Blogger, Side Hustle yang Nggak Disengaja

by - January 20, 2022

Menjadi seorang part-time blogger sebenarnya bisa dibilang adalah hal yang kebetulan untuk saya. Awalnya saya nggak pernah berpikir dari blogging akan bisa menghasilkan cuan. 


Secara gitu lho hari gini siapa sih yang masih baca blog? Yang ada orang-orang lebih suka bukain Instagram atau Youtube. Karena kedua media itu mengutamakan visual yang lebih menarik daripada barisan tulisan yang menjemukan. Hayo betul nggak? Hihi. 


Saya suka banget menulis dari saya SD. Dan saya membuat blog ini juga karena iseng untuk arsip cerita jalan-jalan saya semasa kuliah. Nulisnya pun jarang-jarang kalau lagi pengen aja.  


Setelah vakum beberapa lama, akhir tahun 2020 saat pemerintah mewajibkan work from home (wfh), saya mulai ngeblog lagi. Saat itu saya menggunakan blog sebagai sarana curhat dan latihan untuk menulis fiksi. Maklum pengen banget bisa nerbitin buku. Kan siapa tahu bisa kayak Bang Raditya DIka hehe.


Baca juga: 6 Platform Influencer yang Bikin Cuan


Saat saya mulai rutin menulis itulah tiba-tiba suatu hari saya mendapatkan e-mail tawaran kerja sama dari brand kecantikan. OMG! Saya jelas shock dong. Bahkan saya sempat negative thinking kalau itu adalah penipuan haha. 


Setelah saya berdiskusi dan meyakinkan diri, saya pun mengiyakan tawaran tersebut. Meski fee nya nggak gede, tapi buat saya pribadi itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Bisa kebayang nggak betapa senengnya bisa menghasilkan dari hobi?


Mendapatkan angin segar, saya pun mulai menekuni blog sebagai side hustle. Toh, selama saya bisa membagi waktu dan tetap menyelesaikan pekerjaan utama dengan baik, nggak ada salahnya kan? 


Setelahnya pun mulai berdatangan tawaran dan saya juga mulai mengikuti campaign di beberapa platform. Dari sinilah saya merasa cita-cita saya mulai bisa terwujud sedikit demi sedikit. Bahkan, mungkin suatu saat nanti saya bisa menjadi full time blogger hehe. 


Pandemi yang kita nggak tahu kapan kelarnya ini, jangan sampai bikin kita stuck. Yuk, mari explore diri. Ini dia beberapa ide side hustle yang bisa teman-teman coba selagi masih di rumah aja. 


Ide side hustle di rumah


Blogger



Kamu yang memiliki passion menulis, menjadi blogger tentu akan menjadi hal menyenangkan di sela-sela kesibukan pekerjaan utamamu. Ibaratnya nih, kamu bisa mengeluarkan segala uneg-unegmu di blog.  


Kamu bisa menulis banyak hal seperti tips and trick di bidang pekerjaanmu atau menulis apapun yang kamu suka. Misalnya saja  menuliskan cerita tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi atau menulis review produk kecantikan kalau kamu menyukai mencoba-coba skincare. Selain hobi, menulis di blog juga bisa menjadi portofoliomu, lho. 


Fotografer produk



Hari gini siapa sih yang nggak jualan online? Mengingat semakin banyaknya orang yang memiliki toko online, kamu tentu akan memiliki peluang yang cukup besar menjadi fotografer produk.


Selain bisa bekerja sesuai passion, kamu memiliki kesempatan untuk mencoba barang tersebut sebelum dijual. Bahkan, kalau kamu suka makanan kamu jadi bisa makan banyak jenis jajanan kekinian deh. 


Home decor



Meningkatnya jumlah orang yang berada di rumah membuat mereka pada akhirnya menyadari kondisi rumah mereka. Menghabiskan waktu di rumah tentu membuat kebanyakan orang pada akhirnya bosan dengan interior yang itu-itu saja. 


Kamu yang memiliki keahlian dalam bidang menata ruangan, bisa banget membuka jasa home decor lho. Pekerjaan ini juga bisa kamu lakukan melalui panggilan video. Kamu bisa menunjukkan hasil dekorasimu melalui website yang kamu buat. 


Online shop



Sejak pandemi dan banyak orang yang terbiasa belanja online, membuat peluang berjualan online menjadi semakin besar. Berbagai macam barang sekarang sudah bisa dikirim dari mana saja. 


Memiliki online shop ini akan cocok banget terutama buat kamu yang suka belanja. Dari kebiasaanmu gemar berbelanja tentu kamu akan tahu mana toko yang memiliki harga lebih murah dengan kualitas yang baik. Bahkan bisa saja lho penghasilanmu dari berjualan online akan lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan utamamu.


Desain grafis/ilustrator



Selain keempat kegiatan di atas, menjadi desainer juga bisa kamu jadikan side hustle yang menarik. Coba deh kamu perhatiin, sekarang siapa sih yang nggak butuh desain? Misalnya saja toko online yang butuh desain untuk banner di marketplace, social media, atau bahkan logo untuk tokonya sendiri. 


Eits, tapi yang lebih penting dari itu semua… 



Di era digital saat ini, sebenarnya sangat penting untuk melakukan personal branding. Meski media sosial seperti Instagram sedang populer, tetapi peran website tetap memiliki pengaruh yang cukup besar. Coba deh kalau kita mau mencari sesuatu, kita pasti bakalan browsing dulu di Google, kan?


