Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Apa Itu SEO? Agar Website Makin Menghasilkan

Post a Comment
Apa Itu SEO Agar Website Makin Menghasilkan
Dulu waktu awal-awal saya ngeblog, yang saya tahu waktu itu adalah menulis apapun yang ingin saya bagikan. Dari curhatan receh sampai yang serius (dan sudah saya hapus hehe). Bisa dibilang blog ini menjadi saksi perjalanan menulis saya.

Yang awalnya menulis aja tanpa banyak berpikir sampai yang harus berpikir banget bagaimana cara membuat tulisan yang enak dibaca dan bisa masuk ke halaman pertama Google hehe.

Namanya juga manusia yang terus tumbuh yak. Setelah saya membuat tips menulis untuk pemula, di tulisan kali ini saya mau berbagi tips membuat tulisan SEO friendly based on my experience dan tentu aja hasil rangkuman beberapa kelas yang saya ikuti. Biar pada naik kelas bareng gitu hehe.

Apa itu SEO?

apa itu seo
Search engine optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi sebuah halaman website supaya dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian (search engine), seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. SEO berfokus pada peningkatan peringkat organik atau tidak berbayar (bukan iklan).
apa itu seo
Misalnya pada gambar di atas, saya mencoba mencari ‘review skincare Skintific’. Nah, pada hasil pencarian tersebut, website yang dapat muncul pada halaman pertama adalah contoh SEO yang berhasil. Pokoknya yang nggak ada tulisan ‘sponsored’ di atasnya berarti website tersebut berhasil dioptimasi secara organik.

Apa Manfaat SEO?

manfaat seo
Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya, kenapa SEO penting? Apa tujuan SEO?

Biasanya sewaktu kita browsing mencari sesuatu, website yang paling sering kita klik adalah website yang ada di halaman pertama. Kemungkinan kita akan mengklik 3-7 website teratas pada halaman tersebut. Jarang banget kita membuka website yang ada di paling bawah atau di halaman dua dan seterusnya.

Inilah yang membuat SEO penting. Karena dengan website kita muncul di halaman pertama dan urutan paling atas, website kita jadi punya kemungkinan lebih banyak dikunjungi. Yang artinya website kita berarti punya konten yang bagus sesuai dengan yang dibutuhkan audiens.

Ini beberapa manfaat SEO untuk bisnis dan personal yang perlu kamu ketahui.
  • Memperoleh informasi yang relevan
  • Personal branding
  • Menghemat biaya promosi
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendatangkan banyak pembaca
  • Menjadikan website lebih kredibel sebagai rujukan
  • Meningkatkan penjualan
  • Memperluas jangkauan
  • Investasi jangka panjang
Dan masih banyak lagi manfaat menerapkan SEO pada website atau blog kamu.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

cara kerja seo
Setelah kamu membuat tulisan SEO friendly pada website atau blog, Google akan secara otomatis melakukan tugasnya untuk mengecek tulisanmu. Dalam proses ini, ada tiga tahapan cara kerja SEO.

1. Crawling

Tahapan awal Google melkaukan optimasi SEO adalah crawling. Web crawler atau spiderbots pada mesin pencari akan mencari dan mengumpulkan informasi dari seluruh halaman website yang baru dirilis atau yang baru diperbarui.


2. Indexing 

Tahapan kedua cara kerja SEO adalah indexing oleh mesin pencari. Dari informasi halaman yang dikumpulkan berdasarkan kata kunci oleh web crawler, Google akan mempelajari struktur blog atau website dan kualitas konten dengan kebutuhan audiens. Pada tahap ini Google akan menyimpan informasi dalam database.

3. Ranking

Tahapan terakhir dari cara kerja SEO adalah ranking. Mesin pencari akan menampilkan website yang telah terindex (tersimpan dalam databse Google) dari yang sesuai berdasarkan kata kunci dan konten yang berkualitas hingga yang tidak sesuai.

Dari hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari ini nggak melulu berupa tulisan. Tetapi, juga bisa berupa gambar, video, hingga toko online. Karena SEO sekarang nggak hanya bisa diterapkan untuk tulisan di website, melainkan kita juga bisa mengoptimasi judul dan desktipsi pada video Youtube, caption Instagram, Twitter, dan lainnya.

Oleh karenanya, nggak heran kalau sekarang banyak orang berlomba untuk mengoptimasi semua konten di setiap platform.

Jenis-Jenis SEO

jenis-jenis seo
Untuk dapat mengoptimasi website atau blog, ada empat jenis SEO yang perlu kamu pelajari. Setiap jenis SEO memiliki fokus yang berbeda berdasarkan pada tujuan masing-masing.

1. On Page SEO

Jenis SEO yang satu ini adalah yang paling dasar yang perlu kamu kuasai. SEO On Page adalah tahapan optimasi yang dilakukan pada setiap halaman yang berfokus pada konten. 

Pada SEO jenis ini kamu perlu memaksimalkan kualitas konten dan HTML source code (judul, meta description, header, url). Semakin baik kualitas konten yang kamu buat dengan kata kucni (keyword) yang sesuai, maka semakin mudah Google melakukan indexing dan menempatkan halaman website milikmu pada halaman pertama Google.

2. Off Page SEO

Optimasi dilakukan di luar isi konten halaman website. Google akan menilai seberapa besar manfaat dari websitemu untuk audiens yang dapat dilihat dari domain authority (DA), page authority (PA), dan link building

Semakin banyak situs atau akun yang menyebutkan dan memberikan link yang mengarah ke website milikmu (backlink), maka Google akan memberikan nilai dan peringkat yang baik.

3. Technical SEO

Usaha untuk mengoptimasi website secara teknis supaya lebih sesuai dengan kriteria algoritma Google. Technical SEO memperhitungan beberapa spek, yaitu kecepatan loading website, arsitektur website, dan mobile friendly.

4. Local SEO

Strategi SEO ini bertujuan untuk meningkatkan bisnis pada search result yang berfokus pada lokasi yang sama. Saat kamu mengetikkan kata kunci ‘roti enak Surabaya’, maka yang keluar adalah toko yang memiliki rating serta review terbaik di sekitar lokasi tersebut.

Kesimpulan

SEO adalah
Gimana setelah mengenal SEO? Pusing? Haha. Awal-awal saya mengenal SEO rasanya pusing banget. Ternyata untuk menulis dan memunculkan website di halaman pertama nggak semudah itu, bestie. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Yang sebelumnya saya menulis hanya berdasarkan apapun yang keluar di kepala saya, sekarang saat saya menulis rasanya banyak hal yang perlu dipikirkan. Tapi, bukan berarti kita terlalu fokus pada SEO sehingga lupa kalau tulisan yang kita buat ini juga untuk dibaca manusia ya, bukan untuk robot semata.

Setelah mempelajari SEO saya cukup merasakan manfaatnya. Terutama untuk blog ini yang perlahan bisa mengasilkan. Eits, tapi perlu diingat kalau SEO juga membutuhkan usaha ekstra dan waktu yang nggak sebentar.

Google kan butuh waktu yak untuk kenalan dengan blog atau website kita. Kalau sudah kenal, baru deh PDKT dan diprioritasin haha. Nggak usah terlalu ngoyo, pelan-pelan aja tapi pasti.

Selanjutnya, bakal belajar apa nih kita? Yuk, biar bisa naik kelas bareng~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

Post a Comment