4 Jenis Kerjasama yang Bisa Dilakukan dengan Blogger

by - July 12, 2022

4 Jenis Kerjasama yang Bisa Dilakukan dengan Blogger

 

“Hari gini emang masih ada yang baca blog?”


Pernah denger nggak ada yang ngomong seperti itu? Jaman sekarang orang memang lebih banyak menyukai karya visual. Seperti gambar, foto, dan video. Mungkin karena melihat gambar dengan warna-warna jauh lebih menarik ketimbang membaca deretan tulisan. Atau, pada kenyataannya banyak orang yang masih belum terbiasa membaca. 


Pentingnya Blog/Website


Meski begitu, padahal blog punya peran yang penting dalam mesin pencarian. Coba deh jaman sekarang kalau mau cari sesuatu pasti browsing dulu di mesin pencarian seperti Google. Iya nggak?


Mau pergi makan, tinggal ketik aja ‘rekomendasi tempat makan di Surabaya’. Atau, mau beli laptop, tinggal ketik ‘rekomendasi laptop di bawah 10 juta’. Langsung deh keluar deretan merek laptop beserta spesifikasi dan harganya. Rata-rata mereka pasti langsung browsing kata kunci spesifik di Google kan, bukan di media sosial seperti Instagram? 


Dari kebiasaan itulah, blog atau website justru menjadi media yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi. Meski tampak mudah, tetapi untuk dapat masuk ke mesin pencarian atas Google (page one) ternyata nggak mudah. Dibutuhkan waktu cukup lama dan beberapa keahlian. 


Baca juga: Wajah Makin Cantik Berkat Sulam Alis Rainbrow


Sebagai pemilik bisnis, tentu kamu ingin bisnismu masuk dalam mesin pencarian. Karena dengan begitu akan banyak orang yang mengenal bisnismu hingga tertarik untuk mengunjungi media sosial atau melakukan pembelian produk/jasa. 


Kerjasama Blogger


Kerjasama dengan blogger adalah salah satu pilihan yang menarik. Karena kamu nggak perlu repot-repot membuat blog/website dari awal. Kamu hanya perlu melakukan kerjasama dengan blogger yang memiliki blog yang sudah masuk ke halaman utama Google. 


Nah, buat kamu yang masih bingung, apa saja sih jenis kerjasama yang bisa dilakukan dengan seorang blogger, coba deh simak poin berikut ini. 


1. Content placement 


Kerjasama jenis ini merupakan kerjasama yang paling umum dilakukan. Kamu sebagai client hanya perlu menyediakan tulisan dan mengirimkannya pada blogger. Biasanya tulisan yang dikirim sudah mengandung keyword dan backlink. Tugas blogger pun hanya perlu memposting artikel tersebut sesuai dengan brief yang kamu berikan di blog mereka. 


Tetapi, sebelum memposting beberapa blogger akan melakukan sedikit editing pada artikel supaya lebih sesuai dengan style tulisan mereka. Terkadang blogger pun akan menambahkan beberapa gambar supaya lebih menarik. 


2. Content review


Jenis kerjasama ini cocok untuk kamu yang memiliki produk. Kamu sebagai brand hanya perlu mengirimkan produk kepada bogger untuk direview. Umumnya blogger akan mencoba produk tersebut selama beberapa hari. Kamu pun dapat memberikan durasi waktu pemakaian. Setelahnya blogger akan menuliskan review produk tersebut secara jujur pada blog mereka. 


Baca juga: Mencicil Mimpi dengan ASUS ExpertBook B7 Flip


Sebelum mengirimkan produk, jangan lupa untuk memberikan brief lengkap. Seperti kapan waktu tayang, bagaimana tulisan yang kamu inginkan, adakah media sosial yang ingin disebutkan, backlink, kata-kata yang perlu dihighlight, dan lain sebagainya. 


3. Sponsored post 


Artikel sponsored post bisa dikatakan hampir sama dengan content placement. Kalau pada content placement kamu sebagai client yang menyediakan tulisan, pada sponsored post bloggerlah yang akan membuat tulisan tersebut sendiri. Kamu hanya perlu memberikan brief lengkap hal-hal apa saja yang kamu inginkan ada dalam artikel tersebut. Blogger yang baik biasanya akan memberikan preview tulisan sebelum memposting artikel tersebut di blog mereka. 


4. Jasa penulisan artikel SEO


Berbeda dengan tiga jenis kerjasama di sebelumnya, kerjasama ini kamu sebagai client meminta blogger untuk menuliskan artikel pada blog/website kamu. Kerjasama ini biasanya dilakukan karena kamu menyukai tulisan blogger tersebut dan ingin si penulis mengisi untuk konten pada blog/website bisnis kamu. Dapat dikatakan blogger adalaha freelancer. 


Untuk kamu yang sedang membangun branding tentu menjalin kerjasama dengan blogger merupakan salah satu hal yang menarik. Selain cara ini lebih mudah, tentunya blogger juga telah memiliki pengalaman dalam bidang menulis yang nggak diragukan lagi. Memiliki blog pribadi yang sudah nangkring di halaman utama Google pun menjadi poin plus


Nah, untuk kamu yang tertarik bekerjasama dengan blog ini bisa banget lho klik di sini untuk informasi lebih lanjutnya. 


You May Also Like

2 comments

  1. Di era sosmed gini, aku juga ngerasa blog kayak "tenggelam". Tapi bener yang Mba Dea bilang, sebetulnya kita lebih sering mencari informasi di mesin pencarian ketimbang browsing di IG/Twitter misalnya. Aku sendiri juga lebih suka nyari info di gugel, entah kenapa lebih sreg aja kalau nemunya di blog orang lain, khususnya kayak konten review 😆

    ReplyDelete
  2. aku ngerasa juga gini mbak, kayaknya minat orang sama baca udah berkurang ya
    tapi peminat blog sepertinya makin banyak aja

    aku merasa perbedaannya kalau ke toko buku, nggak rame nggak kayak zaman aku sekolah.
    malah zaman sekolah, aku rajin beli buku cerita, sekarang kalau ke tokbuk, kok ya sepi sepi aja di jember
    entah kalau di kota lain ya

    ReplyDelete