Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Kriteria Laptop Ideal yang Bikin Produktif, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

2 comments

Memasuki era digital, saya jadi semakin melek banyak hal. Terlebih saat kemarin pandemi kita dipaksa untuk segera beradaptasi dengan normal baru. Banyak banget hal yang dulunya terasa aneh, justru sekarang jadi hal yang biasa. Belanja online, sekolah online, hingga kerja dari rumah. Seolah jarak bukan lagi masalah besar.  

Dulu sewaktu SD, sepertinya saya jadi salah satu murid yang pernah berdoa agar libur sekolah dibuat lebih lama. Satu bulan, dua bulan barangkali. Eh, nggak tahunya di tahun 2020 pandemi melanda dan sekolah libur. Meski nggak benar-benar libur, tapi sekolah dari rumah. Saya yang melihat adik saya sekolah online rasanya kayak bukan sekolah lagi.

Begitu pula dengan kegiatan bekerja. Kalau dulu kerja identik dengan datang ke kantor, sekarang mah kerja bisa dari rumah. Bahkan dari mana saja. Bisa juga sambil jalan-jalan ke Bali. Meeting online sambil nungguin sunset di Pantai Sanur. Aduh, balance sekali rasanya hidup ini. Iya, nggak?

Jaringan, Masalah Utama Mahasiswa dan Pekerja

Kalau lagi di café atau coworking space, sudah nggak bisa lagi dibedakan mana pekerja kantoran, mana pekerja freelance, dan mana mahasiswa yang lagi ngerjain tugas. Semuanya sama rata datang ke café membawa laptop untuk mencari suasana bekerja dengan WiFi yang kencang.   

Untuk memenuhi semua kebutuhan belajar dan bekerja itu, biasanya yang jadi kendala utama adalah jaringan. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini pun seringkali menjadi topik utama.

“Eh, disana ada wifinya nggak? WiFinya kenceng nggak?”

Pokoknya hal yang berhubungan dengan jaringan adalah pokok permasalahan utama. Mungkin bakalan ada yang kasih solusi. Ya pake modem dong biar nggak ribet. Atau tetring dari smartphone.

Iya sih, modem bisa jadi salah satu solusi. Tapi, bisa nggak ya kalau dibuat lebih ringkas lagi solusinya. Misalnya, laptopnya jadi punya modem yang terintregasi di dalamnya? Haha dasar banyak mau.  

Kriteria Laptop Produktif

Di tahun 2022 dengan teknologi yang sudah semakin canggih ini, tentunya banyak pelajar, mahasiswa, hingga pekerja yang membutuhkan laptop dengan performa yang kencang juga mumpuni untuk dibawa ke mana pun.

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi laptop untuk mahasiswa atau pekerja, coba deh pertimbangkan kriteria laptop di bawah ini. Biar kamu nggak nyesel dan lebih produktif lagi. 

1. Bisa online di mana aja 

Sumber: ASUS

Online menjadi kata wajib di tahun ini bagi semua kalangan. Rasa-rasanya hidup di masa ini sudah nggak bisa jauh-jauh dengan jaringan.  

Bukan hanya pekerja, mahasiswa juga berkejaran dengan deadline. Dituntut untuk mengumpulkan tugas pukul 12 siang misalnya. Tapi, ada saja kendala. WiFi kampus yang lemot lah, WiFi perpus yang kadang mati kadang nyala. Namanya juga dipake bareng-bareng. Berbagi. Ya, alhasil kuotanya juga bagi-bagi.

Sama halnya dengan mahasiswa yang membutuhkan jaringan untuk keperluan kuliah, para pekerja pun membutuhkan laptop untuk bisa bekerja dengan lebih nyaman.

Laptop yang banyak dibutuhkan saat ini adalah laptop yang bisa online di mana saja meski nggak ada WiFi. Syukur-syukur kalau terintegrasi modem di dalamnya yang support jaringan 4G LTE. Wah, ini bakalan nyaman banget sih. Kerja jadi lebih fleksibel dan maksimal di mana saja.

Selain support jaringan 4G, adanya Intel WiFi 6 akan jauh lebih sempurna. Karena WiFi 6 mampu memberikan koneksi empat kali lebih stabil di area padat. Meskipun menggunakan WiFi di area padat, kamu akan tetap bisa berselancar dengan tenang.

Seperti saat kemarin saya sedang bekerja di café dan ternyata ada orang di belakang saya yang sedang sidang skripsi. Bayangin, sidang skripsi di café? Beruntung mahasiswa tersebut bisa fokus menjelaskan karena kebetulan café sedang dalam keadaan sepi pengunjung. Kalau rame gimana? Kan kasihan ya nggak bisa fokus.  

