Museum Surabaya

by - July 22, 2015

Bonjour!


Pada tau nggak kalo ternyata siola sekarang udah berahli fungsi lho. Eiits, sebelumnya tau siola nggak? Siola adalah sebuah pusat perbelanjaan yang pernah eksis sekitaran tahun 90an di kotaku tercinta, Surabaya. Kok yang pernah eksis mer? Ya soalnya sekarang gedung itu udah lama vakum dari hiruk pikuk kota. Mungkin dia lelah, Dan sudah waktunya istirahat (?) Gedung yang berlokasi di Jalan Tunjungan ini adalah bukti sejarah perlawanan arek-arek Suroboyo pada zaman penjajahan. Melihat gedung bersejarah ini pensiun mubazir, akhirnya walikota kita tercinta Ibu Risma berencana untuk menyulap Siola menjadi sebuah museum. Museum Surabaya. Seenggaknya sedikit bermanfaat kan jadinya. Bermanfaat buat foto ehehe. 

ex siola. source : mbah gugel
Didalam museum ini berisi semua tentang Surabaya. Ada dokumen dokumen pemerintahan Kota Surabaya pada masa penjajahan Belanda. Bukunya disusun rapi dalam estalase. Dan jangan sesekali kalian ngegencet estalasenya soalnya bakalan bunyi sirine! Hehe nggak sih cuma ntar dimarahin sama satpam. mungkin kacanya masih rapuh (?) Trus juga ada meja-meja yang pernah dipake pada jaman penjajahan. Meja makan, meja rapat, kabin, dll. Diatas meja makannya juga ada alat makannya lho. Buat yang bawa makanan mungkin bisa dicoba ini mejanya. Siapa tau kalian bisa merasakan sensai jaman penjajahan dahulu. Ada juga miniatur alat musik khas jawa timur kayak gamelan dll.
Trus ada penghargaan-penghargaan yang pernah diraih oleh kota surabaya kayak penghargaan adipura, adiwiyata, kalpataru, dll. Apalagi setelah jabatan walikota diambil alih oleh bu Risma, nambah deh penghargaan Taman Kota Surabaya. Bahkan sampai masuk rekor muri! Nggak percaya? liat aja disini. Juga ada pemberian dari beberapa pejabat negara tetangga yang pernah berkunjung ke Kota Surabaya. Dan yang jelas nggak kalah penting juga ada foto-foto lama kota surabaya dalam bentuk frame hitam putih.

Kalo kalian mau masuk, masuk aja gpp nggak bayar kok. Jadi lumayan kan bisa pinter soal Kota Surabaya dan skalian selfie hehe. Tapi sayangnya didalem museum surabaya ini nggak begitu besar dan lengkap. Yaa, mungkin waktu aku kesana belom selesai ditata kali ya makanya kelihatan kecil gitu.

miniatur alat musik dan oleh oleh kunjungan 


foto-foto taman Kota Surabaya

deretan walikota Surabaya


Semoga aja isinya makin lama makin lengkap dan makin banyak museum di Surabaya. Jadi Semua orang bisa belajar tentang kota mereka dengan mudah. Apalagi generasi anak muda berikutnya ini....

You May Also Like

0 comments