Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Ketahui 5 Tips Mengelola Keuangan Ini Sebelum Berbisnis

31 comments
tips mengelola keuangan bisnis
Memiliki bisnis sendiri menjadi salah satu impian saya yang sedang saya perjuangan hingga saat ini. Maklum ya, agak capek juga lama-lama nunggu gajian di tanggal tertentu. Inginnya sih bisa gajian setiap hari supaya kalau lagi butuh, nggak perlu nunggu lama haha.

Tapi, sayangnya setelah beberapa kali saya mencoba membuat bisnis sejak kuliah, pasti ada saja yang gagal. Seringnya sih, masalah yang saya hadapi adalah sudah jualan banyak, tapi kok isi rekening nggak juga nambah ya? Yang pada akhirnya membuat saya seperti bekerja rodi.

Hingga akhirnya kemarin saya memutuskan untuk menghadiri workshop bisnis khusus UMKM. Salah satu pembahasan yang krusial dan baru saya sadari adalah perihal cara mengelola keuangan bisnis dan penggunaan point of sale untuk memudahkan mengatur keuangan. Jeng jeng! Ternyata ada yang salah dengan cara saya mengelola uang dalam bisnis. Pantesan!

Nah, supaya kamu nggak mengalami hal yang sama dengan saya, coba deh cek tips mengelola keuangan bisnis di bawah ini.

1. Buat Rencana Keuangan

Budgeting atau membuat rencana keuangan dalam bisnis adalah hal pertama yang penting dilakukan. Namun, langkah pertama inilah yang sering terlewatkan banyak orang saat membangun usaha, termasuk saya. Maklum ya, terkadang saking semangatnya membuat usaha, kita memutuskan berjalan terlebih dulu tanpa membuat rencana keuangan bisnis.

Padahal, membuat rencana keuangan bisnis akan memabantu bisnis berjalan sesuai anggaran yang dimiliki tanpa melewati batasan yang telah dibuat. Rencana keuangan bisnis umumnya berisi catatan pengeluaran sebagai modal, perhitungan harga jual, hingga perkiraan pemasukan.

2. Pisahkan Rekening Pribadi dan Usaha

Kesalahan dalam mengatur keuangan bisnis yang sering dilakukan banyak orang adalah menggabungkan dana pribadi dan bisnis. Kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan bisnis ini dapat membuat keuangan menjadi berantakan hingga menjadi penyebab bisnis bangkrut.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat dua akun bank yang berbeda. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memantau keuangan bisnismu, pakah berjalan sesuai rencana awal atau membutuhkan evaluasi segera.

3. Buat Laporan Keuangan

tips mengelola keuangan bisnis
Tips mengelola keuangan bisnis yang selanjutnya adalah membuat laporan keuangan atau yang sering disebut pembukuan. Proses pembukuan ini akan banyak membantumu memantau keuangan bisnismu. Usahakan untuk selalu menuliskan setiap pengeluaran dan pemasukan sekecil apapun.

Adanya laporan keuangan yang detail akan dapat memudahkan dalam mengambil keputusan yang tepat terkait bisnis yang sedang berjalan. Jangan sampai kamu merasa sudah berbisnis dengan maksimal tetapi tidak bisa merasakan keuntungannya karena salah membuat laporan keuangan. Jika bisnismu memiliki point of sale, kamu dapat memantau perkembangan bisnis dengan ini. 

4. Gunakan Laba untuk Kembangkan Usaha

Tujuan dari memiliki bisnis adalah untuk memiliki laba. Namun, kamu perlu mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha agar bisa mendapatkan laba yang lebih besar. 

Dalam mengembangkan bisnis tersebut, kamu bisa menggunakan laba yang didapatkan. Laba tersebut bisa kamu gunakan untuk menambah jumlah produk, karyawan, outlet, hingga melakukan uprgade kasir toko. 

5. Gunakan Software

tips mengelola keuangan bisnis
Zaman yang sudah semakin canggih ini banyak software yang dapat membantu memudahkan kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Misalnya saja software aplikasi kasir supaya transaksi lebih mudah. Beberapa aplikasi kasir bahkan dilengkapi dengan absesnsi kehadiran para karyawan, seperti aplikasi kasir iReap POS.

iReap, Aplikasi Kasir untuk Bantu Kelola Keuangan Bisnis

tips mengelola keuangan bisnis
Saat ini software aplikasi POS direkomendasikan untuk digunakan para pemilik usaha. Aplikasi kasir ini memiliki berbagai kelebihan yang akan membantumu dalam mengelola keuangan bisnis sesuai dengan kebutuhan.

