Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

3 comments

Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit sehat?

Sudah pakai toner, essence, serum, moisturizer, tapi kok kulit makin terlihat kusam dan mulai bermunculan flek hitam ya? Nah, hati-hati nih. Bisa jadi karena kamu jarang pakai sunscreen terutama saat akan keluar rumah. Padahal banyak banget manfaat menggunakan sunscreen untuk kesehatan kulit. 


Paparan sinar UV memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Kulit yang terpapar sinar UV tanpa perlindungan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit, seperti kulit terbakar, kusam, keriput, bahkan memilik risiko terkena kanker kulit. 


Nah, untuk mencegah berbagai dampak buruk tersebut kamu perlu menggunakan sunscreen demi kulit sehat bak Song Hye-kyo hihi 😜

Apa Itu Sunscreen?

Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik Ulta Violet A (UVA) gelombang panjang  atau Ultra Violet B (UVB) gelombang pendek. Sunscreen memiliki berbagai macam bentuk dari lotion, spray, gel, dan juga stick. Varian ini dapat kamu sesuaikan dengan jenis kulit kamu. 


Sinar UVA dan UVB memiliki dampak buruk untuk kesehatan kulit. Sinar UVA dapat menembus bagian kulit paling dalam hingga ke lapisan dermis. Karena UVA tidak diserap oleh lapisan ozon, sinar UVA mampu menembus awan bahkan saat sedang mendung. Terpapar sinar UVA dapat menyebabkan kulit keriput, penuaan, dan juga flek hitam. 


Baca juga: Yang Bikin Bangga Jadi Blogger


Sedangkan sinar UVB, yang disebut gelombang pendek dapat merusak lapisan kulit terluar atau epidermis. Paparan sinar UVB dapat menyebabkan kulit gelap (sunburn) karena melanin yang rusak. Meski pembentukan vitamin D pada tubuh adalah hasil paparan sinar UVB, tapi kalau terlalu lama juga nggak baik ya. 


Saya pribadi baru mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen beberapa tahun terakhir. Hiks telat banget emang. Kulit kusam dan belang nggak bisa terhindarkan waktu itu. Beruntung sejak pakai sunscreen kulit saya jadi lebih sehat. Tapi, sayangnya sampai saat ini kulit tangan saya yang belang masih belum bisa kembali ke warna normal hiks. 😭

Jenis-jenis Sunscreen

Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Memiliki fungsi yang sama, sunscreen terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan kandungannya, yaitu chemical sunscreen, psychical sunscreen, dan hybrid sunscreen. Selain kandungan, cara kerja dari ketiga jenis sunscreen ini juga berbeda-beda lho. 

Chemical Sunscreen 

Chemical sunscreen adalah jenis sunscreen yang paling umum digunakan sebagian orang. Sunscreen ini bekerja menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi panas dan melepaskannya melalui kulit. Chemical sunscreen bekerja efektif setelah 15-20 menit penggunaan. 


Umunya tekstur jenis sunscreen ini ringan dan nggak menimbulkan whitecast. Kandungan bahan aktif dalam sunscreen ini adalah avobenzone, oxybenzone, octocrylene, dan octinoxate. Jenis ini cocok digunakan pemilik kulit kombinasi cenderung berminyak. 


Salah satu produk yang termasuk chemical sunscreen dan banyak digunakan adalah Sunscreen Wardah UV Shield Essential SPF 30. 

Physical Sunscreen 

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, jenis sunscreen yang satu ini bisa kamu cobain. Physical sunscreen atau juga yang disebut mineral sunscreen inilah yang banyak dikenal orang sebagai sunblock karena cara kerjannya membuat lapisan di permukaan kulit dan memantulkannya kembali ke udara. Sehingga kulit akan terlindungi dari bahaya sinar UV.


Baca juga: Kebiasaan Ibu di Rumah yang Bikin Kangen


Sunscreen jenis ini memiliki kandungan Titanium Dioxide dan Zinc Oxide. Dibandingkan dengan chemical sunscreen, physical sunscreen mampu melindungi kulit jauh lebih baik. Sunscreen jenis ini umumnya memiliki tekstur kental dan tidak mudah meresap di kulit. Pemakaiannya pun terasa berat dan berminyak di kulit. 


Contoh physical sunscreen adalah Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA++++. 

Hybrid Sunscreen

Hadirnya hybrid sunscreen adalah inovasi dari gabungan kandungan antara chemical sunscreen dan physical sunscreen untuk dapat memberikan perlindungan maksimal pada kulit. Sehingga cara kerjanya pun merupakan gabungan dari keduanya, yaitu menyerap sekaligus memantulkan sinar UV agar tidak masuk ke dalam kulit. 


Merupakan gabungan keduanya, hybrid sunscreen dapat melindungi kulit sebaik physical sunscreen dengan tekstur yang ringan dan cepat meresap di kulit seperti chemical sunscreen. Sehingga akan nyaman digunakan setiap hari.


Salah satu produk hybrid sunscreen yang pernah saya coba adalah Avoskin The Grest Shield SPF 50 PA++++. 

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Setelah tahu apa itu sunscreen dan berbagai jenisnya, berikut ini manfaat menggunakan sunscreen untuk kesehatan kulit yang wajib kamu ketahui. Biar nggak lagi-lagi deh keluar rumah tanpa sunscreen hihi. Kamu juga bisa mengecek manfaat penggunaan skincare lainnya di ceklist.id.

