Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Ngaku Penggemar Drama Korea? Apakah Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini?

5 comments
Ngaku Penggemar Drama Korea Apaakh Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini
Ada yang suka nonton drama Korea?

Sebagai penggemar drama Korea, kamu pasti sudah nggak asing dengan makanan tradisional Korea, seperti kimchi, tteokbokki, buldak, dan lainnya. Tetapi, kamu sadar nggak sih kalau makanan Korea memiliki ciri khas tersendiri?

Apa Ciri Khas Makanan Korea?

Sama halnya dengan makanan Indonesia yang memiliki cita rasa gurih dan berlemak, Korea juga memiliki ciri khas pada setiap makanannya. Kalau kamu sering menonton drama Korea, kamu akan sadar kalau makanan Korea memiliki kesamaan seperti berikut ini:

1. Memiliki cita rasa pedas

Ciri khas makanan Korea pada umumnya adalah memiliki cita rasa pedas. Mengingat Korea sebagai negara 4 musim, makanan pedas dapat membantu mereka menghangatkan diri.

Umumnya cita rasa pedas pada makanan tradisional Korea berasal dari bubuk cabai atau pasta cabai yang sering disebut dengan gochujang.

Gochujang merupakan pasta cabai yang dibuat dari kedelai, bubuk cabai Korea, dan garam yang telah difermentasikan dan dicampur dengan beras.

2. Dibuat dalam porsi banyak

Berbeda dengan menu makanan Indonesia yang hanya menggunakan satu menu utama, makanan di Korea justru disajikan dalam porsi banyak. Setiap menu yang disajikan akan ditemani beberapa side dish dengan mangkuk-mangkuk kecil.

Ngaku Penggemar Drama Korea Apaakh Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini
Side dish ini dalam kuliner Korea disebut dengan banchan. Umumnya banchan disajikan lebih dari sepuluh macam makanan. Seperti kimchi, lobak pedas mentimun, bayam, terong, dan lainnya.

3. Mudah dibuat

Kalau kamu perhatikan, untuk membuat beberapa makanan Korea ternyata nggak membutuhkan skill khusus lho. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan.

Apalagi kebanyakan makanan Korea menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Seperti kimchi, kimbap, hingga tteokbokki. Karena itulah nggak heran kalau banyak yang menjual makanan Korea di Indonesia bahkan di negara lainnya.

4. Selalu menggunakan sayuran

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa orang-orang Korea kebanyakan memiliki tubuh yang langsing? Selain karena sering berjalan kaki, dalam setiap makanan mereka selalu menggunakan sayuran.

Bahkan beberapa makanan tradisional Korea menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Sebut saja kimchi, kimbap, dan bibimbap atau nasi campur Korea.

Makanan Korea yang Populer di Drama

Nah, berikut ini adalah makanan korea yang sering muncul di drama Korea. Kamu sudah pernah cobain yang mana?

1. Samgyetang

Ngaku Penggemar Drama Korea? Apaakh Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini?
Bagi kamu yang menyukai makanan sehat, kamu wajib mencoba hidangan tradisional Korea yang satu ini. Samgyetang atau sup ayam gingseng umumnya disajikan dalam keadaan panas saat musim dingin atau musim salju.

Dalam proses pembuatannya kamu hanya memerlukan daging ayam muda utuh. Daging ayam ini akan direbus selama beberapa jam setelah dibumbui dengan rempah-rempah. Uniknya pada bagian perut ayam akan diisi dengan beras atau ketan dan berbagai tanaman herbal, yaitu gingseng, bawang putih, akar vetch, dan kacang ginkgo.

2. MiyeokGuk

Ngaku Penggemar Drama Korea Apaakh Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini
Kalau di Indonesia saat ulang tahun kita mendapatkan nasi tumpeng, di Korea pada pagi hari kita akan disajikan miyeokgu atau sup rumput laut. Makanan Korea halal ini terbuat dari rumput laut yang direbus dengan kaldu ikan atau sapi.