Di aplikasi kasir iReap POS terdapat dua jenis aplikasi POS yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis bisnismu, iReap POS Lite untuk bisnis dengan 1 store. Sedangkan bagi kamu yang memiliki banyak outlet dan ingin dapat mengelolanya sekaligus, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir iReap POS Pro.

Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan iReap POS Pro secara online dan offline. Sehingga adanya kasir toko ini akan memudahkan kamu memantau perkembangan bisnis dari mana saja dan kapan saja. Untuk lebih mudahnya kamu bisa membaca tips memilih aplikasi kasir atau simak gambar berikut. 
tips mengelola keuangan bisnis
sumber: iReap POS
Memiliki bisnis sendiri menjadi impian banyak orang termsuk saya. Meski terlihat mudah dan menyenangkan, tepapi ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana. Syukur-syukur kalau bisa diturunkan ke anak cucu hihi.

Daaan, salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan adalah cara mengelola keuangan bisnis. Dengan adanya aplikasi kasir iReap POS ini kamu bisa memantau perkembangan bisnis di mana saja dan kapan saja. Yuk, gunakan aplikasi kasir iReap POS untuk mengatur keuangan bisnis dengan baik!

Jangan sampai deh kita salah memperhitungkan dan memutuskan sesuatu, bisa-bisa bangkrut duluan. Amit-amit!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

