Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Wajib Tahu! Cara untuk Selalu Melindungi Diri di Jalan

2 comments
Wajib Tahu! Cara untuk Selalu Melindungi Diri di Jalan
Memang tidak ada yang bisa memprediksi kapan tabrakan bisa terjadi. Tapi nggak ada salahnya untuk tetap waspada dan berhati-hati saat mengemudi di jalan. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga diri tetap aman di jalan.

Selain menjaga keselamatan diri sendiri, mengemudi dengan baik juga dapat menjaga keselamatan orang lain. Dengan selalu berhati-hati saat berkendara, akan melindungi mobil dari kerusakan yang diakibatkan kecelakaan.

Cara Melindungi Diri dari Kecelakaan di Jalan

Kita tahu bahwa kecelakaan lalu lintas tidak dapat diprediksi, tapi akan lebih baik kalau kita menghindarinya sebagai langkah pencegahan kecelakaan terjadi. Berikut cara melindungi diri dari kecelakaan di jalan.

1. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Ini adalah hal pertama yang diajarkan kepada kita saat berkendara. Selalu ingat untuk mengenakan sabuk pengaman. Jika terjadi crash, kamu perlu mengamankan diri untuk mencegah kerusakan serius sebanyak mungkin. 

Meski masih rentan terhadap cedera, tetapi kamu dapat mengurangi risiko cedera berat dengan menggunakan sabuk pengaman.  Diciptakannya sabuk pengaman bertujuan untuk melindungi pengemudi atau penumpang dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, pastikan kamu menggunakannya setiap berkendara.

2. Periksa Rem Mobil

Adanya rem membantu memperlambat mobil hingga berhenti. Rem yang aus perlu diganti seiring berjalannya waktu. Rem yang berfungsi penuh membantu pengereman mendadak. 

Bahkan lebih baik kalau mobilmu memiliki sistem pengereman anti-lock. Fitur ini mencegah roda berhenti berputar yang dapat menyebabkan kendaraan atau membuat mobil Anda sulit dikendalikan saat pengereman berat.

3. Hindari Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi bermain ponsel. Baik itu membalas pesan atau menerima panggilan saat mengemudi akan sangat mengganggu konsentrasi. 
Wajib Tahu! Cara untuk Selalu Melindungi Diri di Jalan
Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan karena mungkin saja kamu tidak siap apa yang akan terjadi di depan. Kalau pun itu sangat penting, kamu dapat menepi terlebih dahulu sebelum membalas atau menerima telepon. 

Menatap ponsel selama lima detik saat berkendara bisa sangat berbahaya karena dapat mengganggu konsentrasi sehingga bisa terjadi kecelakaan.

Hindari mengirim atau membaca teks saat berkendara di jalan. Bahkan kalau kamu terjebak kemacetan atau di lampu merah. Cobalah untuk tidak menerima panggilan, kecuali dalam keadaan darurat dan kamu memiliki sistem handsfree yang terpasang dengan benar.

Kalau kamu berkendara lebih lama, pastikan untuk tetap waspada saat berkendara. Disarankan beristirahat selama 15 menit untuk setiap dua jam mengemudi untuk memastikan bahwa kamu tidak kelelahan. 

4. Ikuti Aturan Lalu Lintas

Untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain saat berkendara, maka mengikuti peraturan lalu lintas adalah pilihan yang bijak. Setiap kali seseorang mengebut, menerobos lampu merah, atau tidak mematuhi hukum, mereka meningkatkan risiko tabrakan lalu lintas.

5. Jangan Berkendara Saat Kelelahan atau Mengantuk

Wajib Tahu! Cara untuk Selalu Melindungi Diri di Jalan
Salah satu cara melindungi diri dari kecelakaan lalu lintas adalah tidak berkendara saat kondisi tubuh kelelahan bahkan mengantuk. Jangan memaksakan diri untuk tetap mengemudi kalau kamu merasa mengantuk.

Selain berbahaya bagi diri sendiri, mengemudi dalam keadaan mengantuk juga dapat berbahaya bagi orang lain. Kalau kamu sedang melakukan perjalanan jauh, kamu bisa meminta teman atau anggota keluarga untuk bergantian mengemudi.

6. Kurangi Kecepatan

Kebut-kebutan di jalan tidak dibenarkan karena itu berpotensi membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Aturan lalu lintas memperingatkan bahwa mengebut adalah salah satu perilaku paling berbahaya.

Selain meningkatkan risiko kecelakaan mobil, hal itu meningkatkan kekuatan benturan saat terjadi tabrakan. Sehingga membuat cedera serius dan berpotensi mengancam jiwa. Pastikan kamu mengemudikan mobil dengan kecepatan standar.
Wajib Tahu! Cara untuk Selalu Melindungi Diri di Jalan
Selain melakukan 6 tips yang disebutkan di atas, akan lebih baik kalau kamu memiliki asuransi mobil dan asuransi kecelakaan. Sehingga kamu lebih terlindungi dari risiko yang terjadi akibat kecelakaan. 

Baik asuransi kecelakaan maupun asuransi mobil, kamu dapat membelinya di Garda Me yang memberikan perlindungan terbaik untuk kendaraan dan juga perlindungan untuk diri.

Nah demikian pembahasan terkait cara melindungi diri dari kecelakaan lalu lintas. Dengan melakukan tips di atas dapat membantu menghindari diri dari kecelakaan. Oleh sebab itu pastikan kamu menerapkan tips tersebut saat berkendara.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

duniamasak said…
paling penting Periksa Rem Mobil saat perjalanan jauh maupun dekat yaa ~
Ainun said…
setuju banget sama poin poin diatas. Rem ini bikin ketar ketir juga apalagi kalau mau bawa kendaraan ke tempat dataran tinggi, kalau posisi turun akan sering nginjek rem, jadi bener bener kudu diperhatikan.
dan soal telepon, aku sendiri juga menghindari mengangkat telepon kalau sedang nyetir, apalagi kalau bawa mobil dan ga pake headset, ribet mau pegang hape dan ngendalikan setir