Eh, tapi emang ada laptop kayak gini? Ada kok tenang aja. Coba baca tulisan ini sampai habis. 

2. Nggak lemot biar bisa sat set sat set

Sumber: ASUS

Inti dari pekerjaan yang cepat selesai adalah prosesor dari laptop. Ada baiknya kamu memiliki laptop dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics yang membuatmu dapat bekerja lebih cepat dan responsif.

Selain prosesor, memory juga salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pastikan laptop yang kamu pilih memiliki RAM hingga 48 GB DDR4 SO-DIMM dengan memory 1 TB PCIe® M.2 SSD.

Dengan kapasitas ini kamu yang hobi membuka banyak software dan tab akan tetap bisa bekerja dengan tenang tanpa gangguan laptop yang mendadak ngehang atau ngelag. Nggak mau kan lagi enak-enak mengerjakan tugas tiba-tiba laptop ngambek?

3. Layar fleksibel dan dilengkapi stylus

Sumber: ASUS

Mahasiswa dan pekerja memiliki berbagai macam kegiatan dalam menggunakan laptop. Membuat catatan atau menggambar dalam mode tablet, mengecek dokumen revisi dengan mode tenda, atau bahkan mengambil foto saat rapat atau perkuliahan secara langsung.

Laptop yang mendukung kegiatan tersebut tentunya harus memiliki layar 14  inchi yang fleksibel. Memiliki engsel yang dapat diputar 360° sehingga dapat dijadikan tablet alias laptop 2 in 1. 

Ngomongin layar, nggak lupa juga pilih laptop dengan layar yang memiliki perbandingan rasio screen-to-body 80% supaya lebih terlihat modern dan mendapatkan pandangan yang lebih luas.

Memiliki layar multi sentuh dua sisi juga merupakan poin plus. Fitur ini akan berguna sekali untuk memberikan masukan intuitif dalam pembelajaran dan pengalaman kerja lebih modern.

Berlama-lama di depan layar juga akan lebih aman jika layar memiliki sertifikasi TÜV Rheinland yang akan membantu melindungi mata dari bahaya emisi cahaya biru (blue light).

Untuk kamu yang sering membuat catatan, jangan lupakan kehadiran Stylus atau Pen yang akan memudahkan kegiatanmu. Pen dengan pengisian daya 15 detik yang memberikan daya yang cukup untuk penggunaan selama 45 menit. Ada kuliah dadakan yang butuh corat-coret nggak lagi bikin kamu panik nggak bisa mencatat.

Selain layar, kebutuhan kamera pada masa ini juga cukup krusial. Keperluan meeting dan presentasi perkuliahan akan lebih baik dengan fasilitas kamera 720p HD yang didukung 13 MP.

Kalau ingin memotret dosen yang sedang menjelaskan di depan gimana? Nah, maka dari itu pilihlah laptop yang memiliki 2 camera pada keyboard dan layar dengan teknologi 3D noise-reduction (3DNR). Sehingga saat laptop pada mode tenda, kamu masih akan lebih mudah mengambil foto di depanmu tanpa mengurangi kualitas gambar.

Nah, kalau begini sih sudah nggak perlu gotong-gotong laptop dan tablet sekaligus, kan?

4. Ringan dibawa ke mana saja

Sumber: ASUS

Sebagai penunjang kegiatan produktif pekerja dan mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi, bobot laptop merupakan hal yang tidak boleh  kamu sepelekan. Beban laptop yang terlalu berat, akan mempengaruhi kinerjamu. Bisa saja kamu yang diharuskan bekerja di luar, merasa terbebani karena harus membawa laptop yang berat.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, ada baiknya kamu memilih laptop dengan bodi yang ringkas. Misalnya saja dengan bobot 1.6 Kg. Bobot ini akan memudahkan kamu membawa laptop ke mana saja.

Bekerja di luar meja kerjamu, tentu akan mendatangkan banyak kemungkinan seperti cuaca yang ekstrim dan guncangan berlebihan. Adanya sertifikasi standar militer AS MIL-STD 810H, akan membuatmu lebih tenang dalam bekerja menghadapi tantangan sehari-hari.

Dalam meminimalisir kecelakaan yang membuat laptop rusak dan data hilang, keyboard kedap air akan menjadi piihan yang bijak. Apalagi yang mampu mengatasi tumpahan cairan hingga 330cc tanpa membahayakan.

