Kawasan Religi Ampel, Surganya Makanan Timur Tengah di Surabaya

by - April 03, 2022


Tempat ngabuburit asyik di Surabaya di mana ya yang bukan di mall?


Saat bulan Ramadan tiba, Surabaya memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi dengan nuansa Timur Tengah. Wisata Religi Ampel. Kawasan ini terletak di Surabaya Utara menuju Pelabuhan Perak. 


Membayangkan menunggu adzan maghrib dengan berkeliling mencari tempat makan untuk berbuka dan membeli cemilan atau sekadar berbelanja kurma selalu membuat saya excited. Dikenal sebagai kawasan berpenduduk keturuan  Arab, tempat ini menyajikan suasana yang berbeda saat bulan Ramadan. 


Baca juga: Ide Kegiatan Mengisi Waktu Saat Puasa di Rumah


Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa teman-teman lakukan saat mengunjungi Kawasan Religi Ampel Surabaya. Check this out!


1. Ngabuburit belajar sejarah 


sumber: Google

Sebagai salah satu kawasan religi di Surabaya yang selalu masuk list dalam kunjungan ziarah makam wali songi di Surabaya, Makam Sunan Ampel menjadi pusat wisata tempat ini. Teman-teman bisa mempelajari sejarah penyebaran Islam di Pulau Jawa melalui perjalanan Sunan Ampel. 


Ada pula makam Mbah Soleh yang terkenal sakti. Ini saya juga nggak begitu paham. Konon, Mbah Soleh ini adalah salah satu santri Sunan Ampel yang sering selalu menjaga kebersihan masjid. Uniknya, Mbah Soleh memiliki 9 makam di kawasan ini.


Selain makam Sunan Ampel, di kawasan ini juga terdapat makam KH. Mas Mansyur yang merupakan salah seorang pahlawan kemerdekaan saat kependudukan Jepang. Ada yang masih ingat organisasi yang dibentuk Jepang, PUTERA? KH. Mas Mansyur merupakan salah satu tokoh empat serangkai yang menanamkan semangat nasionalisme pada saat itu.


2. Berbelanja keperluan Ramadan


sumber: Google

Setelah selesai belajar sejarah dan mengunjungi makam Sunan Ampel, teman-teman bisa berbelanja keperluan Ramadan. Kawasan ini terletak di pintu masuk dan keluar menuju makam Sunan Ampel yang berbentuk gang kecil. 


Di sisi kanan dan kiri banyak penjual kurma, tasbih, mukenah, dan keperluan lainnya. Kawasan ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Teman-teman harus parkir di luar dan berjalan sedikit. Apalagi kalau membawa mobil jalannya lumayan jauh. 


3. Jalanan penuh dengan penjual makanan timur tengah


sumber: Google

Penjual makanan berjejer di gang yang lebih besar, JL. KH. Mas Masyur. Merupakan jalanan utama dan tempat parkir mobil, sisi kanan dan kiri jalanan ini dipenuhi depot makanan yang menjual berbagai makanan Timur Tengah. 


Baca juga: 8 Tips Solo Traveling Biar Nggak Zonk!


Nasi Briyani, Nasi Kebuli, Jus Kurma, dan banyak lainnya. Salah satu depot yang terkenal ramai adalah Yaman Kuliner dan Almutlik. Oh ya, kawasan ini juga menjual Es permen Karet yang cukup terkenal di Surabaya karena hanya ada saat bulan puasa/ teman-teman wajib coba deh. Atau mau coba masak sendiri dengan beras basmati? Boleh juga lho.


4. Salat terawih di Masjid Ampel yang terkenal


Sumber: Google

Kenyang berbuka, teman-teman bisa kembali lagi ke bagian dalam untuk melakukan salat terawih berjamaah di Masjid Ampel. Masjid ini merupakan salah satu masjid tua di Surabaya. Didirkan sejak tahun 1941, masjid ini pernah diserang tentara Belanda dan masih kokoh hingga saat ini. 


