Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Resep Jajanan Nggak Sehat yang Bikin Happy

7 comments


Meski Lebaran sudah berlalu, tapi di rumah saya masih adaaa aja jajanan Lebaran yang belum habis. Ada yang kayak gini juga nggak sih? Dan saya ngeliatnya jadi eman (sayang) gitu. Menatap nanar jajanan Lebaran yang nggak tersentuh. Hiks, kasihan 😢

Penghuni rumah saya sebetulnya nggak seberapa suka dengan biskuit. Dan, yaa teman-teman tahulah ya tradisi adanya biskuit Khong Guan saat lebaran? Kemarin ada salah satu kerabat yang membawakannya ke rumah. Yang sayangnya hingga saat ini hanya dimakan sedikiiit sekali. Kira-kira masih ada ⅞ biskuit di dalamnya 😬 


“Kalau dibiarin gini mah nggak bakalan ada yang makan,” begitu pikir saya kemarin. 


Akhirnya, saya pun ngide mengolah biskuit Khong Guan tersebut menjadi bola-bola coklat. Yap, makanan manis yang kalau dipikir-pikir sebenernya nggak sehat tapi bikin happy haha. Gimana nggak, kombinasi susu kental manis (skm)dan margarin yang harus hati-hati banget dikonsumsi apalagi bua yang punya diabetes atau kolesterol 👀 


Karena saya lagi kedatangan tamu bulanan dan rasa-rasanya butuh banget mood booster, nggak apa-apa lah ya. Keadaan darurat! Haha 😝 



Sebenarnya bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Resep bola-bola coklat ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan bisa teman-teman sesuaikan dengan selera masing-masing yaaaa eheh 😆


Check this out!


Bahan

  • 1/4 biskuit Khong Guan. sebenernya masih banyak banget sisanya tapi saya pakai ⅓ aja karena dengan biskuit segini juga udah jadi bola-bola coklat banyaaakkk banget. 

  • 200ml susu kental manis (skm) coklat. 

  • 50gr margarin

  • 180gr meses warna-warni


Cara membuat 


  • Masukkan secara bertahap biskuit ke dalam wadah berukuran sedang. Jangan langsung dimasukkan semua untuk memudahkan menghaluskannya nanti.

  • Remukkan biskuit sampai menjadi potongan kecil dengan menggunakan ulekan. Supaya ulekannya lebih mudah dibersihkan, masukkan ulegan ke dalam plastik 1/2kg. 

  • Masukkan potongan kecil ke dalam blender lalu blender hingga halus. Karena bahan yang dimasukkan adalah bahan kering, pastikan untuk mengaduknya secara berkala supaya mesin nggak panas dan biskuit dapat hancur merata. Sebenarnya teman-teman juga bisa menumbuk biskuit dengan ulekan kalau mau, tapi saya terlalu malas karena bakal lama hehe. 

  • Campurkan biskuit yang sudah halus dengan susu kental manis secukupnya. Masukkan bertahap sesuaikan dengan selera. Sebenarnya biskuit Khong Guan sendiri sudah manis apalagi karena yang saya masukkan ada biskuit yang ada cream nya jadi sudah cukup manis. 

  • Setelah adonan sudah cukup manis dan basah, campurkan adonan dengan margarin secara bertahap. Banyaknya margarin bisa disesuaikan dengan adonan teman-teman sampai adonan bisa cukup keras untuk dibentuk. 

  • Bentuk menjadi bola-bola kecil. Kalau bisa sih jangan terlalu kecil karena bakalan lamaaaa bangeeet dan capeeek jadinya haha. 

  • Baluri dengan meses.

  • Masukkan ke dalam kulkas supaya mengeras. 

  • Taraaa! Bola-bola coklat siap dicemilin hihi 🤤



Sayangnya bola-bola coklat saya mesesnya nggak mau menempel dengan sempurnaa karena terlalu banyak margarin hihi. Dulu saya diajari ibu saya membuat bola-bola coklat sejak SD. saya ingat sekali dulu ibu saya malah meminta saya memarut biskuit dengan parutan kelapa supaya halus. Makin ke sini makin malas dong berlama-lama, jadinya saya ganti saja pakai blender hehe 😜 
Biasanya sih saya pakai biskuit Regal karena teksturnya lebih padat dan rasanya nggak terlalu manis.


Baca juga: Pengalaman Jadi Estimator


Hmm, kira-kira sisa biskuit Khong Guan ini enaknya dijadikan apalagi ya? Kalau dijadikan bola-bola coklat semua lama-lama enek banget. Dan nggak baik juga untuk kesehatan hihi. Teman-teman juga jangan terlalu banyak nih makan bola-bola coklatnya 😬 


Selamat mencobaaaa~


deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

7 comments

  1. wooow nampaknya sangat enak tuh yaa mbak hehhe

    ReplyDelete
  2. khong guannya aja udah enak, diolah lagi ditambah bahan-bahan lain makin enak pasti :D

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat, dulu Mbah pasti sedia Khong Guan setiap lebaran. Dan yang aku dan para sepupu rebutkan di dalam kaleng Khong Guan ini cuma wafernya doang, sementara biskuit lainnya gak tersentuh sama sekali. 😂😂😂

    Ada juga kejadian pas ke rumah tetangga, aku excited banget pas nemu kaleng Khong Guan. Maksudnya pengen cepet embat wafernya gitu. Dan pas dibuka, ternyata isinya rengginang 🙈. Sungguh mengejutkan. Tapi untungnya aku suka. Jadi tetep aja habis banyak. Duh, malu-maluin orang tua aja aku pas bertamu gini.🤭

    Ngomong-ngomong, tipsnya bermanfaat banget, Mbak 😆. Bakal aku praktekin nih buat sisa biskuit lebaran di rumah. Kalau biskuit yang polosan kan orang rumah banyak yang gak suka. Tapi kalau dikasih banyak coklat gitu kayaknya bakal laku keras. Soalnya serumah pecinta coklat semua. 😍

    ReplyDelete
  4. Enak niiihh... Saya pernah bikin ini... dan dimakan sendiri karena suami nggak suka :))

    ReplyDelete
  5. bola bola coklat aku suka, seringnya ya makan kalau pas dirumah temen
    nggak pernah bikin sendiri selama ini padahal resepnya gampang banget
    khong guan ini legend pol, dari zaman aku cilik sampe sekarang masih eksis

    ReplyDelete
  6. Kenapa yaa, yang ga sehat itu terkadang malah lebih enak..hahahhaa
    biskuit khong huan ku rumahku juga masih mbak banyak mbak. Emang kalau makan biskuit ini ga boleh cepet-cepet. Yang boleh cepet hanya wafernya...wkwkwk

    Regal itu berasa di level teratas dalam sebuah biskuit. Kalau di rak minimarket, harganya paling mahal dibandingkan biskuit lainnya. Tapi emang lebih padat dan ga terlalu manis. Terkadang aku juga stok regal di rumah. Tinggal cari mau minum apa sebagai pasangannya :D

    ReplyDelete
  7. Kok ngilu lihatnya, coklat coklat gituuu. Tapi kayaknya enak kak, bikinnya juga lumayan mudah. Cocok nih buat camilan

    ReplyDelete

Post a Comment