Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja

1 comment
Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Sejak 2022 saya cukup aktif mengikuti lomba blog. Alasan ikut lomba blog yang paling utama adalah saya merasa jenuh dengan kegiatan blogging yang begitu-begitu saja. Jenuh. Stuck. Padahal, baru juga dua tahun sejak saya mulai blogging lagi hehe.

Waktu itu bahkan pernah juga kepikiran untuk berhenti ngeblog. Nulis kalau lagi pengen aja. Padahal, niat awal menggebu banget pengen punya blog untuk portofolio dan jadi blogger profesional yang keren haha. Dasar aku! 🀣

Long story short, saya mengikuti salah satu webinar mengenai lomba blog. Hal yang nggak pernah saya coba sebelumnya. Melihat narasumber menceritakan pengalaman lombanya beserta iming-iming hadiahnya yang nggak sedikit (ditotal mencapai Rp100juta πŸ’Έ dari lomba blog!), saya pun mulai tergiur tertantang.

Sejak saat itulah saya mulai mengikuti beberapa lomba blog. Gimana sih euforianya ikutan lomba blog? Bisa nggak ya aku menang? Sampai akhirnya pecah telur yang pertama! Senengnya bukan main.

Manfaat Ikut Lomba Blog untuk Kamu yang Ingin Berkembang

Selama beberapa kali mengikuti lomba blog, rasanya ada banyak hal yang berubah pada diri saya. Kalau saya lagi iseng membaca tulisan lama di blog ini, saya seringkali terharu. Ternyata, saya nggak diam di tempat kok. I’m progessing ❤️

Nah, jadi kalau kamu lagi ngeblog dan merasa stagnan, bosen, jenuh, bawaannya pengen berhenti aja, mending cobain deh ikutan lomba blog. Karena ada banyak banget manfaat ikut lomba blog.

1. Melatih Skill Menulis

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Manfaat ikut lomba blog yang paling utama adalah melatih skill menulis. Dulu, saya tipikal yang kalau mau posting tulisan di blog, langsung mengetik semua hal yang terlewatkan di kepala saya.

Karena ikut lomba blog, saya jadi penasaran dengan tulisan teman-teman blogger yang menang. Ternyata, ada satu hal yang nggak pernah saya lakukan saat blogging, yaitu membuat outline! πŸ‘€

Terlihat simple memang, tapi ini ngaruh banget ke proses saya menulis dan penting untuk pembaca. Manfaat outline membuat tulisan saya jauh lebih terstruktur.

Bukan hanya outline, tetapi cara saya merangkai kata dan mengambil angle untuk menulis juga semakin terasah. Dari menentukan topik permasalahan sampai membuat judul yang menarik. Maklum yak, kalau lomba kan kita harus bisa menarik hati juri hihi.

Tapi, bukan berarti saya sekarang sudah pro dan tulisan saya sudah bagus ya. Sampai sekarang saya juga masih belajar. Apalah saya yang dibandingkan teman-teman blogger senior yang sudah 10 tahun lebih blogging. Ini membandingkan diri untuk jadi motivasi yak hihi 😊.

2. Menambah Wawasan

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Sebenarnya, meski nggak ikut lomba blog, dengan blogging juga tetap bisa menambah wawasan. Tapi, kalau nggak dipaksa, saya jadi cenderung menulis hal-hal yang saya sukai saja. Ibaratnya nih, berlindung di zona aman doang.

Dengan ikut lomba blog, saya jadi ‘dipaksa’ untuk mempelajari sesuatu yang nggak saya kuasai bahkan saya hindari sebelumnya. Untuk membuat tulisan (meski nggak bertujuan untuk menang), saya butuh membaca banyak artikel untuk materi pendukung.

Seperti tulisan pentingnya memiliki asuransi syariah ini. Boro-boro saya ngerti soal asuransi. Yang sebelumnya saya bener-bener awam dan masa bodo, eh, saya jadi aware kalau asuransi pentingπŸ˜‰. 
Bisa dibilang, hal ini jadi salah satu yang saya suka dari manfaat ikut lomba blog. Saya jadi belajar buanyak banget.

3. Portofolio

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Manfaat ikut lomba blog yang selanjutnya adalaah nggak lain untuk portofolio. Kamu pasti bisa merasakan kalau proses menulis untuk lomba itu berbeda dengan menulis biasa. 

Karena lebih effort dan serius hehe ketahuan deh. Alhasil, tulisan yang kamu ikutkan untuk lomba pastinya lebih rapi. Di luar menang atau nggak, tulisan itu bisa jadi portofolio.