Biasanya masyarakat Surabaya akan berbondong-bondong salat terawih di sini saat bulan Ramadan. Meskipun bisa dibilang salatnya cukup lama karena imam akan membaca 1 juz di satu rakaat. 


Kawasan ini terkenal ramai saat Ramadan. Sebenarnya sih tempat ini juga ramai saat bulan-bulan biasa tapi bakalan lebih ramai lagi saat bulan puasa. Jadi, saran saya kalau mau ke sini lebih baik sore hari jangan sampai mendekati maghrib karena bakalan penuh banget susah dapat parkirnya.


Hmm, sewaktu saya menulis ini saya langsung membayangkan berbuka dengan nasi Briyani, roti canai, dan jus susu kurma. Enak sekali sepertinya!

 

Kalau teman-teman, paling suka makanan timur tengah apa nih buat berbuka? Btw, happy first day fasting! Hihi 



***

BPN03: Tempat Ngabuburit Asyik

You May Also Like

14 comments

  1. 1 juz untuk 1 rakaat mbaaaa ??😱😱😱😂. Ntahlah aku kuat atau ga itu 🤣🤣..

    Aku suka bangt sih makanan timur tengah. Mau itu nasi briyani, nasi mandi, nasi kebuli, kebab dll. Mungkin Krn terbiasa Ama makanan kaya rempah Yaa pas msh di Aceh, jadi makanan timur tengah, India dan yg kuat rempah2nya , aku doyan 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya gtu lah mbak. kalo aku sih kayaknya nggak kuat 😂
      eh iya, Mbak Fanny kan dari Aceh ya. wah, berarti di sana banyak makanan Timur Tengah gtu? aku baru tahuuu. menarik juga ya 😆

      Delete
  2. Waduhh, jadi kepengin makan Nasi Briyani nih karena Kakak hehe.

    Pengin sih Kak ke Masjid dan makam Sunan Ampel ini, ingin tahu sejarahnya karena sejak kecil pernah baca buku Wali Songo dalam format komik dan itu sangat keren.

    ReplyDelete
  3. Duhhh ampel, aku 3x kesini gara2 ada lomba di hotel yang deket banget dari ampel, tinggal jalan kaki gitu. Rinduuu

    ReplyDelete
  4. Roti canai heeee enak bgt pasti. Itu nasi kebulinya bikin ngiler. Masyaalah bacaan salatnya lama jg y mbak.

    ReplyDelete
  5. Wow, melihat nasi kebulinya itu loh. Bikin ngiler euy :D

    ReplyDelete
  6. saya suka banget makanan timur tengah kalau orang Indonesia yang masak karena memang rempahnya sesuai dengan lidah saya. saya coba di negara lain, biasanya cocok-cocokan, penasaran pengen cobain makan ke sini pengen cobain nasi briyaninya

    ReplyDelete
  7. ke tempat bersejarah sunan ampel, keren tuh...jalan sambil belajar...
    belanja takjil dan kebutuhan juga ngabuburit pilihan buat irt..

    ReplyDelete
  8. Hmmm so yummy banget emang makanan di Ampel. Apalagi masakan timur tengah nya

    ReplyDelete
  9. Memang kuliner timur tengah naik daun pada saat Ramadhan. Termasuk saya yg harus stok kurma dan kadang makan nasi kebuli bersama kawan pada waktu itikaf di masjid.

    ReplyDelete
  10. wah kebeneran saya mau nyoba ngabuburit di Ampel kalau ke Surabaya nanti, seru kayaknya.

    ReplyDelete
  11. Puasa2 gini liat makanannya jadi bikin ngiler. Sayangnya tempatnya jauh. Di sini belum ada kulineran timur tengah seperti itu.

    ReplyDelete
  12. Saya udah pernah ke kawasan Ampel ini waktu ke Surabaya. Sempat juga makan makanan khas Timur Tengahnya :)

    ReplyDelete
  13. Wah seru itu kak yang pertama, Kita bisa Ngabuburit belajar sejarah disana. semoga bisa berkunjung kesana yah.

    ReplyDelete