Manusia Satu

by - June 05, 2018




Beberapa tahun terakhir aku mulai tersadarkan. Menginjak umur 20an memang bukanlah hal yang menyenangkan. Jika kau pernah berekspektasi, terutama pada masa perkuliahan, kamu bisa bersenang-senang setiap waktu layaknya cerita ftv, itu salah besar. Terutama jika kamu mulai memasuki masa-masa dimana harus mengerjakan skripsi atau TA atau bejibun tanggung jawab lainnya.

Menurutku, dimasa ini kita mulai terpisahkan. Jika dulu saat awal perkuliahan kita masih bisa bertemu dengan banyak teman-teman, nongkrong bareng kelar jam kuliah di kantin atau perpus, ngerjain tugas bareng di cafe, atau semacam kebersamaan menghabiskan sisa waktu dikosan teman, menginjak semester tua hal-hal semacam ini sudah hilang dari khayalan. Karna kita mulai sibuk menyiapkan diri sendiri. Sibuk dengan skripsi masing-masing. Terpisahkan dengan waktu yang mulai jarang bertemu karna tak ada lagi kelas yang dihadiri. Ada juga yang mulai merencanakan masa depan setelah lulus, apakah lanjut studi, bekerja, atau menikah? Bahkan ada pula yang sudah bekerja demi mengisi kekosongan.

Disaat itulah jarak akan semakin terasa. Dengan kesibukan masing-masing kita tak lagi bisa memaksakan seseorang untuk selalu bersinggungan dengan hidup kita. Ah, toh kamu juga akan mulai menolak beberapa undangan teman untuk menghadiri suatu pertemuan dengan kawan lama. Dengan alasan klasik pada umumnya, sibuk.

Tak apa, itu hal wajar. Karena semakin bertambahnya waktu yang tlah kita lalui, kita akan semakin berpikir. Apa yang sebenarnya kita inginkan? Apa yang ingin kita kejar? Apa yang ingin kita raih? Waktu akan terus berputar. Jadi, tak mungkin kan jika kita harus menunggu teman? Hehe. Biarkan mereka menjalani hidupnya, begitupula dengan kehidupan kita. Tapi, jangan sampai lupa teman. Sesekali mungkin bisa meluangkan waktu untuk sekedar mengobrol di chat atau adakan janji bertemu. Jangan keburu ngejudge org sombong. Kamu udh coba hubungi belom? Hehe.

You May Also Like

2 comments

  1. True. . Eh udah tua ternyata ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. makin muda sih sebenernya kan umurnya makin kurang :))

      Delete