Saya pribadi mengakui kalau bukan tipe siswa berprestasi di sekolah haha. Jadi, di cv atau linkedin rasanya kalau mengisi kolom prestasi itu selalu sedih. Soalnya kosong melompong, gengs

Tapi, (alhamdulillah) sejak menang lomba blog beberapa kali, rasanya senang juga ada yang ditulis di kolom prestasi. Berasa agak keren gitu πŸ’ƒ haha (boleh lah ya bangga sama diri sendiri 😜).

4. Ajang Promosi Blog

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja

Apalah arti punya blog kalau nggak buat dipamerin?
Hahahah bener nggak? Punya blog itu harus dipamerin! Toh, ini pamer karya, bukan flexing, gengs. Jadi wajib pamer. Biar apa? Biar kamu bisa bangga dengan diri sendiri. Supaya orang tahu kamu punya blog dan aktif ✨

Selain itu, kalau menang lomba blog, biasanya diumumkan di website. Yang mana mereka akan memberikan link mengarah ke blog kita. Bukan hanya dapat promosi gratis di website orang, tapi juga kita bisa dapat backlink gratis. Lumayan kan bisa menaikkan performa blog hihi.

5. Memperluas Jaringan dan Peluang

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Sama halnya dengan portofolio, saat kamu ikut lomba blog dan menang, kamu juga turut serta membuka peluang dan memperluas jaringan. Dengan memenangkan lomba blog, akan lebih banyak orang mengenalmu melalui tulisanmu atau namamu yang disebut di media sosial. Eits, bukan narsis ya. Tapi, meningkatkan personal branding

Kesempatan ini bisa mendatangkan project atau pekerjaan yang kamu inginkan. Rekruter akan memiliki pandangan yang berbeda ketika kamu memiliki prestasi. Begitu pula dengan ajakan kolaborasi dari beragai pihak. Sharing mengenai tips menang lomba blog mungkin? 🌻

6. Menambah Pengalaman

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Setiap lomba pasti memiliki alur yang berbeda yang membuatmu merasakan pengalaman yang berbeda pula. Misalnya, lomba A mengharuskan kamu posting di feed Instagram. Kamu pun jadi ‘dipaksa’ untuk membuat postingan sebagus mungkin meski sebelumnya posting di Instagram males-malesan.

Atau, ada pula yang mewajibkan membuat video, mengikuti webinar, datang ke event, dan lainnya. Proses yang berbeda tersebut membuat pengalamanmu bertambah. Dan, mau nggak mau kamu jadi mengeksplor banyak hal dari sebelumnya. Bonusnya adalah dapat teman baru juga hihi.

7. Meningkatkan Traffic

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Salah satu hal yang sering saya lakukan saat mengikuti lomba blog adalah membaca tulisan teman-teman yang berpartisipasi. Ini saya lakukan untuk mempelajari tulisan mereka. 

Nah, dengan begitu mau nggak mau saya jadi sering mengklik blog para peserta dan meningkatkan traffic mereka. Bisa jadi, orang lain juga melakukan hal yang sama pada blog saya.

Selain itu, lagi-lagi kalau menang lomba blog, bukan hanya nama blog kita yang terpampang di website penyelenggara. Tetapi, banyak orang akan penasaran dengan tulisan kita. Sehingga, mereka akan mengklik dan meningkatkan traffic blog kita.

8. Hadiah

Tulisan Ini Buat Kamu yang Suka Ngeluh Ngeblog Kok Gini-Gini Aja
Yang terakhir ini adalah bonus manfaat ikut lomba blog, yaitu hadiahnya haha. Rata-rata sih hadiah lomba blog adalah uang tunai sekitar Rp1juta - Rp5juta. Tapi, jangan salah. Ada juga lho yang hadiahnya laptop bahkan motor kayak Astra kemarin hihi. Menang lomba blog dan dapat hadiah bisa jadi bukti pada diri sendiri kalau kita bisa dan keren! 🀩

Sebenernya masih ada banyak alasan kamu wajib ikut lomba blog. Bukan hanya menambah prestasi dan mengasah skill menulis. Tapi, yang saya rasakan, ada banyak perubahan dalam diri saya. Beberapa soft skill juga terasah.

Jadi, gimana? Tertarik ikut lomba blog? Cerita yuk, pengalamanmu ikut lomba blog di kolom komentar~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

  1. Wow, selamat atas kesuksesanmu dalam mengikuti lomba blog! Sungguh menginspirasi melihat bagaimana kamu menemukan semangat baru dan perkembangan dalam mengejar hobi ngeblog. Semoga kamu terus berprestasi dan meraih lebih banyak pencapaian di masa depan. Tetaplah bersemangat dan terus berkarya! πŸ’ͺ😊

    ReplyDelete

Post a Comment