5 Rekomendasi Website untuk Mempercantik Tulisanmu

by - November 17, 2020



Sebagai content writer, memang rasanya nggak afdal banget deh kalau nggak nambahin gambar di tulisan kita. Secara gitu kan mata kita lebih suka yang bergambar daripada full tulisan, kadang bisa membosankan bagi beberapa orang. Padahal informasi di dalamnya sangat bermanfaat. Sayang banget kan kalau misalnya orang nggak jadi baca tulisan kita karena tampilannya yang membosankan?


Nambahin gambar di tulisan juga nggak bisa sembarangan nih. Kalau hasil karya sendiri sih nggak masalah. Yang jadi masalah adalah kalau gambar tersebut milik orang lain. Kalau kita nggak nyantumin sumber bakalan bisa berujung nggak enak nih. Nah, mending sih pakai gambar free royalty aja alias gambar gratisan. Selain nggak perlu pusing sama hak cipta, kita juga nggak perlu pusing kudu create sendiri hehe. 


Read: Cara Menulis di IDN Times Biar Cepet Publish!


Kali ini saya bakalan share website yang ramah royalty. Check thi out! 


Pexels



Website yang satu ini bisa di bilang website kesayangan saya dan mungkin beberapa content writer lainnya kalau buat nambahin gambar. Pexels punya banyak foto yang cukup bervariasi dengan resolusi yang gede banget sampai yang paling kecil. Tenang, ada pilihannya kok. Jadi kamu bisa sesuaikan kebutuhan. 


Alasan lain kenapa saya demen banget pakai website ini adalah download yang cepet. Nggak tahu kenapa deh tiap kali saya download di sini cepet banget. Padahl resolusi yang saya pake itu yang besar. Makanya saya lebih suka di sini karena menghemat waktu hehe. Oh iya, selain foto di sini juga ada video free royalty lho. Jadi lengkap deehh. Selain bisa download, kamu juga bisa ikutan upload karya nih di sini. Lumayanlah ya bisa jadi portfolio. Selain itu di sini juga ada challenge yang bisa kamu ikuti.


Pixabays



Pixabay ini menurut saya koleksi fotonya jauh lebih lengkap daripada Pexels. Di sini kamu juga bisa sesuaikan resolusi foto yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hampir miriplah sama Pexels. Bedanya adalah, selain kamu bisa download foto, di sini juga menyediakan video, music, illustrations, dan vectors. Nah, super lengkap kan. Selain itu kamu juga bisa ikutan upload juga di sini. 


Unsplash




Website yang satu ini berat banget kalau buat saya pribadi. Download lamaa banget. Tapi meski pun gitu Unsplash punya stock foto yang bervariasi. Super lengkap sih menurut saya. Nggak kayak website yang sebelumnya, di sini cuma ada stock foto aja ya. Video, music, vector, dll nggak ada. Tapi, di sini kamu juga bisa ikutan upload karya kok. 


Shutterstock



Website yang satu ini udah terkenal banget di kalangan content writer dan photographer. Yup. Shutterstock jelas punya banyak banget stock foto yang bervariasi. Website yang satu ini cocok banget buat kamu yang terjun di dunia professional. Karena semua stock foto di sini berbayar. Bukan cuma foto, di website ini juga menyediakan footage video dan music. Shutterstock juga menerima kiriman karya kamu lho. Untuk karya yang berhasil di publish akan mendapatkan insentif. Besarnya insentif ini akan tergantung dari berapa kali karya kamu di download. Kuylah yang mau coba-coba. 


Istock Photo



Sama seperti Shutterstock, Istock Photo merupakan website photo yang berbayar. Bedanya, kalau di Istock Photo kamu bisa download music, video, dan illustartions juga. Dengan berbayar terlebih dulu tentunya. Kamu nggak bisa nih asal klik kanan dan klik save karena semua foto di website ini sudah diberi watermark. Jadi, bakalan agak ribet untuk di manipulasi hihi. 


Nah, kira-kira itulah 5 website rekomendasi dari saya untuk mempercatik tulisan kamu di blog atau website. Semuanya tergantung selera juga sih. Kalau saya pribadi sesuai dengan yang saya sebutkan di atas. Karena kebutuhan tiap orang tentunya berbeda-beda. Semangat menulis!





You May Also Like

2 comments

  1. Waaah terima kasih rekomendasinya mba Dea 😍

    Selama ini saya belum pernah pakai foto dari website luar, biasanya jepret sendiri dan kalau nggak ada foto yang cocok sama topik yang ingin saya bahas, maka topik tersebut nggak saya berikan foto hahahahahaha 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha iya mbak aku dulu pun gitu. tp sekarang udah ambil yg free royalty sih
      biar lebih menarik aja hehe

      Delete