5. Didukung konektivitas yang lengkap

Sumber: ASUS

Konektivitas yang memadai tentu akan mendukung pekerjaan. Port yang wajib ada pada laptopmu adalah Kensington lock slot, USB 2.0 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-A, Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, HDMI 2.0a,  3.5mm Combo Audio Jack, dan RJ45.

Nggak lupa juga karena kamu membutuhkan mobilitas yang tinggi, laptop dengan nano SIM combo akan membuatmu dapat online di mana saja tanpa membutuhkan WiFi.

Peran port MicroSD card reader menjadi salah satu poin penting. Terlebih jika kamu sering memindahkan file secara langsung. Misalnya saja kamu ingin memindahkan foto dari kamera. Adanya port ini kamu nggak perlu lagi membawa kabel tambahan.  

6. Proteksi anti bakteri 

Kebiasaan selama normal baru membuat kita hidup jauh lebih bersih dan sehat. Laptop pun nggak luput dari pembersihan. Membersihkan laptop dengan cairan permbersih berbasis alkohol dan air asam hipoklorit menjadi hal yang wajib setelah kerja di luar rumah.

Mengingat keyboard merupakan tempat ribuan bakteri dapat bersembunyi, laptop dengan perlindungan anti bakteri adalah pilihan yang lebih baik.

Bukan hanya keyboard, melainkan juga touchpad dan palm rest harus dilindungi dengan perawatan antibakteri standar ISO 22196 yang diakui secara internasional.  Perlindungan ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri lebih dari 99% selama periode 24 jam.

Memangnya ada laptop yang mampu memenuhi kriteria itu?

Kalau dilihat dari poin di atas, rasa-rasanya yang muncul di bayangan adalah laptop super gede dan berat. Mengingat spesifikasi yang dibutuhkan juga nggak kaleng-kaleng. Tapi, ternyata ada juga laptop kencag dengan bodi ringkas. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) jawabannya. 

Yes, ASUS menjawab keresahan kita para pekerja dan mahasiswa akan kebutuhan laptop yang mampu mengimbangi setiap kegiatan kita tanpa terkendala jaringan, prosesor, memory, konektivitas, dan fitur lainnya.

Selain adanya konektivitas 4G LTE yang menjadi solusi jaringan, jangan lupa Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics yang nggak diragukan lagi kinerjanya. 

Layar 14 inchinya juga fleksibel dapat diputar 360° yang memungkinkan laptop 2 in1 ini berubah menjadi mode tablet, tenda, dan laptop biasa.

Masih penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Tenang, bisa kamu cek spesifikasi lengkapnya di bawah ini. Atau bisa juga kunjungi link ini.  

Menariknya, selain semua spesifikasi keren di atas, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga memiliki fitur lain yang hanya ada pada laptop ASUS. MyASUS App.

Fitur MyASUS App ini akan membantu kamu menghubungkan laptop dengan smartphone. Seperti notifikasi pesan, email, foto, bahkan mengangkat telepon melalui laptop. Udah nggak perlu repot lagi mau mindahin foto atau terima telepon.

Pkerjaan yang selalu menuntut kita untuk selalu online dan serba cepat, terkadang membuat kita kelabakan kalau nggak mempunyai peralatan pendukung yang memadai seperti laptop. Supaya kamu nggak keteteran, coba pertimbangkan lagi kriteria laptop di atas.

Kalau kamu mau yang pasti-pasti, kamu bisa banget memilih ASUS ExpertBook. Selain ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ada pula ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) yang bisa kamu jadikan pilihan.

Semoga saja semua kegiatan yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa terkendala jaringan lagi. Semangat! 💃🏻

deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

2 comments

  1. makasih infonya

    ReplyDelete
  2. bener banget mbak kalau ke cafe, misalkan nemuin beberapa pengunjung bawa laptop, memang susah dibedain mana yang freelance, mana yang pekerja terus memang lagi ngopi plus kerja di cafe, dan mana yang masih mahasiswa
    mungkin kalau aku ke cafe dan pakai baju bebas, dikiranya anak kuliahan atau mungkin SMA.
    aku juga pengen ganti laptop hahaha, tapi kata tukang servis langganan aku, laptop aku sekarang udah bagus untuk memenuhi kebutuhan aku yang nggak terlalu berat banget, cuman kadang aku merasa misal kayak buka file, kadang suka lola, mungkin karena sinyal wifinya juga, jadi kalau pas urgent gitu suka bikin emosi hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment