Jalan-Jalan Ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) di Masa Pandemi

by - November 01, 2020

 



Setelah beberapa bulan vakum dan dilonggarkannya aturan PSBB di Surabaya, beberapa tempat wisata akhirnya pun dibuka. Salah satunya Kebun Binatang Surabaya. Asli saya seneng banget bisa kesini lagi setelah sekian lama. Mungkin terakhir hampir 2 tahun lalu. 


Kebetulan banget kemarin diajakin komunitas kesana. Selama pandemi tentu ada beberapa peraturan yang berubah. Semua pembelian tiket melalui jalur online. Begitupula transfernya. Untuk harganya masih sama. Rp15.000/orang. Anak-anak dengan tinggi minimal 80cm bisa masuk dan membayar tiket utuh. Pembelian tiket bisa diakses di sini


Tenang, buat yang kebingungan, di sana bakalan ada petugas yang bantuin kok. Oh ya, buat yang nggak bisa bayar transfer juga disediakan pembayaran cash. Nah, nantinya tiketnya akan dikirim berupa barcode di nomor whatsapp terdaftar. Jadi, semuanya sekarang sudah serba online untuk menghindari kontak fisik. Jangan lupa untuk anak-anak pastikan tinggi badannya dulu. Daripada udah sampai lokasi eh nggak boleh masuk kan repot ya, Bund. Setelah dapat barcode, kita bisa deh antri masuk. Sebelum masuk antrian kita diwajibkan untuk cuci tangan dan di cek suhunya. Setelah itu barulah bisa masuk.


Setelah saya masuk, saya seneng bangeeetttt!! KBS sekarang udah bener-bener berubah. Jadi lebih asri dan estetik, biar anak mudanya juga doyan ke KBS nih hihi. Ada juga beberapa wahana baru kayak Jogging Track dan Kids Zoo. 


Kemarin, saya sama temen-temen ke Jogging Track dulu. Ternyata jalanan yang dibuat ini bener-bener bikin nyaman. Ada beberapa jembatan yang bisa dilewati sambil liat burung Pelikan. Seger banget asli!! Selain itu, di beberapa meter jalurnya disediakan backdrop untuk foto-foto. Hmm, emang ya paham anak muda banget nih~


Setelah puas menjelajah Jogging Track, kami ke Kids Zoo. di sini, semua hewannya ramah untuk anak-anak. Dan lebih serunya lagi, mereka bisa banget pegang hewannya dan foto bareng di spot yang sudah disediakan. Tapi, sayangnya semasa pandemi ini cuma bisa dilihat aja belum bisa dipegang. Hewan yang ada di Kids Zoo adalah kura-kura, kucing, ikan, domba, dan biawak, kelinci, dan marmut. Saya rasa anak-anak bakalan suka banget kalo diajak kesini sambil mengedukasi mereka tentang binatang. Para orang tua sambil nungguin anaknya bisa banget cemplungin kaki di kolam ikan terapi. 


Berikutnya kami ke aquarium. Terakhir saya ke sini nggak jauh beda sih. Malah kayaknya sama aja nggak ada yang berubah. Kalau dulu jaman SD saya ke sini, aquariumnya bau dan kotor. Sekarang udah lumayan terang dan bersih. Di sini, tempatnya dibagi jadi 2, ikan air tawar dan ikan air laut. Hewan-hewan di sini semuanya juga sudah diberi penjelasan nama dan asal. Jadi, anak-anak bisa belajar mandiri juga. Untuk masuk aquarium ada tiket masuknya seharga Rp10.000/orang. 


Baru ke tiga tempat itu kami udah capek banget rasanya. Tanpa ada jogging track saya rasa kita udah jogging di area KBS yang luas ini haha. Karena udah lumayan capek, kami cobain naik perahu. Tiket masuk perahu di hari biasa Rp10.000, sedangkan di akhir pekan Rp13.000. Nah, di wisata perahu ini kita bakalan diajakin keliling ‘sebuah pulau kecil’ tempat beberapa hewan yang overload seperti bekantan dan rusa. Waktu sekali putar naik perahu ini sekitar 10-15menit.


Di deket perahu, kita bisa juga naik ke menara 5 lantai kalau nggak salah. Dari atas sana pemandangannya bener-bener bangus bangeeettt. View Surabaya dan KBS yang beneran kayak hutan hehe. Tapiii, buat naik ke atasnya itu lumayan pegel juga sih eheh. Jadi, kali ini kami nggak naik karena udah kelelahan. Selain menara, ada juga sepeda air yang wajib dicobain nih. Mungkin next time hihi.


Oh iya, selama pandemi ini nggak boleh kasih makanan binatang ya. Feeding time jadi di tiadakan. Termasuk naik gajah dan unta. 


Seneng banget Surabaya punya tempat wisata keluarga yang seger dan juga menghibur. Mungkin kalau saya lagi capek mantengin laptop dan taman-taman kota pada belum di buka, saya bakalan ke KBS aja hehe. Semoga aja KBS bisa makin lebih baik lagi. Kayak taman safari maybe hehe. 


P.S. : ini ada video yang saya dan teman-teman bikin siapa tahu kalian bisa lebih tergoda datang haha. Sudah baca trip ke Malang selama pandemi kemarin??





You May Also Like

2 comments

  1. Habis baca tulisan mba soal kebun binatang, saya jadi ingin ke kebun binatang. Sudah lama saya nggak ke sana, padahal dulu saat suntuk biasanya ke sana untuk cari angin segar hehe.

    By the way, sejak ada Corona, segala sesuatu jadi cashless dan sistem yang dibuat pun lebih maju ya, mba. No more ribet-ribet antri di loket, which is bisa memotong waktu yang kita punya :D -- Ohya, video Youtubenya bagus deh, seru lihat pembukanya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kayaknya seru ya kalo di bali kan banyak hijau-hijaunya hehe

      bener bangeettttt. kayaknya Indonesia nih harus ada sesuatu dulu baru berbenah hehe
      maafkeun kalo keiatan kagok di youtube. nggak pernah in frame sih hehe

      thank you sudah mampir <3

      Delete