Sedangkan untuk membuat bumbunya menggunakan bawang putih, minyak wijen, garam, dan kecap asin. Masyarakat Korea memiliki kepercayaan bahwa siapa saja yang mengonsumsi sup rumput laut saat ulang tahun akan beruntung.

3. Dakgalbi

Ngaku Penggemar Drama Korea Apaakh Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini
Dakgalbi merupakan salah satu makana khas Korea yang halal. Makanan yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya ini secara tidak sengaja dibuat akibat kondisi ekonomi yang menurun setelah pertempuran Chuncheon.

Dalam proses penyajiannya, dakgalbi memiliki keunikan dengan disajikan di atas wajan khusus yang dilengkapi tungku atau kompor dengan api kecil. Karena itu makanan Korea ini menjadi makanan favorit saat musim salju.

4. Kimchi

Ngaku Penggemar Drama Korea Apaakh Kamu Tahu Makanan khas Korea Ini
Hidangan Korea yang satu ini pasti kamu sudah nggak asing lagi. Kimchi menjadi makanan Korea yang hampir selalu muncul di setiap adegan makan dalam drama.

Kimchi terbuat dari sayuran fermentasi yang sering dimakan bersamaan dengan ramyeon, nasi goreng hingga pancake. Memiliki rasa asam dan pedas membuat kimchi terasa nikmat dimakan dengan berbagai menu utama.

Setelah mengetahui ciri makanan Korea dan beberapa makanan tradisional Korea di atas, adakah menu apa yang ingin kamu coba?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

5 comments

fanny_dcatqueen said…
Semuanya aku pernah cobain dan sukaaa 😄. Samgyetang itu juga ada 2 versi, ala Korsel dan ala Korut. Setelah nyobain 2-2 nya, ala Korsel lebih enak. Krn berani bumbu. Sementara samgyetang Korut lebih hambar. 😅.

Naah kenapa aku suka makanan Korea, Trutama yg Korsel, Krn ratq2 pedes mba. Jadi kalo DTG ke Restorannya, dan ditulis spicy, itu beneran spicy. Malah spicy di sana itu lebih kuat drpd restoran Korea di Jakarta. Jarang2 aku Nemu makanan pedes yg beneran pedes. Kalo di Jepang, walo ditulis spicy tapi bagi orang Indonesia masih aja ga pedes. Korea ga begitu. Makanya sukaaaa bgt kulinernya
Furisukabo said…
aku belum pernah coba samgyetang dan sup rumput laut. Pernahnya sup yang kuah merah itu yang pakai tahu, namanya apa ya...aku lupa wkwkw
So far aku suka sih makanan korea. Bumbunya enak dan karena aku suka sayur, jadi cocok juga nih makan makanan korea hehehe
Furisukabo said…
wah bahaya nih kak kalo aku mampir ke resto korea yang ada tulisan spicy-nya. Bisa kepedesan dah ya hahaha Kalo di Jepang, betul banget tuh kak, dibilangnya spicy, kaga ada spicy-spicy-nya samsek yak wkwkwk
Tika said…
Belom pernah nyoba semua kecuali kimchi hahahaha kayaknya aku lebih banyak nyicipin snack nya deh ya kayak Tteokpokki, tapi udah pernah juga nyicipin Kimbab, Bbimbimbab, Jjampong gitu doang. Aku pengen nyicip samgyetang! Ngeliat kaldunya sedep banget wkwkwk. Tapi salah satu makanan korea yang sering muncul tuh fried chicken juga ga sih mba? kalo liat mereka makan itu fried chicken ngiler banget
Ainun said…
aku suka makanan korea selama masih bisa diterima lidahku
kalau di resto korea yang di indo kayaknya beberapa masakan disesuaikan dengan lidah orang Indo
Dulu awalnya aku kira kimchi itu pedas, ternyata asem hahahaha
terus pas nemu resto korea dan coba makan kimchi, rasanya malah beda lagi, ga asam asam banget.