Maka dari itu, media personal branding yang tepat adala website. Dengan adanya website kamu bisa mengunggah semua porfoliomu, seperti foto, tulisan, video, dan bahkan toko online kamu. Ibaratnya nih, website adalah pintu ke mana saja persis kayak punya Doraemon. Yang bisa menghubungkan ke semua media sosial yang kamu punya. 


Selain itu, kamu juga bisa banget mendisain tampilan website sesuai dengan persona kamu. Minimalist, feminim, bahkan aesthetic. Buat kamu yang ingin mencoba membuat website lebih baik cobalah hosting murah (bahkan ada nih yang harganya mulai dari 10ribu saja) terlebih dulu seperti Niagahoster. Di sini, kamu bisa menemukan hosting terjangkau yang sesuai dengan kebutuhanmu. 


Memiliki pekerjaan yang sesuai passion memang menjadi idaman banyak orang. Bekerja pun rasanya nggak ada tekanan. Meski pasti ada deadline dari berbagai macam client, tapi kita bakalan bisa ngerjain dengan maksimal dan yang jelas senang hati hehe. 

You May Also Like

26 comments

  1. Semangat terus kak ngeblog nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaciii cuiisss 💕💕💕
      semangat juga untukmuuuu kerjanyaaa hihi

      Delete
  2. Aku masih newbie banget nih mbak di dunia blogging. Tapi cita2 pengen jadi cuan dari blogger ya ada sih hehe. Biasanya dapat project dari mana sih mbak? Caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. macem-macem.sekarang udah banyak platform yang campaign. cobain intellifluence itu lagi hype juga 😊

      Delete
    2. nah iya, bikin penasaran nih intellifluence soalnya banyak temen2 yang pake itu ya.. tapi aku masih belum PD sih mbak wkwk

      Delete
  3. Aku pernah ikutan pelatihan seo website dari prakerja, emang bener loh kalo branding paling bagus itu dr website

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mbak aku juga denger begitu dan menurutku bener sih karena di website kita bisa taruh segala sesuatunya jauh lebih detail hehe

      Delete
  4. Setuju mbak, di awal 2022 ini saya juga mulai memperlakukan blog saya berbeda. Dalam artian, konten saya adalah aset digital dan personal branding buat saya.

    Jadi sekarang nulisnya ngikut petuah alm. Pakde Cholik, ngeblog sing penak mung ojo sakenake. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh juga nih mas Prim dipake quotenya 😁

      Delete
  5. Kasusnya sama buat blog krn iseng efek hobi nulis namun seiring tahu peluang saya malah lain niat, biar dpt uang efeknya setelah aprve ads jadi malas nulis krn lama. Terus kalau tawaran job jg beda lagi. Krn gk paham nanya rate card jadinya gk brani ambil dh. Skrg niat nulis aja dulu kalau rezeki pasti kembali . 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ngajuin ads emang butuh kesabaran extra 😆
      benerr rejeki emang nggak bakal kemana kok. yuk tetap semangat blogging nyaa hehe

      Delete
  6. Sebenar.y blogger udah side hustle sejak SMA tapi jarang ngepost pas kuliah pun lari" baru deh sekarang lebih serius, semoga berkah kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren mbak bisa dari SMA udah side hustle nya blogging
      hehe iya aku pun baru akhir-akhir ini memutuskan untuk serius 😆

      Delete
  7. Berawal dari hobi nulis di blog, akhirnya bisa dapet cuan dari berbagai sumber ya. Sangat inspiratif tulisannya

    ReplyDelete
  8. Wiih keren udah bisa ngehasilin uang dari blog, aku juga pengen. Mungkin usahaku masih belum cukup ya. Semangat terus kak ^^

    ReplyDelete
  9. bismillah, saya juga ingin dapat penghasilan dari nge-blog, semoga lancar, terimakasih artikel nya sedikit memotivasi kak.

    ReplyDelete
  10. Pas banget aku lagi kepikiran untuk cari side hustle hahaha. Jadi mengingatkanku untuk bangun branding juga

    ReplyDelete
  11. Aku juga menjadi blogger secara ngga sengaja karena kebetulan emang suka mbanget menulis sejak SD juga hehehe. EH sekarang bisa menjadi profesi yang menghasilkan. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  12. Dari hobi nulis bisa jadi cuan ya Mbak Dea, alhamdulilah sekarang udah mulai berdatangan konten berbayar buat ditampilin di blog ini. Selain itu, postingan berbayarnya juga lumayan bisa buat nambah2 update di blog :-D

    ReplyDelete
  13. Home decor bisa jadi niche yang paling menyenangkan untuk side hustle sebagai blogger di rumah. Bisa sekalian ajak anak-anak untuk mendekorasi ruangannya bersama. Ide yang keren kak..

    ReplyDelete
  14. banyak cara menghasilkan cuan ya. semoga blog bisa menemukan lg tempatnya tidak kalah dgn youtube ato instagaram

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk yg selalu cari informasi dari blog dulu mba, sebelum cek YouTube dan lainnya 😄. Mungkin Krn aku suka baca, jadi informasi dari media tulisan LBH aku percaya 😁👍.

    Side hustleku sendiri lebih ke trading sih, mostly saham. Lumayan, utk bebrapa emiten, gerakannya lumayan aktif di masa pandemi, walopun resiko jadi lebih tinggi. Pinter2 untuk baca charting, analis teknikal dan nemuin right time aja untuk tahu kapan jual dan beli 😁. Lumayan profitnya, ngalahin gaji pas msh ngantor 🤣..

    ReplyDelete