  1. Melindungi dari Sinar UV

Manfaat sunscreen yang pertama adalah sunscreen dapat melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV. Seperti yang sudah kamu baca pada penjelasan di atas, bahwa sinar UVA bahkan mampu menembus kaca dan awan. Penggunaan sunscreen tentu akan melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Bahkan saat mendung sekalipun jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen, ya! 

  1. Menjaga Skin Barrier 

Skin barrier adalah lapisan pada permukaan paling luar pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung. Paparan sinar UV yang terus menerus akan merusak skin barrier dan menyebabkan berbagai maslaah kulit, seperti munculnya jerawat, kemerahan, iritasi, kulit sensitif, dan lain-lain. 


Sinar UVB dapat merusak lapisan epidermis, Stratum Corneum (SC), dan menyebabkan kulit kehilangan air dan kelembapan sehingga kulit mengalami dehidrasi. Karena inilah berbagai permasalah kulit akan muncul. 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kerusakan pada kulit akibat paparan sinar UV akan menyebabkan kulit mejadi keriput dan mengalami penuaan dini. Dalam hal ini penuaan dini dapat muncul dengan tanda hiperpigmentasi, rusaknya struktur kulit, dan juga kelembapan yang berkurang. 


Kondisi ini muncul akibat paparan sinar UV yang menyebabkan radikal bebas pada lapisan epidermis dan dermis. Bila kulit terpapar dalam jangka waktu lama, maka radikal bebes akan merusak struktur produksi protein kolagen hingga dapat menyebabkan risiko kanker kulit akibat perubahan struktur DNA. 

  1. Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Kalau kamu merasa kulitmu kusam, bisa jadi karena kamu kurang menggunakan susncreen. Paparan sinar UV dalam jangka waktu lama dapat merusak melanin (pigmen pemberi warna kulit) sehingga melanin berproduksi secara berlebih dan akan membuat kulit tampak kusam. Hal inilah yang saya rasakan pada pergelangan tangan saya. Saya harap teman-teman nggak terlambat menggunakan sunscreen supaya nggak kayak saya yang menyesal dan masih berusaha mengembalikan warna kulit. 

  1. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat sunscreen yang nggak bisa diabaikan adalah penggunaan sunscreen dalam jangka panjang dapat mencegah kanker kulit. Sinar UVA yang mampu menembus lapisan paling dalam kulit akan merusak jaringan kolagen dan DNA. kulit yang terpapar sinar UV tanpa perlindungan dalam jangka waktu yang lama akan merusak genetik DNA yang menyebabkan kanker kulit. 


manfaat sunscreen untuk kulit

Berbagai manfaat menggunakan sunscreen untuk kesehatan kulit bisa kamu dapatkan dengan penggunaan yang benar. Pastikan untuk selalu mengaplikasikan sunscreen setiap hari saat akan beraktifitas di luar dan dalam ruangan. 

 

Kamu bisa menggunakan sunscreen 15-30 menit sebelum memulai kegiatan. Untuk mendapatkan manfaat sunscreen yang lebih maksimal pastikan untuk selalu mengoleskan kembali setiap 3 jam sekali. Hal ini perlu kamu lakukan karena sunscreen yang mulai menipis. Umumnya, sunscreen dapat dioleskan sebanyak 3 ruas jari. 

 

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, saya harap teman-teman sudah tobat ya keluar rumah nggak pakai sunscreen hehe. Please banget selalu pakai sunscreen setiap hari pada wajah dan juga gunakan lotion yang mengandung SPF serta PA untuk seluruh tubuh ya. Jangan sampai teman-teman menyesal seperti saya karena pergelangan tangan yang belang huhu. 

 

Yuk, jaga kulit sebagai bentuk mencintai diri sendiri! ✨


deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

3 comments

  1. Aku sekarang rajin pakai sunscreen mbak, kalau dulu mungkin mood moodan ya pas make
    Sekarang juga sering aktivitas diluar ruangan, bahkan di indoor pun juga sunscreennan hahaha
    Awal awal aku ga bisa bedain jenis jenis sunscreen, taunya aku semua macam sunscreen sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama aku juga dulu mood-moodan karena masih belum paham pentingnya pake sunscreen. padahal jaman kuliah itu sering banget aktifitas outdoor. mbolang ke sana kemarin. dan tangan belang ini hasilnya hehe

      sekarang sejak tahu aku juga pake meski aktifitas indoor hihi

      Delete
  2. Aku juga nyesel baru pakai sunscreen beberapa tahun belakangan ini aja. Padahal skincare itu udh rutin aku pake sejak SMP.

    Jadinya aku udh sempet kepapar dark spot mba. Tapi untungnya langsung sadar pentingnya sunscreen, jadi sekarang ke Alfamart Deket rumah aja udah pake 😄.

    So far yg aku pake chemical sih. Pernah pake physical tapi ga suka whitecastnya itu dan bikin wajah JD kayak pake topeng 🤣🤣. Apalagi kulitku kan bukan putih.

    Makanya selalu balik lagi ke chemical. Yg hybrid aku blm coba sih, jadi ga bisa bilang.

    ReplyDelete

Post a Comment