31 comments

kaladianraharja said…
melihat pengelolaan seperti ini bawaan nya asyik banget
Bambang Irwanto said…
Nah, benar sekali ini, mbak. Saya pun awal-awal menjalankan Jualan Kurcaci Pos, tanpa rencana keuangan. Akhir, kok banyak pesanan, tapi kadang keuangan minus. Terus kesalahan lain, mencampur dengan dana pribadi. Makanya sering nombok hehehe. Namun seiring waktu, saya mulai belajar. termasuk harus ada catatan, dan menyisihkan keuntungan untuk menambah modal lagi.
Nabilla DP said…
betul banget emang rekening keuangan juga harus dipisah antara pribadi dan bisnis agar tau pertumbuhan bisnis kita sendiri
Arai Amelya said…
iReap nih ngedukung banget ambisi pemerintah buat UMKM go digital. Karena dengan digitalisasi manajemen keuangan gini, UMKM pasti bisa naik kelas dan ningkatin omzet
Diah Alsa said…
benar banget nih, kalau udah terbiasa buat laporan keuangan terus ditambah lagi dengan menggunakan software, makin oke nih bisnisnya, gak bingung lagi dan lebih mudah trackingnya sih ya, meminimalisir kesalahan kecil dalam pencatatan yang biasanya bikin sakit kepala.
apalagi biaya untuk langganan iReap ini worth it lah ya, masih masuk ringan dong ya demi bisnis :)
Bunda Saladin said…
Semoga ke depannya bisnis kak Dea makin lancar ya.
Emang bener kudu misahin keuangan bisnis dan pribadi. Rekeningnya sendiri2 jadi gak kecampur dan malah bikin bingung.
Ireap ada versi litenya. Bisa dicoba lah mumpung masih free.
Yonal Regen said…
Saya juga sudah mendownload iReap dan mencoba menjajal setiap kelebihannya, ternyata versi yang free-nya saja udah keren banget, apalagi yang pro ya. Pastinya ngedukung banget proses usaha yang sedang dijalankan
Lita Lestianti said…
Saya pengen banget berbisnis tapi sampai sekarang bingung mau bisnis apa..
Wahyuindah said…
Saya juga pengen punya usaha mbak. Tapi belum jalan jalan sampai sekarang. Masih memantapkan hati dan mencari usaha yang tepat. Kudu persiapan software keuangan juga kayak iReap. Siiplah catet
Indra DP said…
berbagai kelebihan fitur yang diberikan aplikasi kasir iReap POS ini sepertinya sangat recommended untuk dipakai oleh para pebisnis agar lebih efisien mengelola keuangan
Aldhi Fajar said…
Bisnis emang ga mudah, catatan pembukuan arus kas harus bener bener lengkap. Apalagi kalo mau bisnisnya berkembang cepat.
Eka FL said…
yang paling sering saya rasakan adalah keuangan pribadi dan usaha gak dipisah, jadinya agak susah hitung margin. maklum penghasilan langsung dipake sehari-hari, hehehe. akhirnya saya bikin 3 rekening, satu untuk hasil usaha, 1 untuk nabung dan 1 untuk perputaran. adanya aplikasi kasir bantu banget sih, apalagi soal mencatat aliran kas
Boleh banget nih iReap POS jadi teman bahkan sahabat dalam mengelola usaha dan keuangan, apalagi fiturnya banyak banget tuh. Jadi makin mudah mengontrol dan mengelola usaha, khususnya keuangan
Kanianingsih said…
makasih kak sharingnya, aplikasih iReap ini bisa digunakan saat offline jg ya ternyata jadi saat koneksi intnert terputus bisnis tetap bisa berjalan ya kak
Fenni Bungsu said…
Mau apapun usahanya yang tengah dijalankan, urusan laporan keuangan dan transaksinya kudu didukung dengan aplikasi kasir yg mumpuni seperti ini ya
Happy said…
laporan keuangan penting banget sih. aku aja yang punya usaha kecil kalau gak rajin dicatet bisa jadi berantakan
memudahkan banget ya kalau ada aplikasi yang bisa membantu urusan bisnis, jadi bisa membantu apalagi buat yang baru pemula di bisnis :)
Wahyu Eko C said…
nah selama ini saya untuk pencatatan keuangan masih manual di excel, dengan aplikasi kasir ternyata lebih mudah ya kak
Dee_Arif said…
Kalau ada aplikasi kasir seperti ini, pelaku bisnis jadi terbantu dalam mengelola keuangan ya mbak
Diaz Bela said…
Wah jadi membantu sekali ya karean pemilik bisnisn bisa lebih fokus aja untuk mengembangkan bisnisnya!
Ini yang suka bikin lupa, memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Bahaya banget kalau ngga dibikin tembok yang tebel
Memisahkan rekening ini kadang yang tidak diketahui
Jadinya bercampur dan bingung
Kalau sudah begini sulit untuk maju keuangannya
Siska Dwyta said…
Nah, iya kalau punya usaha atau bisnis memang baiknya dipisah antara keuangan bisnis dan keangan pribadi atau keluarga. Oh ya menarik nih aplikasi iReap sangat memudahkan para penggunanya ya dalam mengatur keuangan bisnjs
Siska Dwyta said…
Nah, iya kalau punya usaha atau bisnis memang baiknya dipisah antara keuangan bisnis dan keangan pribadi atau keluarga. Oh ya menarik nih aplikasi iReap sangat memudahkan para penggunanya ya dalam mengatur keuangan bisnjs
Hamimeha said…
sepakat nih cerdas dan bijak untuk pelaku UMKM memanfaatkan teknologi untuk membantu mengembangkan usaha mereka jadi gak perlu ribet dengan urusan administrasi secara manual y kak
Saya juga pingin punya usaha di rumah, tapi belum tau mau mulai dari mana haha
Aplikasi iReap memang membantu memudahkan pencatatan keuangan bisnis ya, Mbak. Temenku ada yang sudah menggunakannya dan memang dia bisa memantau perkembangan bisnis UMKMnya dengan mudah
lendyagassi said…
Menjadi sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi kasir iReap POS.
Karena keuangan bisnis gak sama pengelolaannya dengan keuangan pengeluaran pribadi. Kudu ada pembukuan yang baik agar terlihat cashflow yang sehat dari sebuah usaha.
Pida Alandrian said…
Setujuuu mba, aku sampe dikira temen ribet banget, karna apa² kudu dipisahin uangnya. Padahal menurutku sangatlah penting
Ays tala said…
Selama ini aku masih menjalankan keuangan pakai Excel aja, eh ternyata ada aplikasi ini. Bakalan coba sih
Tira Soekardi said…
Makasih sharing, sangat perlu ya pengaturan keuangan