4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Skincare

by - July 07, 2022

Teman-teman ada yang punya masalah dengan bekas jerawat?

Bekas jerawat yang susah hilang seringkali membuat kita malu dan nggak PD dengan penampilan. Kalau ingin pergi pun jadinya nggak bebas. Harus pakai krim dan makeup berlayer terlebih dulu untuk menutupi bekas jerawat hitam.


Sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya kamu memahami penyebab munculnya jerawat. Supaya kamu bisa menghindari hal-hal yang membuat jerawat di pipi  muncul kembali. 


Faktor penyebab munculnya jerawat pada setiap orang berbeda-beda, bergantung pada kebiasaan dan kesehatannya. Di antaranya adalah jarang membersihkan wajah, pola makan tidak sehat, stres berlebih, alergi pada kosmetik, dan ada pula yang disebabkan hormon penyebab jerawat.


Teman-teman ada yang sudah pakai berbagai macam jenis skincare tapi bekas jerawat masih aja nggak hilang-hilang? Coba deh 4 bahan ini untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. 

1. Lidah buaya 

Selain manfaatnya untuk melembabkan kulit, lidah buaya juga bisa dgunakan sebagai obat jerawat alami. Kandungan aloin pada lidah buaya memiliki manfaat mencerahkan warna kulit yang gelap dan mengurangi pigmentasi pada kulit. Kandungan inilah yang akan membantu memudarkan bekas jerawatmu secara alami. 


Cara menggunakan: 

Lepaskan kulit pada lidah buaya dan ambil daging yang berbetuk gel bening. Usapkan gel pada kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit. Setelahnya, kamu bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari agar hasil lebih maksmal. 


2. Irisan lemon 

Kandungan vitamin C yang tinggi beserta antioksidan di dalam lemon diyakini dapat membantu memudarkan bekas jerawat dengan baik. Jika tidak memiliki lemon, kamu bisa menggantinya dengan jeruk purut. Tetapi, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tidak dianjurkan menggunakan bahan ini karena beresiko mengalami iritasi kuit. 


Baca juga: Review Film "Kukira Kau Rumah", Angkat Isu Kesehatan Mental yang Jarang Dibicarakan


Cara menggunakan:

Potong lemon menjadi beberapa irisan. Letakkan potongan pada bagian yang memiliki bekas jerawat hitam. Diamkan beberapa menit. Seteahnya, bilas dengan air bersih. Berhati-hatilah meletakkan irisan lemon berdekatan dengan mata. 


3. Masker madu

Menruut para ahli pada jurnal Central Aisan Journal of Global Health, madu memiliki kandungan zat yang mampu menyembuhkan luka lebih cepat dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit. Kandungan inilah yang dapat digunakan sebagai obat jerawat alami. 


Cara menggunakan: 

Oleskan madu murni pada wajah secukupnya. Diamkan 10-15 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih. 


4. Baking soda

Baking soda atau soda kue jadi salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Kandungannya berperan sebagai exfoliator ringan untuk mengangkat sel kulit mati dan juga membersihkan pori-pori yang tersumbat sebum. 


Cara menggunakan:

Campurkan 2 sdm baking soda dan juga 2 sdm air. Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat hitam. Tunggu beberapa menit. Setelahny, bilas dengan air hangat hingga bersih. Setelahnya gunakanlah pelembab agar kulitmu tidak kering. 


Baca juga: Review Novel Jakarta Sebelum Pagi


Menghilangkan bekas jerawat hitam bagi sebagian orang memanglah tidak mudah. Berbeda dengan penggunaan skincare, mengatasi bekas jerawat menggunakan bahan alami tentunya membutuhkan waktu cukup lama. Selain cara-cara di atas, jangan lupa juga menjaga pola makan sehat dan istirahat secukupnya. Selamat mencoba!


You May Also Like

0 comments