Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

5 Tips Memulai Bisnis Rumahan Bagi Pemula, Biar Punya Mental Baja!

1 comment
5 Tips Memulai Bisnis Rumahan Bagi Pemula, Biar Mental Baja

Memulai bisnis rumahan saat ini banyak dilakukan masyarakat. Bisnis ini dipilih karena kamu jadi memiliki kendali atas waktu dan tentu saja juga menghemat tenaga karena kamu bisa melakukannya dari rumah. Memulai bisnis dari nol membutuhkan ketekunan dan usaha yang lebih besar dibandingkan bekerja kantoran.

Meski tampak mudah dan sederhana, tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum memulai bisnis rumahan. Bagi kamu yang baru pertama kali memulai bisnis, ada baiknya kamu mempertimbangkan poin-poin berikut ini. Supaya mentalmu lebih siap dalam menghadapi setiap keadaan.


1. Tentukan Produk

Hal paling utama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produk yang akan kamu jual. Sebenarnya di era digital ini, produk yang dimaksud bukan hanya produk fisik. Tetapi juga bisa berupa produk digital atau bahkan jasa.

5 Tips Memulai Bisnis Rumahan Bagi Pemula, Biar Mental Baja

Kamu bisa memulai bisnis dari menjadi freelancer misalnya. Seperti graphic design, penulis, atau fotografer produk juga dapat dijadikan peluang usaha yang menarik. Yang nantinya bisa kamu kembangkan dengan merekrut orang menjadi sebuah bisnis yang lebih besar.

Dalam menentukan produk atau jasa yang ingin kamu jual, usahakan kamu memilih berdasarkan keahlian atau yang produk yang paling kamu kuasai. Memiliki bekal pengalaman dan pengetahuan dengan produk yang akan dijual akan memudahkan kamu menghemat waktu untuk riset.

2. Ketahui Visi dan Misi

Setelah menentukan produk yang akan dijual, kamu harus membuat rencana visi dan misi dari bisnismu dengan jelas dan terperinci. Membuat rencana visi dan misi memudahkan kamu menentukan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai rencana tersebut. Seperti, target pasar yang kamu tuju, hingga tujuan utama kamu memulai bisnis rumahan. Apakah hanya sekadar memiliki penghasilan atau kamu ingin melakukan ekspansi yang lebih besar?

Jika tidak membuatnya, kamu akan mudah goyah di tengah perjalanan karena tidak memiliki pegangan atau prinsip. Merencanakan visi dan misi juga membuka peluang untuk bekerjasama dengan orang lain. Dengan kamu memiliki visi dan misi, kamu bisa menjelaskannya pada orang yang memiliki visi misi yang sama.

3. Siapkan Modal

Tidak kalah penting dari dua poin di atas adalah dengan menyiapkan modal. Beberapa bisnis rumahan memang ada yang tidak mengharuskan memiliki modal jika kamu menjual jasa. Tetapi, akan lebih baik jika kamu memiliki modal untuk mempromosikan jasamu. Memasang iklan di Instagram Ads dan Facebook Ads misalnya.

5 Tips Memulai Bisnis Rumahan Bagi Pemula, Biar Mental Baja

Modal bisa kamu dapatkan dari dana pribadi. Tetapi, jika kamu modal yang besar, kamu juga bisa melakukan pinjaman modal usaha di beberapa tempat pinjaman legal dan aman seperti di bank. Sebelum melakukan pinjaman modal usaha, pastikan kamu telah membuat anggaran yang tepat.

4. Memisahkan Dana Pribadi dengan Bisnis

Pada tahapan selanjutnya, pastikan kamu mengelola keuanganmu dengan baik. Sebisa mungkin pisahkan dana pribadi dengan modal usaha. Ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui apakah bisnis usaha rumahanmu berjalan dengan baik atau tidak.

Mengingat keuangan adalah hal yang krusial dalam menjalankan bisnis, jangan sampai kamu mendapatkan masalah di tengah jalan karena kamu tidak mengelola keuanganmu dengan baik.

5. Belajar dari Kegagalan

Memulai bisnis rumahan untuk pertama kali, kamu akan menemukan beberapa kesulitan di awal. Tidak perlu takut untuk gagal, karena dari kegagalan itu kamu bisa mendapatkan sebuah pelajaran. Yang mana akan membantumu untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

Sebagai pebisnis pemula, milikilah mindset untuk selalu belajar. Dengan memiliki mindset tersebut kamu akan memiliki peluang bisnis yang lebih baik. 

Bergabunglah dengan orang-orang yang memiliki semangat yang sama juga akan sangat membantumu sebagai pebisnis pemula. Ini penting supaya kamu mendapatkan support system saat kamu merasa bingung atau lelah.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

Pebisnis pemula memang kudu punya tips-tips. Biar punya mental yang kuat dan nggak gampang putus asa.