudu sering-sering nge-bid (istilahnya ngelamar kerja lah). Waktu ngebid usahain perhatiin deskripsi pekerjaannya. Jangan asal baca judul dan langsung ngebid. Bakalan rempong di belakang ntar. Soalnya dulu saya pernah begitu hihi. Tapi untung aja ownernya super baik dan sabar. Selain itu, hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah budget yang disediakan owner dan juga deadline. Biasanya owner bakalan tulis kira-kira projectnya butuh waktu berapa lama buat dikumpulkan. Kalau dari semua keterangan yang ada kamu masih bingung, kamu bisa nanya dengan ‘Ask Owner’ atau ‘Chat’ secara langsung. Bagi saya pribadi komunikasi sangat penting buat freelancer. Karena ya bisa di bilang kita ini nggak pernah tau secara nyata kita bekerjasama dengan siapa. Komunkasi semuanya lewat chat dan telpon. Kecuali ada beberapa yang minta ketemu dulu sebelum project jalan. Kalau kamu mau lebih detail lagi kamu juga bisa lihat profile owner terlebih dulu. Baca review dari freelancer yang pernah kerja bareng si owner


projects.co.id freelance



Keempat, jelaskan kenapa owner harus memilih kamu

Kalau kamu udah sreg dan pede tinggal langsung aja pencet tombol ‘Place New Bid’. Nah, kalau sudah kamu bakalan ditampiliin halaman kayak di atas. Di kolom ini yang bakalan jadi pertimbangan owner untuk milih kamu. Istilahnya sih kayak surat lamaran ya. Tulis secara singkat dan jelas kenapa si owner harus milih kamu. Sebutin semua kelebihan dan pengalaman terkait project yang pernah kamu lakukan. Kamu juga bisa mencantumkan link portfolio kalau ada. Kalau nggak ada, kamu bisa upload cv seperlunya. Oh ya, kamu juga bisa masukin budget yang sesuai dengan kemampuanmu lho.


Kelima, berdoa dan coba bid yang lain


Hehe. Yap, kalau udah dan nanti kamu jadi freelancer yang di pilih owner pihak projects.co.id bakalan ngasih info lewat email. 


Sebagai freelancer kita emang kudu rajin-rajin buka email. Karena kadang datengnya nggak terduga. Ada yang sehari langsung dihubungi ada yang seminggu bahkan sebulan dihubungi. Kalau nggak di hubungi yaaa belum rejekinya aja. Kamu juga bisa ngebid project yang lain sambil nunggu jawaban lho. Jadi, jangan tergantung dengan satu project aja. Oh ya, selain email, projects.co.id sekarang juga menginfokan ketersediaan project di telegram. Jadi lebih mudah buat kita tahu tanpa harus buka website.


Kelebihan dari website 

  • Berisi orang Indonesia saja. Cocok buat yang pertama kali freelance karena memudahkan komunikasi

  • Bidang yang ditawarkan cukup beragam

  • Ada batas waktu lowongan di buka. Jadi lebih memudahkan untuk mengetahui kepastian project



Kekurangan dari website

  • Budget dari owner cenderung kecil

  • Nggak ada aplikasinya. Padahal kalau ada bakalan lebih memudahkan freelancer memantau dan apply

  • Halaman portfolio kurang menarik dan nggak disertai link jadi menyusahkan owner untuk membuka portfolio online

  • UI/UX kurang menarik juga sih menurut saya


Kira-kira begitulah cara menggunakan menuut pengalaman saya pakai projects.co.id. Overall di sini lumayan sih buat cari-cari selingan. Apalagi di masa pandemu seperti ini jadi lebih bisa sedikit produktif dan cari pengalaman baru juga hehe. 


You May Also Like

5 comments

  1. wah keren, jadi pengen coba tapi kayaknya bakal sibuk banget ngebid ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa begitulah, tapi asal ngebid sesuai kemampuan keknya cepet tembus sih apalagi kalo di dukung portofolio :)

      Delete
  2. Saya juga udah gabung di sini, tapi ... belum banyak dapet job dan dipilih sama worker bid-an saya ... Humm ... Harus semangat ini ya Kak :)

    Oiya ada rekomen tempat freelance lainnya Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek portonya. dipercantik lagi hehe. semangaattt
      cobain sribulancer sama freelancer. atau fiverr juga bisa sih

      Delete
  3. Mantappp sangat menginspirasi 👍

    ReplyDelete